Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Kawat gigi / bracket


Kawat gigi atau bracket, diantara kita pastinya ada yang sedang menggunakan alat bantu gigi ini, mengapa saya katakan alat bantu gigi?
alasan pertama karena letaknya dengan gigi dan selalu menjaga gigi kita.
alasan kedua karena dipakai untuk hiasan dan biar pede :)
alasan ketiga karena dipakai oleh orang yang mempunyai kelainan di rahang dan bertujuan memperbaiki bentuk wajahnya. mmm kira2 alasan tersebut cukup bagi saya untuk membuat tilisan singkat ini :)

kawat gigi pada era lampau merupakan hal yang aneh dan terkesan merepotkan, namun sekarang remaja maupun artis menggunkana kawat gigi selain untuk memperbaiki bentuk rahang maupun giginya, tidak sedikit yang menggunakan kawat gigi ini sebagai hiasan di wajah untuk mendukung penampilan. namun kapankah seseorang memerlukan perawatan menggunakan kawat gigi ?

Kawat gigi adalah kawat yang dapat meratakan gigi. Menurut jenisnya, bracket (bagian yang menempel) pada kawat gigi untuk tujuan estetis atau kosmetik ada yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat. Ada yang bersifat permanen artinya tidak dapat dilepas dan dipasang, lalu ada juga yang bersifat bisa dilepas dan dipasang. Mekanismenya yaitu dia mengatur, mendorong dan menahan pergerakan gigi. Perawatan ortho bertujuan untuk memperbaiki fungsi bicara, estetis muka, sudut bibir, rahang, senyum.

Sebaiknya, pemasangan (kawat gigi) dilakukan oleh dokter gigi spesialis orthodontist. Jika susunannya normal, geligi berbaris rapi atau antara gigi atas dan bawah bisa tepat mengatup. kalau sudah simetris - garis tengah dua gigi depan atas sejajar dengan garis tengah dua gigi depan bawah, sedangkan letaknya persis di bagian tengah wajah. Namun, tak semua orang bagus susunan giginya. Prevalensi (angka kejadian) kelainan susunan geligi dan pengatupan rahang di Indonesia konon mencapai 80%. Kelainan ini menjadi masalah terbesar ketiga setelah gigi berlubang dan penyakit gusi. Jika gigi-geligi terlalu berjejal, maju-mundur, gingsul, atau sebaliknya terlalu jarang, kawat gigi diperlukan untuk meluruskan. Juga pada kondisi rahang bawah normal, rahang atas maju (tonggos), atau sebaliknya, rahang bawah terlalu maju, rahang atas normal (cakil). Jika tak cepat ditangani, kelainan-kelainan itu akan membuat acara sikat gigi tak maksimal. Akibatnya, gigi jadi gampang berlubang, tumbuh banyak karang gigi, gusi mudah berdarah, dan memun-culkan bau mulut tak Sedap. Pada tahap lebih parah, bahkan dapat menimbulkan gangguan sakit kepala dan otot leher.

bebrapa orang yang saya temui kadang menanyakan kapan sebaiknya kita menggunakan kawat gigi? lalu apakah kawat gigi itu mutlak penting bagi kita?
pemasangan kawat gigi pada akhir masa gigi campur atau ketika anak memasuki masa pubertas (12 tahun). Walaupun sudah kelihatan berjejalan, sebaiknya biarkan gigi tetap tumbuh dulu sampai sekitar usia 12 tahun, agar perkembangan rahangnya maksimal. Untuk memastikan gigi pasien dipagari dengan benar, orthodontist akan mengamati dan mengambil data pasien selengkap mungkin, meliputi pemeriksaan klinis geligi,seperti pencatatan gigitan dan ke simetrisan gigi, serta katupan geligi. Semua masalah seperti gigi bolong, karang gigi, kelainan jaringan gigi, dan perawatan saraf gigi, jika ada, harus ditangani dulu, sehingga gigi benar-benar bersih dan sehat.
Perawatan dengan bantuan kawat ini perlu kedisiplinan tinggi, karena meliputi seluruh gigi. Termasuk mengarahkan gigi yang belum tumbuh, agar mendukung perbaikan tumbuhnya rahang. Kalau perlu, dilakukan pengambilan foto rontgen yang mencakup dua sudut pengambilan, yaitu panoramik (raut seluruh geligi dan tulang) serta chepalometri (kedudukan rahang, tulang muka dan geligi). Selanjutnya, dilakukan pencetakan geligi untuk mendapatkan model. Dari hasil foto rontgen dan cetakan geligi inilah dilakukan analisis kelainan untuk rencana perawatan. Misalnya, berapa mili-meter ketidaknormalannya? Apakah cukup diasah atau plus pemakaian kawat gigi lepasan? Perlukah mencabut geraham kecil di belakang gigi taring, masing-masing dua di atas dan di bawah? Pada rahang cakil, perlukah operasi pemotongan tulang bawah oleh orthodontist dan ahli bedah mulut? Berikutnya, akan dipaparkan secara detail rencana perawatan dan pembiayaan. Karena perawatan berlangsung lama, antara enam bulan sampai tiga tahun (tergantung berat-ringannya kasus), ongkosnya relatif mahal. Pasien pun harus bersedia menandatangani Inform Consent alias persetujuan perawatan, baik untuk perawatan dengan kawat gigi lepasan maupun cekat.

nah kalau sekarang masalah harga ??? wah anda pasti bertanya2 berapa sih harga untuk pemasangan kawat gigi? mohon maaf kalau untuk masalah ini saya tidak bisa menjawab karena tarif disesuaikan oleh masing-masing dokter gigi maupun dokter spesialisnya.

