Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Aids dapat dilihat dari mulut


Aids merupakan salah saru penyakit yang sangat menular dan pembunuh masal. sebagian dari kita kadang tidak mengetahui AIDS secaara pasti. Berikut saya jelaskan ciri-ciri orang yang terinfeksi AIDS pada rongga mulut.


AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit yang ditandai dengan rusaknya
system kekebalan tubuh sehingga mudah diserang berbagai macam infeksi. AIDS
disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).
Sampai saat ini belum dapat diketahui dengan pasti dari mana mulai
berjangkitnya penyakit AIDS. Penyakit AIDS tidak ditularkan melalui kontak biasa,
namun ditularkan melalui hubungan seksual, kontak dengan darah yang tercemar
HIV dan melalui jarum suntik atau alat kedokteran lainnya yang tercemar HIV.
Sebaliknya AIDS tidak dapat ditularkan melalui gigitan serangga, minuman, atau
kontak biasa dalam keluarga, sekolah, kolam renanng, WC umum atau tempat kerja
dengan penderita AIDS.

Gejala Klinis AIDS
AIDS mempunyai spectrum yang luas pada gambaran klinis. Pada awal
permulaan terdapat gejala-gejala seperti terkena flu. Penderita merasa lelah yang
berkepanjangan dan tanpa sebab, kelenjar-kelenjar getah bening dileher, ketiak,
pangkal paha membengkak selama berbulan bulan, nafsu makan menurun/hilang,
demam yang terus menerus mencapai 39 derajat Celcius atau berkeringat pada
malam hari, diarrhea, berat badan turun tampa sebab, luka-luka hitam pada kulit
atau selaput lendir yang tidak bias ssembuh, batuk-batuk yang berkepanjangan dan
dalam kerongkongan, mudah memar atau pendarahan tanpa sebab. Gejala-gejala
awal ini sering disebut AIDS Related Complex (ARC). Bila keadaan penyakit ini
meningkat, penyakit ganas lain berkembang seperti: radang paru (penumocytis
carinii), kandiasis oesophagus, cytomegalovirus atau herpes, sarcoma kaposi, tumor
ganas pembuluh darah.

Manifestasi AIDS dirongga mulut
Sekitar 95% penderita AIDS mengalami manifestasi pada daerah kepala dan
leher sebagaimana juga menurut Shiod dan Pinborg 1987. Manifestasi di mulut
seringkali merupakan tanda awal infesi HIV

Infeksi karena jamur (Oral Candidiasis)
Kandiasi nulut sejauh ini merupakan tanda di dalam mulut yang paling sering
dijumpai baik pada penderita AIDS maupun AIDS related complex (ARC) dan
merupakan tanda dari manifestasi klinis pada penderita kelompok resiko tinggipada
lebih 59% kasus.
Kandiasis mulut pada penderita AIDs dapat terlihat berupa oral thrush, acute
atrophic candidiasis, chronic hyperplastic candidiasis, dan stomatis angularis
(Perleche).

Infeksi karena virus
Infeksi karena virus golongan herpes paling sering dijumpai pada penderita AIDS
dan ARC. Infeksi virus pada penderita dapat terlihat berupa stomatis herpetiformis,
herpes zoster, hairy leukoplakia, cytomegalovirus.

Infeksi karena bakteri
Infeksi karena bakteri dapat berupa HIV necrotizing gingivitis maupun HIV
periodontitis.
a. HIV necrotizing gingivitis
HIV necrotizing gingivitis dapat dijumpai pada penderita AIDS maupun
ARC. Lesi ini dapat tersembunyi atau mendadak disertai pendarahan waktu
menggosok gigi, rasa sakit dan halitosis.
Necrotizing gingivitis paling sering mengenai gingiva bagian anterior. Pada
situasi ini, pabila interdental dan tepi gingiva akan tampak berwarna merah,
bengkak, atau kuning keabu-abuan karena nekrosis, bakan sering terjadi
necrotizing ulcrerative gingivitis yang parah dan penyakit periodontal yang
progresif sekalipun kebersihan mulut terjaga dengan baik dan walaupun telah
diberikan antibiotika.

b. HIV periodontitis
Penyakit periodontal yang berlangsung secara progresif mungkin
merupakan indicator awal yang dapat ditemukan pada infeksi HIV. Dokter gigi
seyogyanya mendiagnosa secara dini proses kerusakan tulang alveolar
tersebut dengan tetap mempertimbangkan kemungkinan adnya infeksi HIV.
Hal ini disebabkan terutama oleh adanya fakta bahwa sejumlah penderita
AIDS yang mengalami kerusakan tulang alveolar yang cepat.

Neoplasma
Sarkoma kaposi yang berhubungan dengan AIDS tampak sebagai penyakit
yang lebih ganas dan biasanya telah menyebar pada saat dilakukan diagnosa awal.
Kira-kira 40% penderita AIDS dengan sarcoma kaposi akn meninggal dalam waktu
kurang lebih satu tahun dan biasanya disertai dengan infeksi opotunistik yang lain
(misalnya pneumocystic carinii, jamur, virus, bakteri).
Manifestasi mulut sarcoma kaposi biasanya merupakan tanda awal AIDS dan
umumnya (50%) ditemukan dalam mulut pria homoseksual. Selain mulut, sarcoma
ini juga dapat ditemukan dikulit kepala dan leher. Sarkoma kaposi pada mulut
biasanya terlihat mula –mula sebagai macula, nodul dan plak yang datar atau
menonjol, biasanya berbewntuk lingkaran dan berwarna merah atau keunguan.
Terletak pada palatum dan besarnya dari hanya beberapa millimeter sampai
centimeter. Bentuknya tidak teratur, dapat tunggal atau multiple dan biasanya
asintomatik, sehingga baru disadari oleh pasien bila lesi sudah menjadi agak besar.

Kelainan lain didalam mulut
Kelainan-kelainan ini tidak diketahui sebabnya, dapat timbul berupa :
a. Stomatis aphtosa rekuren, terutama tipe mayor.
b. Ulkus nekrotik yang meluas sampai ke fausia.
c. Xerostomia
d. Pembesaran kelenjar parotis, terutama penderita AIDS anak-anak.
e. Idiophatic thrombocytopenia purpura.
f. Palsi wajah
g. Addisonian mucosal hyperpigmentation
h. Limfadenopati submandibula.
i. Hiperpigmentasi melanotik
j. Penyembuhan luka yang lama
k. Bayi yang lahir dengan infeksi AIDS dapat mengalami deformasi wajah.

22 komentar:

Kristina DIAN Safitry said...

teman saya ada yg menderita seperti yg dokter tulis. flu disertai demam, gak mau makan otomatis badannya tambah kurus. katanya sih dia sering ngerasa capek dan letih. Tapi pahanya kok gak bengkak ya dok? malah kempes tuh, kayak kulit sama tulang kencan. lueeengkeep banget. gimana tuh dok?

March 17, 2008 at 9:58 AM
Balisugar said...

Salam, pertama kali masuk rumah ini, sekalian berlangganan artikel. Teruslah menulis banyak artikel berguna. Salam lagi.

March 17, 2008 at 2:30 PM
Admin said...

beberapa penyakit memang menampakkan gejala yang sama, namun untuk lebih jelasnya dan pasti lebih baik dilakukan general check up. meliputi pemeriksaan darah yang dapat dengan pasti mengindikasikan kelainan dalam tubuh. Agar tidak menjadi suatu keraguan dan dugaan yang tidak2.

March 17, 2008 at 4:06 PM
Admin said...

Terima kasih bali sugar untuk dukungannya :)

March 17, 2008 at 4:07 PM
grandika said...

wah salam kenal aj am teman sejawat y ni aku dari fk unej

March 21, 2008 at 9:57 PM
cah kene said...

ihhhh takyuuttt.....

March 21, 2008 at 10:02 PM
Kesehatan Gigi said...

salam kenal juga grandika :) @ cah kene : serem kenapa mas ?

March 22, 2008 at 1:44 AM
'Ran said...

Mmm...Cuma mo mampir tuk koreksi dkit aja koq.Itu loh,ada kelebihan hurup di kata "secaara".

Dkit khan,Dok!He3:)

March 27, 2008 at 10:24 PM
Kesehatan Gigi said...

@ran : hehehe iya nih saya emang sering salah ketik, waduh mungkin karena biasa pake mesin ketik yah hahaha.

March 28, 2008 at 12:44 AM
Anonymous said...

wedeeew,,, ngeriiii... tapi makasih banyaaak infonya sangat2 berguna nambah pengetahuan banget banget!!
http://www.lintasberita.com/Sains/Aids_dapat_dilihat_dari_mulut/
disini akuw lihat blog ini..

March 29, 2008 at 2:10 PM
Kesehatan Gigi said...

@ anonymous: hehehe bisa masuk kesana yah:) saya ucapkan terima kasih kepada anakpapa yang telah memasukkan ariktl saya kesana :) ada baiknya kalau kita berkenalan :) dimasukin semuanya juga ga papa hehehehehe. terima kasih juga untuk yang komen disini :)

March 29, 2008 at 6:31 PM
Anonymous said...

dok, klo aids , ciri2 nya ada rasa gatel dan merah - merah ga ?

thx

August 6, 2008 at 2:52 AM
Kesehatan Gigi said...

@ Anonymous: kalu gejala seperti itu bisa diindikasikan dengan penyakit lain tapi awalnya bisa terjadi gelaja seperti itu untuk lebih jelasnya lebh baik dilakukan pemeriksaan secara lebih spesifik, diusakan untuk tes darah juga kalau merasa ada jejala aids agar ga kawatir sendiri.

August 7, 2008 at 2:03 PM
Anonymous said...

teman saya jg seperti tiu tkadang gosol gigi suka berdarah.malam hari berkeringat,kira2x aids plng lama dan plg cepat reaksinya kapan sejak berhubungan intim? mohon penjelasnya Dok..

May 7, 2009 at 2:26 PM
martha said...

kok ga ditulis sih sumbernya,
ini kelihatannya copy paste dari tulisan ilmiahnya drg sondang pintauli soalnya sama persis.bikin tulisan apalagi tulisan ilmiah kan susah, hargai dehgan cantumkan nama penulisnya.

December 1, 2009 at 5:01 PM
megha said...

terima kasih atas infony...

icchh...moga kita semua di jauhkan dari penyakit ganas ini...

July 30, 2010 at 7:16 AM
muebles en rivas said...

So much useful data for everyone!

October 26, 2011 at 3:41 AM
tips kesehatan said...

ternyata mulut bisa menggambarkan ciri-ciri orang terkena AIDS

thanks infonya dok :)

April 19, 2012 at 11:49 AM
Weight loss said...

i dont like aids

June 4, 2012 at 2:28 PM
Vampire diaries season 4 said...

oh.. HIV

June 8, 2012 at 11:41 PM
obat herbal hepatitis said...

kesehatan mulut, gusi dan gigi benar-benar sangat penting

October 27, 2012 at 7:28 PM
Mega Papua | Obat Penyubur Kandungan said...

yang pernah saya temui itu multunya berjamur.badan kurus mirip mayat hidup.

October 30, 2013 at 8:05 PM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB