Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Gigi Palsu

Pernah terbayang kalau kita tua nanti akan memakai gigi tiruan/ gigi palsu? Pastinya kita semua pernah melihat nenek, kakek atau orang tua kita memakai gigi palsu. Kebutuhan setiap orang untuk memakai gigi palsu cukup beragam, mulai dari kebutuhan untuk menggantikan gigi yang telah hilang, menggantikan gigi yang telah rusak dan dijadikan tanda status sosial yang sering kita dengar di daerah Madura.
Oleh karena itu tidak mengherankan jika gigi tiruan dengan bahan alloy emas banyak dipakai oleh kalangan tertentu meskipun secara estetika kurang sesuai.

Secara umum gigi palsu yang pada dunia kedokteran gigi lebih dikenal sebagai gigi tiruan dibedakan menjadi dua yaitu gigi tiruan lepasan (GTL) dan gigi tiruan cekat (GTC). Gigi tiruan lepasan adalah gigi tiruan yang dapat dilepas dan dipasang oleh pengguna. Sedangkan gigi tiruan cekat adalah gigi tiruan yang tidak dapat dilepas atau dipasang sendiri oleh pengguna.
Untuk lebih jelasnya bisa saya jelaskan seperti berikut:

1. Gigi Tiruan Sebagian
Yaitu gigi tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi di dalam lengkung rahang. Ada dua macam gigi tiruan sebagian yaitu (1) Gigi Tiruan Sebagian Lepasan, yaitu GTS yang bisa dilepas dengan mudah baik oleh pasien maupun oleh dokter gigi. (2) Gigi Tiruan Sebagian Cekat, yaitu GTS yang dalam penggunaannya tidak bisa dilepas dengan mudah oleh pasien.

2. Gigi Tiruan Lengkap
Yaitu gigi tiruan yang menggantikan seluruh gigi dalam satu lengkung rahang maupun seluruh rahang di dalam rongga mulut

Bahan Gigi Tiruan

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat gigi tiruan adalah logam, akrilik dan porselen. Adapun logam yang biasa dipakai adalah alloy emas, alloy chromium cobalt, dan alloy chromium nikel. Ketiga bahan gigi tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan ketersediaan biaya.

Halitosis
Halitosis atau napas yang kurang sedap, penyebab dari masalah napas kurang sedap ini, menurut Dr. Robert bisa terjadi karena adanya mikro organisme pada permukaan Iidah yang banyak menghasilkan VSC atau Volatile Sulfur Compound yang merupakan senyawa sulfur mudah menguap serta berbau tidak sedap. Yang terpenting untuk menghindari masalah ini adalah melakukan perawatan kesehatan dan kebersihan secara menyeluruh di semua bagian rongga mulut setiap hari.
Untuk masalah Halitosis yang cukup ekstrim, ahli Halitosis akan menganjurkan bahan-bahan pembantu yang bentuknya seperti odol, obat kumur dan gel yang berfungsi mengubah VSC menjadi tidak berbau. Untuk itu, pertama-tama dokter akan mengukur bau napas anda salah satu cara dengan alat Halimeter. kadang masalah gigi tiruan sangan berhubungan dengan bau mulut, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk rekan-rekan yang memakai gigi palsu untuk membersihkan dengan ekstra gigi dan mulut agar tidak terjadi bau mulut, ya walaupun sebenarnya bau mulut tidak bisa kita hindari tapi setidaknya kita mengurangi bau yang kurang sedap itu. Karena pemakaian gigi tiruan merupakan memasang benda asing didalam rongga mulut kita. secara alamiah gigi tiruan tidak dapat meniru gigi asli kita secara untuh seperti mekanisme self cleansing, yaitu pembersihan yang dilakukan oleh pasangan gigi dan gusi.
Jadi apakah anda menunggu untuk dipasang gigi tiruan ato mulai menjaga kesehatan gigi dan mulut anda mulai dari sekarang?

n.b: sekedar info saja kalau harga gigi tiruan tidaklah murah, dan perlu ekstra dana dan waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bukan hanya pada saat membuat namun untuk seterusnya selama anda memakai gigi tiruan. Saya tidak membahas masalah harga disini karena harga akan bervariasi untuk disetiap dokter gigi.









35 komentar:

Kristina DIAN Safitry said...

aku lom tua aja dah pakai gigi palsu nih?ha..ha.. gigi palsu gak harus nunggu tua!hi..hi..

March 31, 2008 at 11:03 AM
rizky said...

wahwah-wah, Bau nafas aja pake diukur segala ya? dimana kalo bau nafasnya tidak enak Dokternya bisa pingsan kali...

March 31, 2008 at 12:41 PM
Balisugar said...

Ikutan mejeng pokoknya dah lama gak main sini

March 31, 2008 at 6:38 PM
Kesehatan Gigi said...

@Kristina dian safitri: hehehe memang ga harus nunggu tua, tapi itu sesuai kebutuhan.
@Rizky: Kalau dokternya sih udah biasa menangani bau nafas yang ga enak :)
@Bali sugar: ok deh bali sugas, udah dateng nih?

March 31, 2008 at 7:57 PM
dean said...

wah bahas gigi palsu nih.....hihihi...
oh ya pak dokter maaf kmaren aku tinggal mendadak, jd ga sempet chatting lagi.....

March 31, 2008 at 8:28 PM
ysugiri said...

Mas Gigi Sehat,

Anaku yang pertama usia 9 tahun laki-laki suka naik sepeda ngebut. Suatu hari terjatuh dengan gigi depan patah. Padahal giginya sudah gigi yang permanen karena gigi susunya sudah copot pada saat pertama saya bawa ke dokter cuma ditambal biasa seminggu juga sudah copot tambalnya. Saya maunya pasang gigi jaket karena saya ragu dengan dokter yang pertama saya pindah dokter ke rs hermina yg saya pandang lebih baik. Setelah diperiksa ternyata urat atau daging yang warna coklat keluar dari rongga gigi karena patah kira-kira 2/3 bagian. Pertanyaan saya:
1. Perwatan untuk mematikan syaraf itu lama sekali sekitar 4 kunjungan dokternya juga sampai heran itu kenapa ya?

2. Sekarang masih dipasang gigi semi permanen yang menggunakan baut ditanam ke pangkal gigi kata dokter pasang gigi jacket permanen nanti kalau sudah usia SMA dimana untuk saat ini masih ada pertumbuhan gigi benar tidak alasan itu

3. Dari kunjungan dokter yg pertama sampai ke 5 untuk pasang gigi semi permanen itu biaya besar rata 350.000,- perkunjungan apalagi pada saat pasang/buat gigi semi permanen hampir 500.000 kok mahal sekali ya...memang begitu ya dok.

4. Ga jadi ah...takun kepanjangan nanti bisa-bisa lebih panjang dari postingannya...hehe terakhir bercanda aja...sukses terus ya jika sibuk jawabannya nanti saja nunggu punya waktu.

April 1, 2008 at 8:10 PM
Kesehatan Gigi said...

@dean: hehehe iya nih :) kan kemarin dah ngobrol :) makasi yah dean. ohh ga papa santai aja :)
@ysugiri:
1. Itu kunjungan sampai 4 kali dimana? untuk kasus seperti itu bisa dilakukan perawatan dan masih mempertahankan gigi aslinya, cuman kadang pasiennya minta dicabut aja karena akan memakan waktu dan biaya yang lumayan.
2. Ya, memang untuk usia 9 tahun masih ada pertumbuhan gigi dan rahang, kalau giginya sudah lengkap tergantikan oleh gigi permanen biasanya menunggu pertumbuhan tulang rahang selesai, karena bahan luar yang ditanam pada gigi akan bersifat tetap dan tidak akan mengikuti pola pertumbuhan, jadi memang sebaiknya menunggu sampai pertumbuhan gigi dan rahang seleasi dulu.
3. Nah kalau masalah tarif ini saya agak susah jawabnya, karena itu disetiap dokter kadang ada yang berbeda namun masalah tarif itu sudah ada peraturan yang mengatur di PDGI. Kalau menurut saya masih normal untuk harga segitu mas. karena memang untuk perawatan gigi itu kadang orang jadi males dan pengen dicabut aja. Makanya saya buat blog ini agar masyarakat kita lebih mengerti dan sadar akan pentingnya memepertahankan gigi didalam mulut. maaf mas untuk masalah tarif saya agak kurang jelas jawabnya takut ada yang tersinggung.
4. hehehe koq ga jadi? nanya sampai berapapun akan saya jawab, selama saya bisa, hehehe saya juga manusia yang masih banyak kekurangan. sukses yah mas :)

April 2, 2008 at 5:37 AM
Eddy Prasetyo said...

Daripada Sakit Gigi mendingan Gak Sakit hehehehehe....kalau pakai gigi palsu katanya sakti ya mas..bisa siul sambil gosok gigi ?

April 3, 2008 at 5:05 AM
Kesehatan Gigi said...

iya mas hehe, semua juga ga pengen sakit :). iya itu memang salah satu kelebihan pemakai gigi palsu hehehe.

April 4, 2008 at 11:10 PM
noki_afandi said...

klau noki habis gosok gigi biasanya kumur mulut pake listerin, biar ga bau mulut

April 5, 2008 at 7:09 PM
Kesehatan Gigi said...

@noki_afandi: wah noki sangat menjaga kesehatan gigi dan mulut nih. salut buat noki.

April 6, 2008 at 1:20 AM
Retno Prihadana said...

Urusan gigi...ampuuun deh. Akibat waktu kecil klo mau tidur malesss sikat gigi, jadi dari kecil gigi dah bolong. Sekarang...dah pake gigi palsu 3 biji...muahaaalll euy, itu juga separuh udah ditanggung asuransi. Naaahh..baru-baru ini harus paradontose or paradontitis treatment...wuiii...bolak-balik deh ke dokter gigi. Memang sebaiknya 6 bulan sekali rajin kontrol dan 6 bulan sekali gigi di bersihkan, nahhh klo urusan perawatan gigi/dibersihkan termasuk cosmetic, jadi nggak ditanggung asuransi harus keluar kocek sendiri, berhubung untuk preventif ya harus dijalanilah. Setelah mengalami itu semua...sekarang jadi ibu yang cerewet betul sama anak-anak, hayooo dah sikat gigi belum sebelum tidurrr :))), pagi juga tentunya. Di jerman, dokter gigi datang kesekolah Grundschule (SD klo di Indonesia)untuk memeriksa gigi dan biasanya nanti ortu dapet surat apakah si anak perlu treatment lebih lanjut atau giginya Okehhh punya. Wah..panjang amat ya.

April 6, 2008 at 2:27 AM
hakimtea said...

ssst jangan bilang2 kalo gigi saya dah tanggal lagi, jadi dua.... malu :(

April 6, 2008 at 7:14 AM
Kesehatan Gigi said...

@retno prihadana: wah pengalaman yang sangat membuat kita menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut yah mba :) semoga semua orang bisa seperti mba retno.
@hakimtea: tenang mas, rahasia dijamin :)

April 6, 2008 at 2:19 PM
hakimtea said...

ada dua gigi geraham yang udah patah setengah mau dicabut dan diganti males dok. Tapi setelah kemaren adik sakit kulitnya ada bercak2 merah dan sakit bila disentuh serta semakin lama semakin banyak.

Dokter kulitnya malah menyarankan untuk mencabut gigi yang keroposnya. Asalnya aneh juga apa hubungan kulit dengan gigi. Setelah ke dokter gigi ternyata dapat penjelasan yang masuk akal.

Namun belum sepenuhnya mengerti dok. Apa saja sih efek dari gigi keropos yang berlubang tersebut dok?

April 9, 2008 at 12:13 AM
Anonymous said...

salam kenal, blog ini sangat bermanfaat buat saya. usia saya 48th, gak disiplin gosok gigi, takut ke dokter gigi, perokok berat, boleh dibilang gigi saya habis semua. rencananya saya mau pakai gigi palsu (untuk semua gigi)kayak kakek2, apakah sisa gigi saya harus dicabut semua? perlu berapa lama? dimanakah rs/klinik gigi yang baik?
maaf kalau pertanyaannya terlalu banyak.

June 30, 2008 at 1:57 AM
Anonymous said...

Mau ikutan nanya2 niy....
Gigi depanku ada rongganya (bogang kalau orang jawa bilang), mohon saran, apa sebaiknya diberi jaket gigi atau cukup dibuatkan gigi palsu utk menambal rongganya.
Saya pernah tanya ke salah satu dokter gigi di dekat rumah, saya disarankan membuat jaket gigi (karena saya minta yang permanen, tidak copotan) dan yang akan disarungkan 4 gigi seri bagian depan sekaligus.
Mohon info juga, nanti pemasangan jaket gigi untuk permanen seperti apa ya? apakah membolongi gigi yang ada sekarang sebagai pegangannya?
Thanks in advance.

September 3, 2008 at 12:16 PM
sparklingdena said...

aQw juga mo ikutan nimbrung dounkz. udah lam ni pake GTSL. dulu modelnya jaket tapi karena ada pembengkakan di gusi alhasil gigi asli mesti dicabut so sekaranng pake GTSL model kawat. karena model ini gampang banged longgar dan copot, niatnya saya mo ganti. saran dounkz mending diganti kaya apa?? dokter saya sey rekomen untuk pasrahin gigi sampingnya untuk jadi penompang gigi sebelah tapi kok kayanya sayang yach..
thanks a bunch =D

January 7, 2009 at 5:20 PM
rh33n33 said...

hallo...aq dari samarinda..minta info, ada sahabatqu cantik bgt/23th, tp syg gigix ancur bgt & hampir ompong total, dah qu saranin pake gigi palsu but...gusix dia tuh yg depan ga rata loh, jd model bergelombang gt deh, padahal kan gigi palsu pasti butuh gusi yg rata2 aza,gmna solusix yaa??? (mnrt ngakux sih gigix gitu karna efek dari obat2an ?) TQ

February 17, 2009 at 6:15 PM
Abie Mas said...

Pak dokter mo nanya nih !
1. mmg ada ya gigi palsu permanen?
2. Pemasangannya gmn dok?
3. Alamat praktek pak dokter klo boleh tau?
sementara sekian dl deh ;)

April 12, 2009 at 2:31 AM
Mardawati Rusydi said...

Tanya ya dokter !
1. gmn mengatasi gigi susu anak yang sudah rusak sementara menurut dokter yang saya jumpai anak kecil tdk boleh cabut gigi dulu. nunngu waktunya ada gigi pengganti
2. berapa lama gigi palsu masih boleh dipakai.
. apakah kl tidur (malam) gigi palsu hrs dibuka

June 9, 2009 at 12:43 AM
Puguh Utomo said...

Kemarin ayah saya baru aja meminta tekniker gigi untuk memasang gigi tiruan sebanyak 22 biji dengan biaya Rp 900.000,00

August 15, 2009 at 11:49 AM
Effendy Chandra said...

Mohon informasi :
1) salah satu gigi depan (seri) saya sudah dalam keadaan goyang dan tidak mempunyai kekuatan menggigit lagi. Apakah masih ada cara untuk dikokohkan lagi ?

2)apakah bisa membuat gigi tiruan sebelum gigi aslinya lepas ?

September 26, 2009 at 2:27 AM
didik said...

terima kasih dok artikelnya sangat berguna.

September 30, 2009 at 11:39 AM
retno said...

thanks God I found this valuable blog. saya memang sedang mencari ref untuk gigi palsu untuk anak tercinta yang baru berumur 7 tahun. dia sudah kehilangan gigi depannya semalam. hati miris dan sedih melihat dia yang sekecil itu harus kehilangan gigi tunggal untuk selama-lamanya. sekali lagi terima kasih banyak atas informasi gigi palsu ini.

January 29, 2010 at 10:40 AM
Azzahra said...

Hallow.. Q dr blikpapan..
Mlm Tahun bru kmrn q kclakaan.. Gi2 dpn patah parah 2 buah.. Dr gi2 q nyaranin gi2 prtama d pasak n gi2 kedua d jaket, dgn bhn gi2 truan porselen... Harga 1 juta/ buah.. MAHAAAAAALL BUANGETS.... bener g sih dok harga nya smahal itu.? Tingkyu

February 1, 2010 at 11:17 AM
ADMIN RUMAH SEHAT TIBBUN NABAWI said...

q waktu hr raya nganterin temen pasang gigi palsu di kawasan sidoarjo. si dokter menawarkan yang pemanen apa yg lepasan, temenq yang gak tahu apa apa memilih yang permanennt aj. setelah dipasang aq kira dia senang dan puas ternyata dia malah gak nyaman dan menyesal krn giginya gak rata, mau dilepas sdh merekat kuat, jadi betelah kita berdua ahmad www.rumahsehattibbunnabawi.blogspot.com

March 15, 2010 at 9:36 PM
Anonymous said...

Gigi depan saya ada yg posisinya gak bgus..tumpang tindih gt...tp gigignya sht smw ga ada yg rusak cm bntuknya yg bkin ga PD,apa lbih baik saya ganti dg gigi palsu?sy br 21 thun..

March 30, 2012 at 8:18 AM
Weight loss said...

gigi palsu i mean its relly collapse tooth

June 4, 2012 at 2:26 PM
Vampire diaries season 4 said...

wow gigi palsu

June 8, 2012 at 11:39 PM
peluang usaha waralaba franchise said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

June 29, 2013 at 7:01 AM
rental mobil - sewa mobil - portal said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

June 29, 2013 at 7:03 AM
bethsaida said...

Rumah sakit | Bethsaida Hospital | adalah Rumah sakit dengan fasilitas terlengkap untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di Gading Serpong Tangerang | Memiliki fasilitas lengkap seperti: | Laser Aestetic Center | Orthopedic Center | Degestive Center | Dental Center | Hyperbaric Center | Cardiac Center | Neuroradiology Center

November 4, 2013 at 5:51 PM
feryhenry said...

Salam semuanya...menurut saya gigi tiruan memang sangat penting untuk kelangsungan fungsi gigi dan mulut apabila gigi sudah hilang. jika sobat semua ada waktu, saya punya artikel sekedar jadi referensi apabila sobat semuanya butuh informasi lagi mengenai gigi tiruan. thanks kesehatan gigi

February 5, 2014 at 3:04 PM
Anonymous said...

Aku berusia 27thn...kebetulan kmren aku jtuh dan gigi ketiga dari pling depn pth, tersisa cuma sdikit gigi...tny song..gmn solusinya..soalnya klo liat di kc gigiku sprti ompong...trmksh...

April 3, 2014 at 2:10 AM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB