6 Alasan Bibir Bengkak Secara Tiba - Tiba yang Mesti Kamu Ketahui

Mulut Sehat - Apakah anda pernah merasakan bibir bengkak tiba-tiba? Padahal tidak ada serangga ataupun hewan lain yang menggigitnya? Bahkan bengkak pada bibir anda terasa amat gatal dan juga bengkaknya agak mengkhawatirkan karena membuat bibir anda dua kali lipat besarnya. Nah, anda jangan berpikiran macam-macam dulu, bahkan sempat berpikir bahwa itu adalah guna-guna atau penyakit non medis.

Berikut merupakan beberapa alasan yang biasanya menyebabkan seseorang memiliki bibir bengkak tiba-tiba. Silahkan intip alasannya berikut dan lihat apakah ada diantaranya yang menjadi penyebab dari bengkaknya bibir ada.

Alasan Bibir Bengkak Secara Tiba - Tiba

Inilah Penyebab Bibir Bengkak Secara Tiba - Tiba

1. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab bibir bengkak tiba-tiba secara umum. Biasanya alergi muncul sebagai efek dari makanan yang menjadi alergen anda dan juga karena ada iritasi langsung pada permukaan bibir. Jika pada tahap yang parah, maka bukan hanya bibir anda saja yang akan gatal dan membengkak. Namun anda juga biasanya akan ikut sesak nafas dan juga membuat anda pusing. Namun alergen di tiap orang berbeda, sehingga baik untuk anda jika anda memeriksakan apa sebenarnya alergen anda,

2. Herpes labialis

Mungkin anda jarang mendengarnya. Namun banyak orang yang menderita ini pada bibirnya tanpa tahu nama penyakitnya. Herpes labialis adalah infeksi oleh virus herpes simplex tipe-1 yang menyerang mulut. Untuk jenis herpes yang menginfeksi bibir adalah tipe-1. Bibir anda akan terjadi radang bahkan sampai bengkak dan luka serta kemerahan. 

3. Penyakit sekitar gigi dan gusi

Anda juga harus memperhatikan apakah kesehatan gigi dan gusi anda baik sehingga bibir anda membengkak tiba-tiba. Sebab jika radang pada gigi dan gusi parah maka akan terjadi pembengkakan pada mulut dan utamanya pada bibir anda.  Sehingga ketahuilah terlebih dahulu penyebabnya dan lihat apakah bibir anda bengkak karena penyakit yang terjadi pada gigi dan gusi anda.

4. Trauma pada bibir

Yang dimaksudkan dengan trauma disini adalah jika secara tidak sengaja terjadi kecelakaan dan menimbulkan hantaman pada bibir, Bahkan jika ketidaksengajaan sekalipun. Biasanya bibir tergigit dan menyebabkan pembengkakan atau biasanya terbentur pada benda yang keras. 

5. Gigitan atau sengatan serangga

Nah, yang satu ini juga paling sering terjadi. Banyak pulaorang yang mengalami bengkak pada mulut adalah akibat gigitan atau sengatan serangga. Penyebab paling sering misalnya gigitan semut atau sengatan lebah. Gigitan semut biasanya terjadi saat kita tertidur serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang dikerumuni semut. Sedangkan sengatan lebah biasanya terjadi pada saat berkendara dengan motor dan tersengat lebah di jalan. Bengkak dapat terjadi adanya radang oleh gigitan atau sengatan, serta dapa karena adanya bisa (racun/toksin) dari sengatan serangga tersebut. Akibatnya seperti terjadi reaksi hipersensitivitas.

6. Sariawan

Sariawan terjadi pada anda saat panas dalam bahkan biasa disebut dengan stomatitis. Hal yang paling terasa dari sariawan mungkin adalah nyerinya yang sangat mengganggu, sehingga aktivitas berbicara, makan dan minum terasa menjadi tidak nyaman. Sebenarnya selain nyeri, sariawan juga menyebabkan bengkak pada bibir atau mulut. Apalagi jika luka sariawannya berbentuk besar dan jumlah lebih dari satu. Sariawan dapat terjadi akibat infeksi atau diawali oleh trauma lebih dulu. Tetapi karena bengkaknya tidak begitu terasa, bagi banyak orang yang paling mengganggu adalah nyeri yang dirasakan.
Itulah 6 alasan mengapa bibir anda bengkak dengan tiba-tiba. Selamat mencoba dan terima kasih.

0 Response to "6 Alasan Bibir Bengkak Secara Tiba - Tiba yang Mesti Kamu Ketahui"

Post a Comment