Cara Menjaga Kesehatan Email Gigi yang Efektif

Kesehatan Gigi - Menjaga kesehatan email gigi adalah hal yang wajib anda lakukan. Email gigi dikenal sebagai lapisan paling kuat dalam gigi sehingga hampir sebagian orang berpikir bahwa lapisan tersebut bisa kuat tanpa harus dijaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan email gigi sebenarnya dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana. Tetapi walaupun sederhana, banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut. Padahal selain mempunyai struktur yang paling kuat, email gigi juga mempunyai tugas yang sangat penting. Email gigi bertugas melindungi lapisan gigi lain seperti dentin dan pulpa. Selain itu posisi dari email gigi sendiri adalah paling luar dan selalu bersentuhan dengan makanan. Sehingga apabila kita tidak menjaga kesehatannya maka email gigi akan dapat rusak karena zat-zat pada makanan.

Cara Menjaga Kesehatan Email Gigi Yang Efektif

Panduan Cara Menjaga Email Gigi Tetap Sehat


Menjaga email gigi agar tetap sehat tidak harus memerlukan perawatan dokter yang serius atau juga perawatan yang mahal. Cara menjaga kesehatan email gigi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana tetapi efektif hasilnya. Cara sederhana tetapi efektif tersebut antara lain:
  • Tidak memakan makanan yang panas, dingin, asam dan juga manis.
    Tidak terlalu sering makan manis dan juga asam juga dapat menjaga email gigi tetap sehat.
  • Tidak minum minuman yang bersoda
    Minuman bersoda akan dapat mengikat email gigi sehingga struktur email gigi dapat perlahan-lahan rusak. Memakan permen karet dan terlalu lama mengunyah permen karet juga menyebabkan kerusakan pada email gigi.
  • Menggigit benda yang keras
    Apakah anda termasuk orang yang sering membuka tutup botol dengan cara menggigitnya? Jika iya maka sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut. Gigi dibuat untuk mengunyah makanan, apabila digunakan untuk menggigit benda yang lebih keras dari makanan maka dapat menyebabkan email gigi menjadi rusak.
Cara diatas merupakan cara untuk menjaga email gigi dengan mengubah pola makan dan juga kebiasaan. Ada juga cara menjaga kesehatan email gigi yang dilakukan dengan melakukan perawatan gigi secara sederhana. Perawatan tersebut antara lain:
  • Menyikat gigi dengan benar
    Menyikat gigi dengan benar dapat mencegah email gigi agar tidak terkikis. Menyikat gigi yang keras dapat menyebabkan email gigi mengalami pengikisan sehingga gusi akan rusak dan menyebabkan gigi menjadi sensitif. Sikat gigi yang benar adalah secara vertikal dari atas ke bawah dan melingkar. Bukan sebaliknya.
  • Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus
    Hal ini juga dapat menjaga email gigi agar tetap sehat sebab sikat gigi yang bulunya lembut tidak akan melukai email dan gusi.
  • Menggunakan pasta gigi yang banyak mengandung Hydroxyapatite dan flouride. Kedua bahan tersebut merupakan zat aktif yang dapat menjaga email gigi agar tetap sehat. Cara menjaga kesehatan email gigi dengan cara tersebut adalah cara yang paling efektif untuk anda.
Tips Gigi Lainnya:
Demikian pembahasan cara merawat kesehatan email gigi. Semoga dengan informasi diatas anda dapat memiliki gigi sehat dan cantik terawat.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Email Gigi yang Efektif"

Post a Comment