3 Cara Ampuh Cabut Gigi Sendiri Tanpa Rasa Sakit

Kesehatan Gigi - Permasalahan gigi tentunya dihadapi oleh setiap orang. Sejak kecil saat masih memiliki gigi susu setiap orang pasti punya tantangan untuk mencabut giginya. Banyak orang tua yang memiliki pengalaman pada waktu kecil membagikannya kepada anak agar mereka berani mencabut giginya sendiri. Namun anda juga mesti mengetahui bahwa mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit tidak semudah yang anda bayangkan.

  Tips Cabut Gigi Sendiri tanpa Rasa Sakit  

Cara Mudah Cabut Gigi Sendiri tanpa Rasa Sakit

Sebenarnya mencabut gigi agar aman adalah dengan membuat janji dengan dokter gigi anda. Untuk istilah kesehatan mencabut gigi juga disebut dengan ekstraksi gigi. Seorang dokter gigi menggunakan banyak alat serta obat bius untuk mencabut gigi tanpa rasa sakit. Namun mencabut gigi sendiri juga menjadi alternative agar anda bisa melakukannya di rumah. Sehingga untuk membuat anda tetap nyaman dan tidak merasakan sakit saat mencabut gigi sendiri kami akan memberikan tips dan beberapa cara agar mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit.

Berikut Cara Sederhana Cabut Gigi Sendiri Tanpa Rasa Sakit.

1. Menggoyangkannya dengan kasa

Gunakan kasa sebagai alas untuk menggoyangkan gigi anda. Gigi yang anda goyangkan sebaiknya digoyangkan ke segala arah. Namun ingat bahwa saat ingin menggoyangkan gigi anda sebaiknya anda memastikan bahwa gigi sudah tidak lagi ditopang oleh tulang manapun. Gigi anda sebaiknya hanya ditopang oleh gusi sehingga mudah untuk dicabut. Selain itu sebagai peringatan anda juga sebaiknya memeriksa banyaknya darah yang dikeluarkan. Jika darah yang keluar dari gusi berlebihan maka sebaiknya hentikan kegiatan anda, sebab darah yang banyak menandakan bahwa gigi belum siap untuk dicabut. Dengan menggoyangkan gigi anda maka akan mempermudah ia tercabut dan mengurangi rasa sakit jika dengan tiba-tiba mencabutnya dengan keras.

2. Menggigit apel

Jika gigi anak anda sudah siap untuk dicabut, maka sebaiknya jangan mmeberitaukan anak bahwa giginya akan segera anda cabut di rumah. Anda bisa menggunakan alternatif dengan jalan menggunakan buah apel. Apel memiliki tekstur yang standar, tidak keras dan juga tidak lembek. Sehingga cocok untuk gigi yang sedang goyang dan siap untuk dicabut. Gunakan apel sebagai sarana mencabut gigi anak. Berikanlah apel kepada anak anda untuk digigit, maka lambat laun gigi yang sedang goyang akan dipengaruhi oleh gigitan apel anak anda. Jika dilakukan dengan baik maka gigi anak akan tercabut dengan tidak sengaja.

3. Menggoyangkannya dengan lidah

Selain menggoyangkannya dengan sengaja menggunakan kasa, anda juga bisa mengajari anak untuk menggoyangkannya dengan menggunakan lidah. Hal seperti ini bisa saja secara tidak sengaja dilakukan anak. Dengan menggoyangkan gigi anak dengan menggunakan lidah maka perlahan gigi tersebut akan menipiskan ligamen pada gusi dan membantu agar gigi dengan cepat bisa tercabut tanpa rasa sakit. baca : Gigi Berlubang Sebaiknya Ditambal Atau Dicabut?

Itulah beberapa cara agar dapat mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit. Namun adapula beberapa hal yang mesti anda perhatikan agar anda menghindari mencabut gigi sendiri. Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan agar sebaiknya menemui dokter gigi adalah sebagai berikut :

Perawatan gigi

1. Gigi yang karies

Jika anda melihat gigi di sekitar gigi yang sedang goyang telah mengalami karies maka sebaiknya anda mencabutnya di dokter gigi. Sebab gigi yang karies akan beresiko infeksi saat dicabut dan berdarah. Untuk kasus seperti ini maka anda sebaiknya melakukan pembedahan di dokter gigi.

2. Mengalami penyakit kronis seperti diabetes

Bukan hanya anak namun orang tua pun kadang harus mencabut giginya. Saat memiliki penyakit ini maka solusi satu-satunya yang harus anda lakukan adalah ke dokter gigi . sebab saat memiliki riwayat penyakit seperti diabetes maka akan menjadi masalah besar jika terjadi pendarahan pada gusi. Selain diabetes penyakit seperti asam urat serta hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan beberapa penyakit yang harus anda pertimbangkan sebelum mencabut gigi anda sendiri di rumah. Bahkan setelah mengunjungi dokter gigi pun biasanya dokter tidak akan langsung mencabutnya.

3. Perokok

Jika anda adalah perokok maka pertimbangkan untuk mencabut gigi di dokter gigi. Banyak perokok yang mengalami gangguan gusi disebabkan oleh kandungan bahan kimia yang ada pada rokok. Sehingga akan menimbulkan potensi infeksi jika terjadi pendarahan pada gigi.

Itulah beberapa dari cara mencabut gigi di rumah tanpa rasa sakit. Jika saja dalam waktu yang lama masih terjadi pendarahan pada gusi sebaiknya tetaplah kontrol pada dokter gigi. Pilihlah cara yang menurut anda mudah dilakukan seperti menggunakan apel dan juga menggoyangkannya dengan lidah anda. Cara tersebut bisa dilakukan di hari biasa tanpa membutuhkan keahlian khusus. Sehingga gigi yang ingin dicabut tidak akan terasa sakitnya saat anda mencoba melakukannya dengan cara tersebut. Semoga bermanfaat terima kasih.

1 Response to "3 Cara Ampuh Cabut Gigi Sendiri Tanpa Rasa Sakit"