Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Fungsi Gigi Susu

Beberapa dari anda yang memperhatikan kesehatan gigi terutama kesehatan gigi anak pasti bertanya-tanya sebenarnya buat apa sih gigi susu itu tumbuh? nah mungkin saya bisa memberikan beberapa penjelasan disini simak yah :)
Secara umumungsi gigi selain untuk proses awal pencernaan makanan, fungsi bicara, dan fungsi estetika sebagai keindahan wajah. Namun apa sih kegunaan gigi susu, kenapa ga langsung aja ke gigi permanen?
Nah TUHAN menciptakan segala sesuatu pastilah ada manfaatnya, kembali ke gigi susu, gigi susu memiliki fungsi penting sebagai penunjuk jalan gigi tetap/ permanen yang akan tumbuh dimana gigi permanen berada dibawah gigi susu. Setiap periode sudah tersusun untuk digantikan secara berurutan oleh gigi berikutnya. Sesuai urutannya pada gigi seri susu akan digantikan oleh gigi seri tetap/permanen, gigi geraham susu akan digantikan pula oleh gigi geraham permanen, sedangkan dibelakan gigi geraham susu yang terakhir sudah dikapling untuk tempat gigi geraham besar tetap yang pertama. jadi semua sudah terpola, kemana gigi permanen akan menempati posisinya masing-masing.
Pencabutan gigi susu sebelum waktunya akan mengacaukan sistem keseimbangan susunan gigi didalam mulut. Pencabutan yang terlalu awal akan menyebabkan terjadinya pergeseran posisi gigi. Akibatnya, gigi tetap / permanen yang akan tumbuh tidak akan memperoleh ruang cukup dan akan tumbuh gigi tetap dengan susunan gigi berjejal. Kasus seperti ini bisa ditangani oleh sokter gigi bagian orthodonti. namun mengapa kita kita harus menunggu kalau perbaikan bisakita lakukan mulai dari sekarang dan yang paling pentinga adalah pencegahan. semoga artikel ini bisa membuka pikiran kita mengenai kesehatan dan bertindak positif untuk mencegah penyakit yang akan tibul akibat kelalaian dan ketidah tahuan kita.

6 komentar:

http://001rian.blogspot.com said...

infonya menarik...
aku nunggu postingan tentang karang gigi... apa bisa dikluarin tanpa kedokter? ato mungki tips2 untuk mencegah karang gigi. tengkiu

February 15, 2008 at 4:17 AM
oom said...

om jadi banyak tau tentang kegunaan dan kesehatan gigi disini. thanks ya mas atas informasi yang sangat berguna :)

February 15, 2008 at 4:10 PM
-imam- said...

wah ternyata gigi susu anak kecil ga boleh dicabut sembarangan ya? thx atas infonya mas

CHeers

February 18, 2008 at 5:55 PM
Tralala said...

Hallo.. saya mau tanya tentang gigi anak yang sudah tanggal.
Anak saya berusia 5 tahun, baru 2 hari yang lalu untuk pertamakalinya gigi nya saya cabut ke dokter, karena gigi berikutnya sudah keluar sedikit di bagian belakang gigi yang tanggal. Saya khawatir kalau tidak segera dicabut gigi barunya akan tumbuh tidak pada tempatnya dan menyebabkan berantakan.
Apa yang harus saya lakukan supaya gigi barunya itu bergeser ke depan seperti sebelumnya?
Satu lagi, apakah ada efek samping dari pencabutan gigi? Karena sehari setelah giginya di cabut, anak saya panas tinggi sekali.
Mohon saran...
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

January 28, 2009 at 3:38 PM
megha said...

ehhmm...mau nanya nih..??

hemm klo di usia 20 thun kita cabut gigi itu kira2 bisa tumbuh lagi ngga mba...??

July 30, 2010 at 6:44 AM
Mega Papua | Sarang Semut | Rumput Kebar | Buah Merah said...

o,gtu ya,makasih infonya

October 30, 2013 at 8:16 PM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB