Cara Mudah Memperbaiki Gigi Retak

Kesehatan Gigi - Artikel kali ini akan membahas cara mudah memperbaiki gigi retak mengingat banyaknya orang yang mengeluh soal gigi retak dan beberapa efek dari keretakan tersebut kepada kenyamanan dan kesehatan gigi.

Lantas bagaimana saja cara mudah memperbaiki gigi retak? Akan kita bahas di bawah ini, namun sebelum membahas cara mudah memperbaiki gigi retak kita juga akan membahas terlebih dahulu sebab dan akibat yang ditimbulkan dari gigi retak jika tidak segera diperbaiki. Berikut pembahasannya.

  Cara Memperbaiki Gigi Retak  

Cara Mudah Memperbaiki Gigi Retak

Cara Mudah Memperbaiki Gigi Retak dan Penyebabnya

Keretakan gigi biasanya ditandai dengan rasa ngilu yang berlebihan dan berlangsung lama pada gigi. Hal ini akan semakin parah jika kita memaksakan gigi bekerja terlalu keras seperti mengunyah makanan yang berstruktur keras atau terlalu panas.
Ada berbagai macam cara mudah memperbaiki gigi retak dan penyebab keretakan gigi mulai dari kecelakaan hingga kebiasaan kita sehari-hari dalam menggunakan gigi yang secara tidak sadar akibatnya menjadikan gigi retak. Oleh karenanya sebelum kita memasuki pembahasan cara mudah memperbaiki gigi retak, kita bahas dulu bersama-sama penyebabnya.

Penyebab keretakan gigi di antaranya :

1. Benturan Langsung

Entah itu terjatuh atau sekadar terbentur, jika kondisinya cukup keras bisa mengakibatkan keretakan gigi. Meskipun tidak dapat langsung terdeteksi sebagaimana gigi patah, namun keretakan gigi yang diakibatkan oleh benturan ini biasanya berupa rasa ngilu yang berlangsung lama.

2. Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Bahkan kepada anak kecil pun telah sejak dulu diajarkan bahwa berlebihan mengonsumsi makanan manis akibatnya tidak akan baik untuk gigi. Hal ini tidak berlaku untuk anak kecil saja, karena pada dasarnya cara mudah memperbaiki gigi retak yang ringan adalah dengan kurangi konsumsi gula.

3. Panas dan Dingin Berlebihan pada Gigi

Makanan terlalu panas atau terlalu dingin, apa lagi frekuensi mengonsumsinya yang cukup sering juga mengakibatkan keretakan gigi. Oleh karenana sebelum mengetahui cara mudah memperbaiki gigi retak lebih baik kita lakukan pencegahannya dengan mengurangi konsumsi makanan terlalu panas atau terlalu dingin.

4. Kerusakan Gigi

Keroposnya gigi merupakan salah satu bentuk kerusakan gigi yang mengakibatkan keretakan gigi. Keroposnya gigi ini terjadi karena berbagai faktor mulai dari kurang menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi hingga rusaknya enzim pelindung gigi.

5. Efek Pemutihan Gigi

Banyak yang mengorbankan kesehatannya demi penampilan, salah satunya adalah dengan melakukan pemutihan gigi. Pemutihan gigi pada umumnya akan mengikis bagian luar . Pada gigi, hal ini akan mengakibatkan semakin tipisnya bagian pelindung gigi hingga mengakibatkan keretakan. Oleh karenanya hindari pemutihan gigi secara berlebihan.

Cara Mudah Memperbaiki Gigi Retak dengan Sederhana

Setelah membaca ulasan di atas, mungkin saja satu di antara kita mengalami tanda-tanda gigi retak. Maka setelah ini langkah awal cara mudah memperbaiki gigi retak adalah tentu saja dengan memeriksakannya ke dokter gigi.

Cara mudah memperbaiki gigi retak di dokter gigi tergantung seberapa parah keretakan gigi yang kita alami. Jika hanya sekadar retak sedikit biasanya cara mudah memperbaiki gigi retak dilakukan dengan pemasangan cincin di sekitar gigi yang retak. Jika hal ini tidak memungkinkan maka cara mudah memperbaiki gigi retak selanjutnya dengan dilakukan penambalan gigi atau akrilik.

Jika keretakannya menimbulkan gangguan dengan rasa sakit terus-menerus dan gangguan saat makan, maka cara mudah memperbaiki gigi retak yang paling aman adalah dokter akan melakukan pencabutan gigi.

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Gigi Retak"

Post a Comment