Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Gigi bungsu kenapa sih?


Dari beberapa pertanyaan yang masuk sering menanyakan mengapa sakit saat sibungsu tumbuh, apa memang harus sakit? Kebanyakan memang terasa sakit namun mengapa gigi bungsu harus tumbuh kalau hanya untuk membuat masalah. Mari kita bersama-sama menelusuri jejak langkah si bungsu yang selalau dipermasalahkan ini.

Pertumbuhan atau kemunculan gigi bungsu yang dalam dunia kedokteran gigi sering disebut dengan dens molaris inferior tertius atau molar ketiga ini memang kerap memberikan rasa sakit yang sangat menggangu aktifitas kita. Beberapa dari kita mungkin kurang paham akan gigi bungsu ini. mungkin saya dapet menjelaskan sedikit mengenai gigi bungsu ini.

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-20 tahun.

Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi moderen mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang. Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, malah pada kebanyakan orang menjadi masalah.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan gigi mengalami impaksi. Karena jaringan sekitarnya yang terlalu padat, adanya retensi gigi susu yang berlebihan, tanggalnya gigi susu terlalu awal. Bisa juga karena tidak adanya tempat untuk erupsi. Rahang "kesempitan" gara-gara pertumbuhan tulang rahang kurang sempurna.

Ada teori lain. Pertumbuhan rahang dan gigi mempunyai tendensi bergerak maju ke arah depan. Apabila pergerakan ini terhambat oleh sesuatu yang merintangi, bisa terjadi impaksi gigi. Misalnya, karena infeksi, trauma, malposisi gigi, atau gigi susu tanggal sebelum waktunya.

Sementara, menurut teori Mendel, pertumbuhan rahang dan gigi dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jika salah satu orang tua (ibu) mempunyai rahang kecil, dan bapak bergigi besar-besar, ada kemungkinan salah seorang anaknya berahang kecil dan bergigi besar-besar. Akibatnya, bisa terjadi kekurangan tempat erupsi gigi bungsu, dan terjadilah impaksi.

Sempitnya ruang erupsi gigi bungsu, menurut drg. Danardono, itu karena pertumbuhan rahangnya kurang sempurna. Hal ini bisa karena perubahan pola makan. Manusia sekarang cenderung menyantap makanan lunak, sehingga kurang merangsang pertumbuhan tulang rahang.

Makanan lunak yang mudah ditelan menjadikan rahang tak aktif mengunyah. Sedangkan makanan banyak serat perlu kekuatan rahang untuk mengunyah lebih lama. Proses pengunyahan lebih lama justru menjadikan rahang berkembang lebih baik. Seperti diketahui, sendi-sendi di ujung rahang merupakan titik tumbuh atau berkembangnya rahang. Kalau proses mengunyah kurang, sendi-sendi itu pun kurang aktif, sehingga rahang tidak berkembang semestinya. Rahang yang harusnya cukup untuk menampung 32 gigi menjadi sempit. Akibatnya, gigi bungsu yang selalu tumbuh terakhir itu tidak kebagian tempat untuk tumbuh normal. Ada yang tumbuh dengan posisi miring, atau bahkan "tidur" di dalam karena tidak ada tempat untuk nongol.

Maka, untuk mendukung perkembangan rahang, sebaiknya sering-sering mengkonsumsi makanan berserat supaya gigi jadi lebih aktif menggigit, memotong, dan mengunyah. Rahang pun menjadi makin aktif dan diharapkan akan tumbuh normal. Dampaknya, pertumbuhan gigi pun bisa lebih bagus. Tapi jangan lupa, periksakan gigi secara rutin untuk memantau kesehatan gigi.

Beberapa sumber memberikan definisi yang berbeda dan tanggapan yang berbeda tentang gigi bungsu ini, salah satu sumber yang membahas tentang masalah pada gigi bungu ini dapat saya kutipkan dan menurut saya lengkap menjelaskan masalah pada gigi bungsu ini dari wikipedia.

Masalah pada gigi bungsu

Gigi yang berdesakan

Karena gigi bungsu tumbuh paling akhir, terkadang rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu tumbuh dengan wajar. Akibatnya gigi bungsu mendesak gigi geraham yang berada di depannya. Hal ini akan mengakibatkan sakit pada gigi. Masalah ini umumnya diatasi dengan mencabut gigi bungsu yang baru tumbuh. Bila gigi bungsu menempati posisi yang sulit untuk dicabut, yang dicabut adalah gigi geraham yang terdesak sehingga gigi bungsu mendapat tempat yang cukup untuk tumbuh.


Gigi yang tidak muncul sempurna pada gusi

Terkadang gigi bungsu tidak muncul dengan sempurna pada gusi. Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi.


Pengobatan


Pencabutan

Sebelum dicabut, gigi umumnya akan difoto terlebih dahulu dengan sinar X untuk mengetahui bentuk, posisi dan kedalaman gigi. Pencabutan gigi bungsu biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal, namun terkadang juga dilakukan dengan bius total. Walaupun tergolong operasi kecil, pencabutan gigi sebaiknya dilakukan secara profesional oleh dokter gigi, mengigat komplikasi yang mungkin timbul saat dan setelah pencabutan.


Hal yang perlu diperhatikan setelah pencabutan gigi

Untuk mempercepat proses penyembuhan:
Usahakan beristirahat sepanjang hari dan tidak mengerjakan pekerjaan berat.
Hindari merokok. Bila memungkinkan selama proses penyembuhan (3-4 hari), minimal selama 24 jam setelah operasi.
Hindari berkumur atau menggosok gigi selama 24 jam setelah operasi
Setelah 24 jam, kebersihan daerah operasi dapat dijaga dengan berkumur air hangat bergaram (1 sendok teh garam untuk 1 gelas air) minimal 4 kali sehari. Berkumurlah dengan hati-hati karena tekanan dapat menyebabkan lubang bekas operasi terbuka lagi dan terjadi pendarahan.
Setelah 24 jam, meggosok gigi dapat dilakukan dengan hati-hati, terutama di daerah operasi.
Bila diberi obat penahan sakit dan antibiotik, minumlah sesuai petunjuk dokter. Antibiotik harus dihabiskan walaupun gigi sudah tidak terasa sakit. Sebaliknya, obat penahan sakit dapat dihentikan bila sakit mereda.
Makan dan minumlah seperti biasanya. Hindari berdiet, karena makan dan minum yang cukup sangat penting untuk proses penyembuhan.
Hindari minum menggunakan sedotan karena tekanannya dapat melepaskan gumpalan darah pada lubang operasi.
Hindari minuman bersoda karena busanya diperkirakan dapat melepaskan gumpalan darah pada lubang operasi. Minuman jus buah terutama jeruk sangat disarankan.
Makan tambahan vitamin C dianjurkan.
Untuk menghindari pembengkakan, setelah operasi rahang sebaiknya dikompres dengan es atau air dingin. Tempelkan kompres dingin selama 15 menit, diseling 10 menit tanpa kompres, diulang sampai saat istirahat malam.
Pada hari-hari setelah hari operasi, rahang dapat dikompres dengan kompres hangat, untuk menstimulasi peredaran darah di daerah gigi bungsu yang dapat mempercepat penyembuhan.

Selain hal-hal di atas, pembiusan yang dilakukan sebelum operasi juga dapat berpengaruh pada kemampuan psikis dan mekanis. Jangan berkendara, melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, atau menandatangani dokumen penting pada hari yang sama. Bila menggunakan bius total, usahakan ada seseorang yang dapat menemani selama minimal satu hari tersebut.


Masalah yang mungkin timbul setelah pencabutan


Pendarahan

Pendarahan tidak dapat dihindari dan dapat berlangsung selama satu hari penuh. Berkumur pada saat pendarahan terjadi sangat tidak dianjurkan. Pendarahan akan berhenti saat darah mulai menggumpal di lubang pencabutan, dan berkumur dapat menyebabkan gumpalan darah terlepas. Hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan dan menyebabkan pendarahan terjadi lebih lama.

Bila terjadi pendarahan, letakkan gulungan kecil kasa steril (umumnya diberikan oleh dokter gigi) pada lubang bekas pencabutan. Kasa harus digigit dengan baik dengan tekanan secukupnya. Cara ini akan membantu menghentikan pendarahan, tetapi jangan dilakukan telalu berlebihan sehingga menimbulkan iritasi pada lubang pencabutan. Gulungan kasa hanya boleh digigit selama sekitar 20 menit. Bila terlalu lama, darah dapat membeku pada kasa dan gumpalan darah dapat terlepas lagi saat kasa dibuang. Bila pendarahan masih terjadi setelah 20 menit, ganti dengan kasa yang baru. Demikian seterusnya hingga pedarahan berkurang atau berhenti.

Bila pendarahan terus berlanjut setelah 1 hari, segera kembali ke dokter gigi dan laporkan. Pendarahan yang terus menerus menunjukkan masalah pada proses penyembuhan.


Lubang operasi tidak tertutup sempurna (Dry socket)

Pada umumnya, setelah gigi bungsu dicabut, darah akan menggenangi lubang bekas gigi dan menggumpal. Terbentuknya gumpalan darah ini sangat penting karena berfungsi sebagai tempat gusi kemudian akan tumbuh menutupi lubang. Diperkirakan sebanyak 5-10% kasus mengalami penutupan lubang yang tidak sempurna atau terlepasnya gumpalan darah sebelum waktunya, sehingga syaraf pada gusi dan bahkan tulang rahang menjadi terbuka (dry socket). Telah diketahui bahwa umumnya penderita dry socket adalah perempuan yang minum pil kontrasepsi. Diperkirakan dry socket dapat dihindari dengan melakukan operasi pada hari ke-22 hingga ke-28 siklus, yaitu saat kadar estrogen sedang pada titik terendah.


Infeksi

Infeksi yang terjadi saat proses penyembuhan dapat dihindari dengan minum antibiotik dan menjaga kebersihan mulut. Berkumur dengan air garam setiap selesai makan dapat membantu membersihkan daerah operasi.


Semoga dapet membantu, artikel ini saya buat dengan mengkutip beberap artikel dari wikipedia dan ilmu yang saya dapatkan dibangku kuliah, semoga sehat selalu.

90 komentar:

hakimtea said...

Setelah lama ditunggu artikelnya kali ini panjang banget dok... :)

masa si bungsu telah lama terlalui... saat lagi ganteng-gantengnya... namun sekarangpun ga berubah teuteup... NARSIS... heuheu ^_^

April 29, 2008 at 12:40 AM
Didiet said...

Wee panjangnya,blas dendam gara2 gak bisa posting y mas

April 29, 2008 at 6:51 AM
Kesehatan Gigi said...

@hakimtea: hehehe bisa aja ni kang hakim :)
@didiet: keasikan nulis ni hehehe amsih kurang sebenernya takut pada bosen baca :)

April 29, 2008 at 2:28 PM
Kristina DIAN Safitry said...

pantesan. wakti itu kok suakiit banget. sampai aku mikir lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi,huahaaha..ha...tiada duanya kalo si bungsu lahir. untung dah melewati masa masa kritis itu.

April 29, 2008 at 4:40 PM
ysugiri said...

postingannya panjang sampai saya plototin bacanya. Kalau baca artikel gigi kadang ngelu padahal tdk sakit gigi. Gigi sy mungkin gigi bungsu yg tumbuh paling akhir terlalu kecil dan tidak punya tempat di rahang akhirnya keropos dan lama2 habis sendiri tanpa di cabut. Tapi yaitu waktu belum habis nyeri sekali.

April 29, 2008 at 5:27 PM
ysugiri said...

postingannya panjang sampai saya plototin bacanya. Kalau baca artikel gigi kadang ngelu padahal tdk sakit gigi. Gigi sy mungkin gigi bungsu yg tumbuh paling akhir terlalu kecil dan tidak punya tempat di rahang akhirnya keropos dan lama2 habis sendiri tanpa di cabut. Tapi yaitu waktu belum habis nyeri sekali.

April 29, 2008 at 5:27 PM
Bilah 9 said...

gara2 tlau lama baca si bungsu sudah besar skrg merengek minta dibeliin motor baru...dia jg si bungsumu hsl hub kita jgn lupakan dia...beliin motor dunk...hehehe

April 30, 2008 at 1:45 PM
new_techno said...

Kalu aku gak pernah sakit gigi. Knapa ya? Apa itu tanda-tanda kelainan?

April 30, 2008 at 7:34 PM
ihsan said...

Nahh ni dia info yang ane butuhkan..
boleh di copy/save khan bang?? mo dibaca dirumah aja(ya biasalah bang,,ane cuman mengandalkan koneksi warnet yang mahal & lambat ini)...Terima kasih banyak pak dokter..

April 30, 2008 at 9:21 PM
Rezki said...

Heeeeh aku cuma tahan bacanya 6 paragraf aja he3

May 1, 2008 at 6:12 PM
Kesehatan Gigi said...

Waduh ni saya balas komen kemarin koq ga masuk yah? ulangi deh maap ni ya.
@Kristina DS: hehehe kaya lagu aja ni dinda :)
@Ysugiri: mas kalo emang habis mungkin ada sisa akar yang harus dicabut mas, coba cek dulu biar ga jadi masalah nantinya.
@bilah9: hehehe kredit aja dulu :)
@New_techno: Sebaiknya rutin kunjungan dan periksakan sekali waktu ke dokter gigi karena seperti adanya karang gigi memang tidak menimbulkan rasa nyeri.
@ihsan: Silahkan mas boleh" aja :) malah bagus dan bisa kasi info ke temen atau keluarga.
@rezki: wah maaf ni kepanjangan :)

May 1, 2008 at 8:14 PM
Bluetoz said...

Pak, untung saya ga ada masalah ma gigi bungsu...:)

May 4, 2008 at 1:06 PM
noki_afandi said...

ah ternyata begitu, pantesan waktu kecil adek sering nangis, karena dia kurang makanan berserat

May 4, 2008 at 9:12 PM
Kesehatan Gigi said...

@bluetoz: ya memang tidak semua orang mempunyai masalah pada gigi sulung.
@noki_afandi: serat memang sangat penting bagi tubuh, kalau kekurangan wah banyak masalahnya hehe

May 11, 2008 at 6:30 PM
Rantaro said...

wah memangnya cara satu2nya melalui pencabutan gigi ya??
padahal saya takut operasi hehe
gak ada cara lain kah??

May 12, 2008 at 11:25 PM
t i n i said...

Graham bungsu saya ga tumbuh2 sampe umur 27 thn. Apa itu termasuk kelainan dok?
Akhirnya berhubung mo pasang pesawat, hrs di operasi gigi terpendam.
Ya ampun, sakit bangeeeet!!!!
Tp itu gpp kan kalo dicabut, dok?

May 17, 2008 at 1:42 PM
Mr.dodol said...

pak, saya kok rasanya giginya runcing sekali ya, lagian cuma kecil? apa tu cuma awalnya aja?

May 22, 2008 at 9:52 PM
silly said...

WADOWWWW, tolongggg... aku semakin takut ke dokter gigi...

kenapa mesti dioperasi, kenapa gak dijampe2 biar numbuh keatas lurus...

duhh, kenapa harus ada gigi graham bungsu sich... nysah2hin ajahhhh... :(

Yg masih ketakutan ngebayangin harus ablik lagi ke dokter gigi minggu depan untuk tambel tetap!!!

May 26, 2008 at 1:32 AM
yanny said...

uda 4 tahun ini gigi bungsuku tumbuh umurku 23 tahun. memang ndak terus menerus 3 mpe 6 bulan sekali or dua kali sambang sakitnya. pernah mau wisuda gigiku bengkak spt nelan bola pingpong ampuuuun sakitnya. hari ini gigi bungsuku juga menjerit-jerit. kata dokternya karena ndak ada tempat untuk tumbuh musti di foto dulu. and selama ini ku cuma nelan antalgin & amoxicilin aja

May 29, 2008 at 1:40 PM
deqmas said...

terjumpa blog ini dan saya sangat suka dengan artikel ini, saya sudah pernah mengalami kesakitan tumbuh gigi bungsu dan telah menjalani pembedahan kecil. dan dari pembedahan ini saya terkena dry socket. (saya tidak mengambil sebarang pil kontrasepsi) 12 hari saya masuk ward dan telah disuntik antibiotik banyak kali. menurut doktor saya ini terjadi sebab saya tidak memberus gigi selepas pembedahan, sedangkan saya diarahkan untuk memberus gigi selepas 24 jam sama seperti artikel yang saya baca ini 24 jam selepas pembedahan baru berus gigi. dan disebabkan ini saya tidak dapat membuka mulut saya dengan luas dan terpaksa mengikuti therapy mulut.

dan 4 jun ini saya terpaksa lagi menjalani pembedahan untuk membuang gigi bungsu saya sebelah kanan kerana sekarang sudah mulai sakit.. adakah saya akan mengalami dry socket lagi jika saya melakukan pembedahan ini? kerana saya telah membaca banyak artikel yang mengatakan, mereka yang pernah terkena dry socket ini mempunyai peluang yang besar untuk kena lagi.. adakah mungkin?

May 31, 2008 at 9:16 AM
Kesehatan Gigi said...

@Rantaro: Pencabutan bukan berarti operasi, operasi tidak dilakukan terhadap semua pasien yang mempunyai masalah gigi bungsu, jadi jangan khawatir ya.
@Tini: Cepat atau lambatnya pertumbuhan gigi bungsu kembali ke masih2 individu karena akan berbeda tentunya. kalu gigi bungsu memang harus dicabut tidak akan menjadi masalah selama dilakukan dengan prosedur yang benar jadi sangat dianjurkan ke dokter gigi.
@mr.dodol: gigi yang mana yah? dan awal dari apa? mohon diperjelas pertanyaannya agar bisa memberikan solusi yang tepat.
@Silly: waduh dokter gigi ga serem koq ^^ hal ini memang dikarenakan perawatan gigi memerlukan tindakan, semoga lekas sembuh ya :)
@yanny: sebaiknya dikonsul ke dokter dan jangan selalu minum obat2an untuk meredakan sakit tanpa adanya tindakan karena akan membahayakan saraf.
@deqmas: terima kasih atas pujiannya, sebaiknya ikuti prosedur agar tidak terjadi dry soket, kebanyakan penderita dry socket terjadi karena tidak tahan menjalani terapi setelah operasi.

June 1, 2008 at 4:44 AM
abang said...

sejak gigi bungsu saya tumbuh, sejak saat itu gigi saya sering sakit,rasanya bener2 menyakitkan, mending aku nggak punya gigi daripada harus sakit gig kayak gini.
menyiksa banget, gimana ya untuk ngilangin rasa sakit ini, selain jalan pencabutan gigi? makasih

June 8, 2008 at 7:34 PM
GigiSehatBadanSehat said...

buat abang,
kayaknya gak ada solusi yang paling baik selain pencabutan gigi deh...

mungkin bisa aja minum obat pengurang sakit, tapi itu cuma sementara aja ngobatinnya...

takut cabut gigi ya bang? sebenernya kalo gak ada masalah di giginya, gak sakit kok dicabutnya. jadi, mumpung lom ada macem2 di giginya kayak abses (nanah) atau kelainan2 lain, buru2 cepet dicabut aja. nanti kalo uda ada kelainan2 tsb malah lebih kerasa sakitnya...

atau takut disuntik? sekarang ada gel yg bikin mukosa mulut jadi baal jadi gak terlalu sakit waktu disuntik.

iya gak dok? dikoreksi ya kalo ada yang salah...

June 10, 2008 at 11:29 PM
nduut said...

ada yg bisa bantu ga?

ku mahasiswa umur 21th, gigi bungsuku cuma bs kluar stngah,kta dokternya seh harus dioperasi karena rahangku ga muat... :(

ptanyaannya, apa klo ku ga mo dioperasi bkl ada efek yg berbahaya bwt kesehatanku, ku tkt bgt dioperasi,dicabut aj ga berani..
ada yg punya pngalamn serupa ga...
thx klo mo sharing.. :)

June 12, 2008 at 2:21 PM
Pribadi said...

iya nih lagi mulai tumbuh, kdang2 migran.

Takut juga kalau sampe dicabut. Sakit ga sih, pk bius lokal ya??

July 14, 2008 at 7:03 PM
ovie said...

Saya sangat tertarik sekali dg artikelnya, dok..gini sy mau tny nie tentang halitosis, gmna sie proses terjadinya (the causes) dan cara mengatasinya.apakah halitosis jg disebabkan krn penyakit dalam atau tumor?

September 9, 2008 at 12:15 AM
johanis said...

oooo...
sip bgt!! thx bgt ya infonya..
aq kira cuma aq yang ngerasain, ternyata itu hal wajar ya.. makasih2..
salam kenal juga ya.. baru mampir nih,. :D

November 2, 2008 at 4:24 PM
nina said...

gigi bungsuku nonggol tapi tiduran jd ada jarak dgn gigi di depannya.kadang ada makanan nyelip sampe hrs di korek pake sikat gigi,lama2 jadi sakit trus kayaknya jd bau mulut deh.apa bner? bisa rekomennin pergi ke dokter mana tau RS mana? soalnya saya takut! trus biayanya berapa ya? oh ya saya di depok

November 3, 2008 at 11:50 PM
Parantar said...

my wisdom teeth grew when i was only 12...

November 8, 2008 at 10:11 PM
Admin said...

yth, pak dokter, saya pria 27th,
saya pernah rontgen mulut dan ternyata 4 gigi geraham bungsu saya tertanam di dalam mulut/tidak tumbuh keluar jadi klo mau dicabut mesti operasi mulut..apakah suatu saat nanti akan bermasalah seiring dengan bertambahnya usia saya.. apa yg harus saya lakukan trim's semoga saja gigi tsb. tidak tumbuh keluar sehingga tidak menonjok gigi yg lain.. :)

November 21, 2008 at 9:35 AM
Anonymous said...

ass,,

Dok mau nanya ne,

Rencananyakan aq mo di operasi bedah mulut gara2 gigi bungsu di rahang atas sebelah kiri numbuhnya ga sempurna trus juga ada abses nya, pas lihat hasi rontgen kt dokternya gigi aq migrasi , giginya masuk daerah sinus. Kira2 Bahya nga klo di oprasi , solanya aq takut banget , mesti bius total pula, apa ne masih termsuk operasi kecil ? apa ada resiko lainya habis operasi ??

February 28, 2009 at 9:45 AM
izan said...

doc, aku juga mau di operasi gigi bogsunya..gusi aku ini udah bengkak beberapa hari,tp sekarang udah kurang..
tp operasi nya itu mau dilakukan sama kakak kelasnya,yg masih di klinik?kira2 gimana doc?bhya gak?aku juga ada rasa risau mikirin ini..soalnya,skrg udah siap di foto gigi nya,cuma kata kakak kelasnya itu, mau tunjukkin sama dosen nya dulu, bisa gak kasus kayak aku ini di operasi?

menurut doc gimana,,bantuin ya doc:(

March 22, 2009 at 2:14 PM
Anonymous said...

aduuwh gigi bungsu kuw sakit bgt!!

yang sebelah kiri lom total keluar..
masih di tutup ma gusi !hishihsih

kadang2 sering sakit bgt..

apa di tunggu aja dulu ya biar gusinya robek sendiri ...

April 23, 2009 at 1:06 PM
Pasang iklan tanpa daftar said...

untung udah lewati masa2 nya sih bungsu
heheh :D
salam

April 25, 2009 at 12:47 PM
tedirivan said...

saya mo tanya nih dok, saya berumur 27. kykny ada mslh ada gigi tumbuh ke samping dibawah gigi geraham bawah yg ke 3 sebelah kanan. saya ga tau ini gigi tiba2 nongol dan merobek gusi. rasanya spt ada yg nyelip makanan antara gigi graham ke 3 dan ke 4. dan spt sariawan. nongolnya masih kecil cuman keliatan putih didalam gusi bawa graham tsb. sy mo tanya itu khan ga normal sbaiknaya gmn? ada yg tau ga ya??

April 29, 2009 at 3:42 PM
niya said...

mau tanya dok, anak perempuan (anak kedua) saya (14 bulan) sampai sekarang belum tumbuh juga gigi bungsunya...apa yang harus saya lakukan? fyi, anak pertama tumbuh gigi bungsu umur 12 bulan

April 30, 2009 at 12:28 AM
Anonymous said...

Dok..
numpang nanya neh...
2 gigi bungsu bawah aku impaksi.. trus mo dirujuk ma dokter gigi ke bedah mulut.. seandainya harus dioperasi,pake anestesi lokal atau general??? trus komplikasinya atau kemungkinan yang akan terjadi selama dan setelah operasi tsb..? trus kemungkinan untuk terkena saraf yang ada disekitarnya bs terjadi ga...?? takutnya ntar malah parese...
makasih dok... ditunggu jawabannnya....

May 17, 2009 at 5:29 PM
Chae said...

klu sibungsu lahir memang sakit rasanya.....
bahkan berfikir untuk tidak punya gigi aj. he he he.....
klu lagi masanya ada ngak obat peredam sakitnya? abs nga' tanggung2.

June 1, 2009 at 12:27 PM
fifi said...

duh dok tenkyu ya......infonya.sgt bermanfaat karena teman aku ada yg mau operasi gigi bungsu, krn gigi bungsunya tumbuh miring.

June 18, 2009 at 11:44 AM
riziq said...

dok saya umur 29 baru tumbuh gigi bungsu,kalo dicabut apa aja pengaruh pasca operasi?apa ada hubungan dengan masalah penglihatan nantinya?
trims artikelnya yang sangat bermanfaat untuk saya

July 11, 2009 at 5:13 PM
ceritakecilku said...

Terima kasih sekali untuk artikel yang sangat membantu ini.

Btw, gigi bungsu saya sedang keluar separuh dok. Sakitnya berhari-hari sampai ke tulang mata dan dahi sebelah kiri. Saya kira ini migrain dan akhirnya saya kasih pain killer karena mengganggu sekali sampai saya tidak ingin makan apa-apa karena sakit kalau mulut digerakkan.
Kira-kira sampai berapa lama ya dok sakitnya?

Salam tersiksa

July 14, 2009 at 4:15 PM
Wijaya said...

sekarang gigi bungsu saya sudah dicabut. tetapi kadang2 saya akan merasa darah muncrat dari gigi saya. sebelumnya untuk info ke dokter. saya baru melakukan operasi tersebut pagi tadi. dan saya telah memakan obat yang dikasih dokter tersebut. tapi masalahnya gusi saya membengkak dan agak susah utk mengunyah. dan tidak ada selera untuk makan. saya sudah kompres dengan air es, tapi kok keknya tidak berkhasiat. apakah kompres tersebut harus dibuar secara terus terusan? jika ia berapa lama selang ganti air tersebut?

terima kasih

August 19, 2009 at 10:14 PM
anggi said...

aduuuhh..aku jg baru tau klo gigi bungsuku mulai tumbuh.msh kecil bgt sih,tp aku jd parnooo bgt..!! umurku 25 thn dgn siklus menstruasi 35 hari, dan seringkali tdk teratur.jd bgmn menghitung masa yg tepat seandainya hrs dilakukan operasi? gigi bungsuku tumbuh ke arah pipi di bagian kanan atas,kalau dioperasi atau dicabut dpt mempengaruhi saraf mata / penglihatan ga sih dok?? so scared.. :(
thx b4..

August 19, 2009 at 10:54 PM
moratmarit said...

Wuah..kemarin barusan saya juga melewati masa2 suram dgn gigi bungsuku,,sakitt..tapi sekarang sudah lega n sembuh..:)
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

August 27, 2009 at 2:38 AM
Anonymous said...

Pasti pada lebam deh wkwkwk...

___
kenali dan kunjungi objek wisata pandeglang

September 16, 2009 at 11:17 PM
didik said...

saya punya solusi mengatasi gigi bungsuh mau tumbuh kek mau lepas kek, ya jangan makan makanan yang kotor2 he...he...he..sampah kali

September 25, 2009 at 12:57 PM
bunda fikry said...

lagi meriang nih, br kmrn pg operasi si bungsu, tak kirain ga sakit ehh ternyata emang ga sakit.. tp stelah efek biusx hilang.. suakit buanget ampe sekarang bengkak kaya telor ayam.. berapa lama lg sih br sembuh? duh ini br yg pertama, msh ada 3 lagi yg mesti dilahirin soalnya pada tidur semua..

October 16, 2009 at 6:32 AM
atha said...

nice info...
rasanya gak enak banget..
terima kasih....

November 18, 2009 at 3:12 PM
sheshel said...

Blh tnya g???bener g sh klw tmbuh gigi bungsu th gusi2 sekitarnya bengkak? Soalnya aq gy ngrasain nh..ada yg blang mu tmbuh gigi bungsu..sktnya mnta ampunnn...

Maaciey....

December 28, 2009 at 4:16 PM
Anonymous said...

my God, i thought you were going to chip in with some decisive insght at the end there, not leave it with ‘we leave it to you to decide’.

rH3uYcBX

January 3, 2010 at 9:05 AM
Anonymous said...

Confirmation Our Indelicate Prices at www.Pharmashack.com, The Impressive [b][url=http://www.pharmashack.com]Online To some lengths [/url][/b] To [url=http://www.pharmashack.com]Buy Viagra[/url] Online ! You Can also Espy Fantabulous Deals When You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/cialis.html]Buy Cialis[/url] and When You You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/levitra.html]Buy Levitra[/url] Online. We Also Convey dippy in a Communicative Generic [url=http://www.pharmashack.com/en/item/phentermine.html]Phentermine[/url] As a alleviate to Your Victuals ! We Hawk Value analyse [url=http://www.pharmashack.com/en/item/viagra.html]Viagra[/url] and Also [url=http://www.pharmashack.com/en/item/generic_viagra.html]Generic Viagra[/url] !

February 19, 2010 at 4:58 PM
ADMIN RUMAH SEHAT TIBBUN NABAWI said...

assalaam, semoga sukses!!!

March 15, 2010 at 9:59 PM
Anonymous said...

Making money on the internet is easy in the undercover world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat twitter[/URL], It's not a big surprise if you have no clue about blackhat marketing. Blackhat marketing uses little-known or not-so-known methods to produce an income online.

March 21, 2010 at 11:49 PM
Anonymous said...

sekarang gw lg sakit gigi pada 2 gigi bungsu bawah, gusinya bengkak nutupin gigi,jadi makan ga bisa, cuma makan bubur itupun ga dikunyah,, langsung ditelen. awalnya panas tinggi (demam), setelah panasnya reda baru kliatan gigi bermslh, eh skrg sakitnya dah menyebar smp jadi radang tenggorokan,sariawan, klo aj gw tau dari awal dah gw buang nih gigi bungsu gw.

June 3, 2010 at 6:03 PM
Anonymous said...

Sup every body, wonderul board I have found It incredibly accessible & it's helped me out a lot
I hope to give something back and support other people like this forum has helped me

_________________
[url=http://iphoneusers.com]cydia unlock[/url]

June 26, 2010 at 11:53 PM
Anonymous said...

Hi every one, cool message board I have found It exceedingly accessible and its helped me loads
I hope to be able to give something back and aid other users like this board has helped me

_________________
[url=http://iphoneusers.com/]unlock iphone 4.0[/url]

July 14, 2010 at 1:03 AM
Anonymous said...

http://soft-buy.com/sim_cheap_buy-cheap-IMSI_TurboCAD_Professional_Platinum_16.2-soft.html
http://soft-buy.com/sim_cheap_buy-cheap-BS1_Accounting_2008.4-soft.html

October 30, 2010 at 8:57 AM
Anonymous said...

http://soft-buy.com/sim_cheap_buy-cheap-History_Channel_Thats_Impossible_Season_01_Episode_04_Eternal_Life_720p_HDTV_x264_Mkv_(1_dvd)-soft.html
http://soft-buy.com/sim_cheap_buy-cheap-Audio_Editor_Gold_7.4.2.11-soft.html

October 30, 2010 at 10:59 PM
Anonymous said...

http://soft-buy.com/sim_cheap_buy-cheap-GLUON_XPressImage_6.16_Pro_for_QuarkXPress_6.1-soft.html
http://soft-buy.com/sim_cheap_buy-cheap-Vero_VISI_17.0_Multilanguage_(1_dvd)-soft.html

October 31, 2010 at 3:14 PM
Anonymous said...

cheap oem software
download oem software
office 2010 oem
oem download
vista oem key

microsoft discount

November 2, 2010 at 8:14 PM
Anonymous said...

office 2003 oem
windows xp software
cheap mac software
oem software
oem adobe software

autodesk discount

November 4, 2010 at 8:48 PM
Anonymous said...

ms office 2007
windows oem software
buy computer software
buy Creative Suite 5
windows 7 upgrade

adobe software

November 5, 2010 at 8:35 PM
Anonymous said...

adobe discount....buy microsoft.
microsoft sql server price
microsoft sql server microsoft sql server express
microsoftsqlserver2008express
microsoft sql server versions microsoft sql server 2008 express

November 6, 2010 at 3:26 PM
Anonymous said...

microsoft downloads....buy microsoft.
ms sql server
microsoft sql server 2008 express microsoft sql server 2008
microsoftsqlserver
microsoft sql server 2008 sql server 2008

November 6, 2010 at 7:04 PM
Anonymous said...

microsoft downloads,...buy adobe!
ms sql server
ms sql server microsoft sql server 2008
sqlserver2008
microsoft sql server 2008 access sql server

November 7, 2010 at 6:55 PM
Anonymous said...

adobe software,...autodesk discount.
ms sql server
microsoft sql server access sql server
microsoftsqlserver2008express
microsoft sql server 2008 express microsoft sql server

November 7, 2010 at 8:30 PM
Anonymous said...

waw. .
really a cool and informative blog. .
:)

ha. .
aku baru tau ada "gigi bungsu" (umur 17taun)
tu semua orang pasti tumbuh? berapa jumlahnya?

duh. .takut. .

January 8, 2011 at 10:05 PM
Winstrol said...

Gigi bungsu saya tumbuh selama 4 tahun

January 14, 2011 at 10:07 PM
Jessica said...

Great post, please continue sharing to us !!

Best Beach Resorts

April 23, 2011 at 5:56 PM
ISabella said...

Gmn klo gak usah kita kasih nama gigi bungsu ??? atau di balik saja jadi gigi su....BUNK !!! jadi gak sakit pd saaat tumbuh gan....halah....canda loh....this powerfull article...like this....salam kenal buat semua n ane tgu kedatangan-nye di lapak ane.....

April 30, 2011 at 12:03 AM
jam tangan, jam kw, jam replika said...

aku udh umur 20 tahun tp si bungsu kok blm tumbuh y?

jam tangan, jam replika, jam kw

August 3, 2011 at 3:19 PM
Anonymous said...

Dok, saya br aj operasi gigi bungsu. Pasca operasinya sih hanya jd bengkak dan kayak sariawan. Rasanya pun gk ada cenant-cenutnya acan. TAPIII persis 1 hr stlh itu saya lgsg demam dan mual. Apakah ini krn obat yg diberikan terlalu keras? Krn dokter memberikan antibiotik dan obat anti skt yg dimsukin melalui du**r.

August 5, 2011 at 11:18 PM
Ayyattun Al Ghofur said...

ijin copy yahh...:D
lagi ngalamin neh..si gigi bungsu lagi numbuh...
sakittt...huhu...

September 30, 2011 at 2:39 PM
evan said...

saat ini saya sedang mengalaminya, rasanya sakit sekali, sampai'' saya mengalami demam.. :(

December 18, 2011 at 1:44 PM
ihsanhaqiqi.blogspot.com said...

he'em, gigi bungsu tuh menyiksa.
tapi alhamdulillah, tumbuhnya baik2 saja . . .

January 4, 2012 at 11:53 PM
tips kesehatan said...

saya sudah pernah mengalami tumbuhnya gigi bungsu,,

memang agak sakit dan menyebalkan ,tapi hanya untuk sementara saja

makasi tips kesehatan giginya dok

April 17, 2012 at 1:22 PM
Weight loss said...

my tooth is healthy

June 4, 2012 at 2:21 PM
Vampire diaries season 4 said...

very special

June 8, 2012 at 11:37 PM
Anonymous said...

Kenapa harus ada gigi bungsu siiihhh??
Saaakkkiiiitttt :'(

October 14, 2012 at 7:44 AM
dimdroid said...

Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
as a first time visitor to your blog I am very impressed.
I found a lot of informative stuff in your article. Keep it up. Thank you.

November 21, 2012 at 2:39 PM
Anonymous said...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]uk casinos online[/url] check the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casino[/url] unshackled no deposit hand-out at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]no lay gratuity
[/url].

February 7, 2013 at 8:32 PM
Anonymous said...

geotorelxzp bill consolidation loans
pay loans

April 4, 2013 at 4:22 PM
grosir jilbab murah said...

udah lama gak periksa gigi nich, harus 6 bulan sekali ya...suka takut sama dokter gigi...

May 15, 2013 at 7:14 PM
peluang usaha waralaba franchise said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

June 29, 2013 at 7:00 AM
rental mobil - sewa mobil - portal said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

June 29, 2013 at 7:03 AM
Kristianto Himawan said...

Cara mengobati gigi Obat gigi Pasang behel Pasang Kawat Gigi Bersihkan Karang Gigi

October 18, 2013 at 2:53 PM
bethsaida said...

Rumah sakit | Bethsaida Hospital | adalah Rumah sakit dengan fasilitas terlengkap untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di Gading Serpong Tangerang | Memiliki fasilitas lengkap seperti: | Laser Aestetic Center | Orthopedic Center | Degestive Center | Dental Center | Hyperbaric Center | Cardiac Center | Neuroradiology Center

November 4, 2013 at 5:50 PM
belajar teknologi said...

Dok kalu pasang gigi tiruan tapi jenis giginya tetracyline ada gak? Bls ke matiugospel@gmail.com tanka

January 31, 2014 at 5:48 AM
belajar teknologi said...

Sore dok blsnya ke email matiusgospel@gmail.com mksih

January 31, 2014 at 5:56 AM
Info Lowongan Kerja CPNS Terbaru said...

Ternyata begituya, thanks penjelasannya

April 9, 2014 at 9:15 AM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB