5 Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut Saat Berpuasa Secara Alami

Kesehatan Mulut - Saat berpuasa anda tentunya menahan lapar dan haus karena tidak boleh makan dan minum. Saat mulut tidak beraktifitas ada resiko berkembangnya bakteri mulut dengan cepat dan menyebabkan bakteri tersebut menghasilkan bau tidak sedap pada mulut. Walaupun anda menyikat gigi, bau mulut terkadang tidak terelakkan. Bahkan potensi bau mulut saat berpuasa sekitar 70% terjadi.

Untuk itu agar tetap bisa menjalani hari anda dengan percaya diri tanpa bau mulut saat puasa, sebaiknya anda mencari cara agar bisa mengatasi bau mulut tersebut. Namun anda juga mesti memilih cara yang aman agar tidak memberikan efek kurang baik bagi anda.

Berikut Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadhan

Di bawah ini merupakan beberapa cara alami cegah bau mulut saat berpuasa

1. Perbanyak Air Putih
Air putih memang sangat berguna untuk beragam hal. Selain baik dalam menjaga kesehatan, air putih juga bisa anda gunakan untuk mencegah dan mengatasi bau mulut. Anda sebaiknya meminum air putih paling sedikit dua liter saat sahur dan berbuka. Hal ini mampu menetralisir bakteri dari dalam tubuh anda dan bersarang di mulut yang bisa membuat mulut anda bau.

Lihat : Cara Cepat Membuat Nafas Segar dan Tidak Bau

2. Menggosok Gigi
Tentu saja tips ini adalah cara yang umum, namun saat berpuasa janganlah sekali-kali melupakan menyikat gigi setelah sahur dan juga sebelum tidur. Sehingga sisa-sisa makanan bisa dijamin tidak tertinggal dalam gigi yang bisa memicu bakteri berkembang. Sebab bakteri ini nantinya yang akan membuat mulut anda bau.

3. Hindari Makanan Menyengat
Jangan mengonsumsi makanan menyengat saat sahur dan berbuka. Seperti bawan putih, petai, jengkol dan juga ikan asin. Hal ini bisa memicu anda memiliki bau mulut yang tidak sedap.

4. Minum Teh
Bahan yang sangat mudah didapatkan oleh anda. Teh merupakan salah satu dari sekian bahan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan dipercaya mampu membuat dan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dalam mulut anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Bau Mulut

5. Mengonsumsi Buah dan Sayuran
Selain sehat mengonsumsi buah dan sayuran juga sangat ampuh menghilangkan bau mulut anda. Selain itu ia juga bisa kembali aktif menghasilkan air liur. Anda harus mengetahui bahwa air liur merupakan perisai dalam mencegah bakteri membuat mulut anda menjadi bau tidak sedap.

Nah anda bisa mencoba cara diatas untuk mengatasi bau mulut tidak sedap yang akan mengganggu anda saat berpuasa. Tetaplah jalankan aktifitas dan perbanyak ibadah di bulan Puasa ini, dengan percaya diri karena mulut anda tidak bau lagi. Jika anda merasa cara diatas tidak ampuh, maka cobalah berulang kali dan sila berkonsultasi ke dokter. Mungkin saja ada penyebab lain bau mulut anda tidak bisa hilang. Terima kasih dan selamat mencoba.

0 Response to "5 Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut Saat Berpuasa Secara Alami"

Post a Comment