Walau tak ada pantangan, sebaiknya hindari makanan yang manis, lengket, liat, dan bersoda, karena makanan macam itu lebih sulit dibersihkan. Makanan padat dan keras kayak apel, sebaiknya dipotong kecil-kecil. Jangan coba-coba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang.


Jika bracket lepas, atau kawatnya ada yang menusuk gigi, mengadulah segera ke dokter.


Sejumlah pasien mengeluhkan rasa nyeri dan tak nyaman. Wajar, karena ada benda asing di dalam mulut. Ada juga pasien yang mengeluhkan datangnya seriawan, pascadesakan kawat gigi ke selaput lendir. Namun, percayalah, kalau dokternya terampil dan bekerja dengan rapi, problem-problem tadi mestinya tak terjadi, atau setidaknya dapat dikurangi.

22 komentar:

koetoe andjink said...

kira-kira klo pasang kawat gigi tuh abis berapa yah..??

February 5, 2008 at 9:35 PM
Amatiran said...

Iya boss mau tanya klo pasang kawat gigi biayanya berapa... trus berapa lama tuh?

February 6, 2008 at 9:30 PM
ummul said...

Terima kasih infonya. Aku jadi lebih tau tentang orthodonti.
Iya, neh. Banyak yang musti diperhatikan selama perawatan gigi ya. Aku kan juga lagi dalam perawatan orthodonti.
salam,
www.ummul-orthodonti.blogspot.com

August 3, 2008 at 5:25 PM
Kesehatan Gigi said...

@kotoeandjink: waduh kalo masalah harga saya disini ga bahas ya mohon maaf karena dimasih2 daerah dan dokter akan berbeda. mohon maaf.
@Amatiran: maaf ya masalah harga saya ga bisa komentar ni takut salah dan takutnya akan merusak pasaran hihih. kalu masalah berapa lama sebaiknya untuk perawatan disarankan menggunakannya sekitar 2 tahun agar susunan gigi yang berubah tidak kembali lagi. jadi bisa permanen gitu ^^.
@ummul: wah terima kasih banget ni infona dan kita saling bagi info ya ^^.

August 7, 2008 at 2:00 PM
mutiara said...

thanks ya infonya..
aku lagi dalam perawatan ortho juga nih jadi lagi butuh bgt semua artikel yang berhubungan dengan kawat ortho ini.
ditunggu ya artikel lainnya...
=)

May 5, 2009 at 1:00 PM
Anonymous said...

eh aku mau tany ???? gigi ku itu kan ga rata,,,, ada yg gede ada yg kecil,,, trs,,, di pinggirnya ada taringnya jelek bgt keliatan seperti,,,, maju giginya,, klo ketwa makanya kadang jarang pede kalo ngomong,,,, kira2 aku pengen pasang kawat gigi,,, bagusnya aku pasang yg mana ia,,, kawat gigi segaris ato kawat yg modelnya macem2,,, bingung aku,,, tapi maslahnya biaya nya apa terjangkau ga ia,,,, apa ada yg tau ga ia,,, harganya berapa,,, and yg murah dan bagus di mana,,,, THx ia

May 20, 2009 at 2:06 AM
Anonymous said...

Guys, gw cuma mau sharing, kemarin gw search di internet tentang pasang kawat gigi secara gigi gw acak2an. terus gw ketemu link ini: http://rumahgigimuncang.blogspot.com/

gw datangin kliniknya ternyata dokternya bilang gw harus pasang bracket yg atas-bawah, berhubung emang udah niat banget, gw coba deh dengan mengeluarkan kocek Rp. 6 juta (gw pikir2 ini harga yg paling reasonable buat saku gw sekarang). ternyata baru satu minggu pasang, udah ada perubahan sedikit. mudah2 aja bulan ini udah ada perubahan yg signifikan. Doakan ya.... (tp awalnya sedikit aneh gt deh pake kawat gigi secara gw cowok gt loh..)

July 16, 2009 at 9:03 PM
Indah said...

maaf mau tanya apa semua org yg akan pasang kawat gigi harus dicabut giginya???
trimzz

August 19, 2009 at 9:33 PM
Indah said...

sakit gak pasang kwt gigi?
thx

August 19, 2009 at 9:33 PM
didik said...

kalau giginya terlalu menonjol atau nboneng dikasih kwt bisa gak dok rata ? trims.

September 30, 2009 at 2:45 PM
zonaska said...

wahhh ternyata ada juga blog ttg kesehatan gigi dan mulut.. berguna bgt

February 10, 2010 at 11:47 AM
tom said...

I started to use Viagra and also I tried Cialis. last month, I got in to a pharmacy to Buy Viagra and Buy Cialis, I intended to Buy Cialis Online or maybe to Buy Cheap Viagra at last I have decided to Buy Levitra at Buy Cheap Levitra site. I got in to an online pharmacy to Buy Lipitor is an oral drug that lowers the level of cholesterol in the blood. Hydrocodone One of the most widely prescribed medications as well as Cheap Vicodin and its related Cheap Hydrocodone I will sure continue Buy Hydrocodone I went to the doctor a week ago to Buy Oxycodone I got into a online pharmacy to Buy Oxycodone Online next time I'll try to Buy Vicodin Online it cost much less or maybe Buy Valium I think it as the same effect as Buy Vicodin it is easy to Buy Hydrocodone Online I can also Buy Hydrocodone No Prescription my doctor advise me Buy Vicodin Online I started a diet, and going to Buy Phentermine and Buy Phentermine Online I also Buy Acomplia and Buy Vicodin No Prescription I went in for a physical the doctor told me I can Buy soma and Buy Ultram pain medication Buy Oxycontin Online is a derivative of opium as Buy Valium Online I also have sleeping problems I tried Xanax It is better to use online pharmacy to Buy Xanax Online and Buy Xanax I'll try to Buy Ambien Online I originally take Ambien, since I used internet to Buy Ambien I recommend some sites Buy Percocet pain reliever as well as Buy Xenical also
Buy Adipex and Buy Zolpidem. also Viagra and Cialis and Levitra and Cialis last Viagra good health!

May 7, 2010 at 9:47 PM
Anonymous said...

We often hear that erectile dysfunction is a common manifestation of aging. This refutes the myth, "Intimate partner life is part of life in old age. Age alone is rarely the sole cause of erection problems, although it is true that the incidence of erectile dysfunction with increasing age may increase. Cialis Online C i alis, on the other hand, is also most sought by those looking for effective erectile dysfunction drugs because it stays longer in the body (24 to 36 hours) compared to the other two. consumer reports cialis online

March 15, 2011 at 6:44 AM
novi said...

Artikel yg sangat membantu.. :)

March 2, 2012 at 12:39 AM
Anonymous said...

buy xanax online forum xanax dosage night - xanax withdrawal last

November 19, 2012 at 8:17 AM
Anonymous said...

|
Any time you training when utilizing elliptical trainer you make use of the chest, back again, quadriceps, hamstrings, glutes, triceps and bicep[url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]Gucci outlet[/url]
There is not any other machine which provides this reward. You happen to be not simply working out far more muscle tissues, that you are also optimizing your time costs.
All trendy and elegant Christian Louboutin for autumn and winter of 2012 are available in Louboutin outlet online stores! Handsome and ablaze rivet, fragile national wind embroidery styles, gradual adjust colour [url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]cheap Gucci outlet[/url]
stereo animal texture. Every single pair of the new autumn and winter 2012 Christian Louboutin Footwear have the most distinctive capabilities http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php
let you may know them in a look. What the heck is much more, picket carve designs or styles on woodwork heel, lace collocation hollow-out leather-based, neon colour shoes' body with golden rivet, exaggeration fur decoration.

January 8, 2013 at 3:23 AM
Anonymous said...

|
With IPad stand at your hand, it is possible to in fact make use of it how your creativeness holds on [url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]cheap Gucci[/url]
the machine. At time you should be feeling all those iphone stand are 鈥榯ake it anywhere鈥?and 鈥榰se it anywhere鈥?equipment without having which the iDevice would just go crippled. This sort of handheld units are something that you can not stay without but if you might be not cozy with it then it would all a waste [url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]Gucci outlet[/url]
invest in it.
|

January 8, 2013 at 3:24 AM
Anonymous said...

Howdy! Impressive weblog! I'm a frequent visitor to your site (far like addict :P) of the website although I had a problem. I'm just certainly not absoluetly certain whether its the right web site to ask, but you've got no spam comments. I receive comments on a daily basis. May you assist me? Thx!

February 4, 2013 at 1:36 AM
Obat Tukak Lambung said...

kalau di daerah tasik tahu gak, temppat pemasangannya dimana ?

June 25, 2013 at 10:05 AM
peluang usaha waralaba franchise said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

June 29, 2013 at 7:01 AM
rental mobil - sewa mobil - portal said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

June 29, 2013 at 7:02 AM
Susu Formula Terbaik said...

informasinya sangat bermanfaat Susu Formula | Susu Formula | Susu Formula | Susu Formula | Susu Formula

November 19, 2013 at 11:34 PM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB