10 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Kesehatan Gigi - Assalamualaikum dan salam sejahtrah buat para penghuni Dumay. Kesempatan kali ini saya bakalan bahas tentang bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang. Anw udah tau gak sih pengertian Sakit gigi itu apa.?? Sakit gigi yaitu sakit pada bagian yang ada disekitar gigi dan penyebabnya itu karena masalah pada gigi dan rahang, misalnya gigi berlubang, gusi bengkak atau penyakit rahang, dan lain - lainnya.

Anw, perlu sahabat dokter mengetahui kalau Sakit gigi itu merupakan gejala jantung, dan angina. Sakit gigi juga bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Kita tidak boleh meremehkan penyakit yang satu ini, tetapi ada juga loh cara yang efektif ngobatin sakit gigi kalian, yang bisa dilakukan di rumah.

      Ketahui 10 cara mengobati sakit gigi berlubang     

Ilustrasi Mengalami Sakit Gigi Berlubang
Kira-kira Apa Penyebab Gigi Berlubang?

 1  Cara menyikat gigi yang salah

Bicara tentang sikat gigi, pasti rata-rata orang menganggap kegiatan ini mudah dilakukan, tapi ternyata kebanyakan dari mereka masih salah melakukannya. Sebuah penelitian mengatakan waktu menyikat gigi yang baik berkisar antara 1 menit sampai 2 menit. Jadi dalam menggosok gigi ini kita mesti mengusahakan untuk menyikat gigi dengan cara memutar-mutar dan untuk lebih maksimal menyikat giginya depan cermin biar keliatan sisa sisa makanan yang ada disela-sela gigi. Ada lagi nih.., setelah mengkonsumsi minuman berenergi, bersoda,dan asam lainnya, jangan langsung menyikat gigi. Karena menyikat gigi bisa menyebabkan zat asam tersebut tersebar merata di semua gigi. Jadi berkumur-kumur aja dulu biar bakterinya yang ada ilang, baru deh sikat giginya .
 2  Frekuensi yang jarang

Biasanya Sikat gigi dilakuka setiap kali mandi secara rutin. dua kali dalam sehari adalah angka minimal untuk menyikat gigi. Tau gak sih..Jarang menyikat gigi dapat mengakibatkan gigi mengalami kerusakan permanen dan gigi lebih rapuh. Makadari itu untuk mendapatkan hasil maksimal, jadi frekuensi sikat gigi yang lebih sering akan meminimalisir pertumbuhan bakteri pada gigi and menjaga kebersihan gigi .maka dari itu mari biasain untuk sikat gigi 15 menit setelah makan dan sebelum tidur.

 3  Alat yang digunakan

Bicara soal alat yang digunakan , Gigi geraham adalah gigi yang paling sering bermasalah, karena terletak di belakang dan membuatnya agak sulit terjangkau oleh sikat gigi. Bentuk mulut juga berpengaruh. Bentuk mulut yang cenderung menyempit di bagian belakang juga akan mempersulit pembersihannya, belum lagi jika bentuk kepala sikat gigi yang cenderung besar.

 4  Makanan terlalu manis

Bahas maslah manis siapa sih yang gak suka..?? tapi tau gak sih gula adalah salah zat yang menjadi penyebab gigi mudah berlubang. Jadi usahakan zat gula yang masih tersisa di sela-sela gigi di besihkan kerena akan menjadi penyebab gigi berlubang. Kurangilah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu yang banyak mengandung gula.

Apa yang Harus dilakukan untuk mengobati sakit Gigi yang Berlubang? 

 1  Membersihkan Mulut / Gigi
Membersihkan Mulut dan Gigi

Bakteri adalah penyebab utama sakit gigi karena bakteri dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Jadi jangan lupa or malas untuk membersihkan mulut terutama setalah kalian selesai makan.

 2  Jeruk Nipis
Jeruk Nipis untuk sakit gigi

Jeruk nipis juga obat loh. caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. Vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi belubang

 3  Garam
Garam untuk sakit gigi

Ternyata dibalik rasa asin pada garam ada kandungan yodium yang ternyata bisa meringankan ngilu pada gigi. Gini nih caranya, larutkan garam dalam segelas air mineral hangat kemudian Aduk, abis itu gunakan sebagai mouthwash sampai kalian merasa cukup nyaman dan gak terlalu tersiksa karena rasa sakit gigi. Tapi, kalian gak dianjurkan langsung mengunyah garamnya, karena penyebarannya tidak sampai pada sela -sela gigi.

 4  Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh untuk sakit gigi

Caranya Ambil beberapa buah belimbing wuluh Cuci bersih, kedian makan dengan menggunakan garam. Kunyah perlahan dengan menggunakan gigi yang sakit.

 5  Cengkeh
Garam untuk sakit gigi

Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi karena Cengkeh ini memiliki anti - inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelin pada gigi yang sakit. kalian juga bisa campurin beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur.

 6  Bawang putih
Bawang putih untuk sakit gigi

Bawang putih yang memiliki sifat antibiotik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya ambil satu siung bawang putih tumbuk sampai halus, tambahkan garam dan oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Ulangi perawatan ini sampai beberapa hari .

 7  Bawang merah
Bawang merah untuk sakit gigi

Kita lanjut ke Bawang merah yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang ternyata bisa untuk mengontrol sakit gigi. caranya Ambil satu siung bawang merah mentah terus mengunyahnya sempai beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi ilang. Tapi jika kalian gak bisa mengunyah, gosokin ajah pada gigi yang sakit. Ini akan membant membunuh bakteri di mulut penyebab infeksi.

 8  Daun jambu biji
Daun jambu biji untuk sakit gigi

Daun jambu biji ternyata juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya kalian cukup Kunyah satu atau dua lembar . terus gosokkin pada gigi yang sakit Atau bisa juga masak dan tambahakan garam sampai mendidih 4-5 daun jambu biji pada segelas air..

 9  Lada
Lada untuk sakit gigi

Lada akan Obat sangat berguna ketika gigi sangat sensitif. caranya Ambil merica dan garam dengan jumah yang sama terus campurkan beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Lalu Oleskan pasta langsung pada gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Kalau perlu Ulangi kegiatan ini setiap hari hingga beberapa hari hingga sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang berkurang.

 10  Menggunakan Biji Asam Jawa
Biji Asam Jawa untuk sakit gigi

Untuk biji asam jawa ini , cukup kalian sangrai bijinya, lalu haluskan sampai sehalus halusnya. kemudian oleskan pada bagian gigi anda yang sakit.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Gigi Lainnya :

Seperti itulah 10 cara alami mengobati sakit gigi berlubang dalam cara sederhananya. And inget yah, cara diatas cuman pengobatan sementara yang dapat kalian lakuin untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Untuk lebih serius check up kedokter gigi terdekat.

65 Responses to "10 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami"

  1. Berkumur dengan air garam, redakan panas dalam terus jaga kebersihan mulut.. terimakasih atas postnya, jadi semakin tahu

    ReplyDelete
  2. Wah jadi tambah ngerti nih khasiat2nya
    Makasih gan infonya

    ReplyDelete
  3. Sebaiknya konsumsi makanan berbahan gula tinggi jangan menjelang tidur karena berdampak kurang bagus untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  4. makasih gan resepnya..oke banget.

    ReplyDelete
  5. Mantap pas pas lagi sakit gigi sambil salto sangking nyeri nya

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Gmn caranya di apakan bawang putihnya saya lagi sakit gigi parahbpakai obat pun tidak mempan

      Delete
    2. Bawang putih yang memiliki sifat antibiotik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya ambil satu siung bawang putih tumbuk sampai halus, tambahkan garam dan oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Ulangi perawatan ini sampai beberapa hari .

      Delete
  7. mantab,,, jadi nambah nih pengetahuan ane.

    ReplyDelete
  8. Mantap gan...
    Saya lg sakit gigi nih...
    Patut dicoba.

    ReplyDelete
  9. kbetulan sya lg skit gigi.. dan udah sya coba trnyata hasilnya manjur. thanks admin postingannya bermanfaat sekali 😊

    ReplyDelete
  10. thx infonnya, sangat membantu dalam meredakan sakit gigi | and95

    ReplyDelete
  11. sya lg kena juga nih, gara2 ny jarang sikat gigi n sering bnget mkan yg dingin2 ama panas2.
    yang mw sya tnyakan, baik ny gigi sya cabut atw tambal yah? soalny nyeri ny sampe ke kpala sya...
    Thx

    ReplyDelete
  12. Saya sering sakit gigi, info ini sangat bermanfaat, bisa mentasinya gigi saya sedang sakit. Terma kasih infonya sob

    ReplyDelete
  13. wahhhh info nya sangat menarik, semoga bermanfaat untuk kita semuaaa

    ReplyDelete
  14. Gigi geraham sy berlubang dan srg sakit. Gmna cara menaggulanginya ya? Tks..

    ReplyDelete
  15. Makasih dok, semoga bisa membantu sy lg sakit gigi...

    ReplyDelete
  16. Saya pernah pakai bawang putih, dan alhamdulillah berhasil.

    ReplyDelete
  17. Terima kasih…infonya bagus dan sangat bermanfaat
    SALAM SUKSES..!!

    ReplyDelete
  18. Ok banget... sekrng say baru baca bloknya, setelah sakit gigi, thanks

    ReplyDelete
  19. terimakasih informasinya ,,Sangat brrmanfaat :)

    ReplyDelete
  20. tq resep nya dok.. udah dicoba manjur

    ReplyDelete
  21. trimksh ini sngt bermanfaat...smg di balas kbaikan olehNya

    ReplyDelete
  22. Makasih buat info'y, sangat brmanfaat :-)

    ReplyDelete
  23. Kumur kumur pakai garam, luamayan meredakan sakit gigi :D tq tips nya

    ReplyDelete
  24. wah sangat bermanfaat banget ni gan, , , :D

    ReplyDelete
  25. wakh sakit gigi bikin ter siksa..........

    ReplyDelete
  26. Makasih atas infonya... tadi saya skit gigi. Skit bngeettt.. tapi pas nguyah bawang skit nya jdi reda

    ReplyDelete
  27. Banyak cara ternyata untuk menyembuhkan sakit gigi ini ya , penjelasannya cukup lengkap dengan di jelaskan bagaimana cara menyembuhkannya , terimakasih

    ReplyDelete
  28. saya memiliki asam lambung yang tidak bisa makan makanan asam, cara yag paling tepat untuk saya apa?

    ReplyDelete
  29. iya itu informasi betul banget gan ehehhe

    ReplyDelete
  30. bwang putih dg garam linu kah yg sdh pernah? setiap makan gigi sy yg brlubang sakit linu sekali sakit sampai tdk bs mengunyah..bgmn ya? d tambal sy takut linu..mhn saran

    ReplyDelete
  31. Sepertinya yang coment ini pada sakit giggi semuaa .. samaa saya jugaa .. hikss ..

    ReplyDelete
  32. Lantaran sakiiit skali, tidak bs lg sy coment.

    ReplyDelete
  33. Mkasih bt infonya, dh 2hr skit gigi...mg efektif.

    ReplyDelete
  34. Terimakasih infonya... kebetulan saya jg lg sakit gigi.. nyeri bget sampe kekepala sakitny huhu 😢

    ReplyDelete
  35. terimakasih untuk infonya semoga dapat membantu

    ReplyDelete
  36. barusan nyoba yg make air anget sama garem, langsung berkurang nyerinya, wih ajib ��

    ReplyDelete
  37. Ok, makasih infonya... lumayan ampuh ngurangin nyeri giginyaa, untuk tindak lanjut ke dokter deh..

    ReplyDelete
  38. Untuk biaya tambal gigi yang udah berlubang separuh kira kira berapa ya..adakah yang sudah pernah??

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah......
    walau terlambat akhirnya ktemu disini...
    sebelumnya dr kecil q uda akrap dg sakit gigi.
    ..
    semoga tulisan ini dicatat amal oleh malaikat rokib

    ReplyDelete
  40. Gigi susu saya berlubang nyeri banget sudah smninggu nyerinya susah tidur jadinya. Minta saran yang udah trbukti dong .mksh

    ReplyDelete
  41. saya mah aneh. si gigi berlubang kalo lagi tiduran kerasa nyut nyutan kalo lg gak tiduran ga kerasa. tolong sarannya plisss

    ReplyDelete