8 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

Gigi dan Mulut - Cara menghilangkan karang gigi banyak diburu oleh masyarakat. Karang gigi adalah salah satu masalah pada gigi yang tak bisa Anda entengkan begitu saja. Mungkin, ketika karang hanya sedikit, Anda masih bisa menyembunyikannya. Lalu bagaimana jika karang gigi tersebut terus menumpuk di gigi Anda? Apa yang akan terjadi pada gigi Anda? Ya, gigi pastinya sudah tak nampak indah karena bekas makanan yang sudah berwarna kuning atau bahkan hitam akan membordir gigi Anda
.
Belum lagi, semakin lama karang gigi tersebut juga dapat menggerogoti gigi hingga gigi gampang keropos dan rusak. Untuk itu, Anda sebaiknya menyimak informasi tentang tips menghilangkan karang gigi dibawah ini.

      Ketahui 8 Tips Mudah Menghilangkan Karang Gigi      

cara menghilangkan karang gigi
Ilustrasi Menghilangkan Karang Gigi

Pertama - Tama Ketahui Penyebab Utama Munculnya Karang Gigi

Karang gigi tentunya hal yang sangat membuat kita tidak nyaman. Semua orang berpotensi memiliki karang gigi. Penyebabnya juga sangatlah umum, sebab karang gigi bisa timbul oleh adanya sisa makanan pada gigi kita. Jika sisa makanan itu tinggal lama dan tidak segera dibersihkan lama kelamaan akan menyebabkan terbentuknya karang gigi. Sisa mkanan tadi sebenarnya berubah menjadi keras akbiat adanya airliur yang mengandung mineral. Sehingga tejadinya pengerasan pada gigi anda dan berbentuk karang yang keras atau sedimentasi. Hal itu membuat gigi anda menjadi tidak sehat dan biasanya membuat bau yang kurang sedap pada mulut anda.
ADVERTISEMENT

Berikut 8 Cara Alami Menghilangkan karang Gigi dengan Cepat dan Mudah

 1  Rajin Menggosok Gigi
Rajin Menggosok Gigi

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Rutin menyikat gigi memang memiliki banyak manfaat, baik bagi mulut ataupun gigi. Dengan rajin menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi akan mudah dibersihkan. Jadi, sisa-sisa makanan tersebut tak akan menumpuk pada gigi. Agar karang gigi menghilang, sebaiknya Anda menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari. Anda juga bisa menyikat gigi Anda setelah Anda mengkonsumsi makanan. Cara menggosok gigi, Anda hanya perlu menyikat gigi dari atas ke bawah. Tak usah keras-keras, yang penting sisa-sisa makanan bisa terangkat dari gigi Anda.


 2  Menggunakan Pasta Gigi Khusus
Pasta Gigi Khusus

pasta gigi merupakan faktor yang menentukan juga dalam membersihkan karang gigi. Pilihlah pasta gigi yang tepat untuk membersihkan karang gigi seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Sebab kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi anda.


 3  Flossing
Flossing

Flossing merupakan salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karang gigi juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi dan mulut. Oleh karena itu dengan menggunakan flossing maka sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan.


 4  Mengkonsumsi Apel
Apel

Cara menghilangkan karang gigi yang mungkin tak akan merepotkan Anda adalah memakan apel. Ya, buah apel ini memang banyak berguna bagi tubuh Anda. Jika biasanya Anda hanya tahu buah apel hanya untuk menu diet, kini Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan karang gigi. Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.

 5  Mengkonsumsi Melon
Melon

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga.


 6  Minum Air Putih
Minum Air Putih

Cara menghilangkan karang gigi yang lebih sederhana adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih.


 7  Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula dan Tepung
Gula dan Tepung

Cara menghilangkan karang gigi bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan karang gigi. Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulkannya karang pada gigi. Apalagi jika Anda sangat malas membersihkan gigi Anda setelah mengkonsumsi makanan tersebut, tentu plak akan sangat cepat muncul dan menumpuk pada gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung mulai sekarang!

 8  Memeriksakan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali
Memeriksakan Gigi

Kebanyakan orang biasanya hanya mengunjungi dokter gigi ketika terjadi masalah pada giginya. Jarang sekali orang yang datang untuk berkonsultasi saat gigi dalam keadaan sehat. Itulah sebabnya, ketika plak gigi muncul, kebanyakan orang tak menyadari kemunculannya. Padahal, dokter telah menyarankan untuk pergi memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut perlu dilakukan agar saat gigi mengalami gangguan, dokter bisa dengan mudah mengatasinya. Atau, ketika plak gigi sudah mulai muncul, dokter gigi bisa dengan mudah membersihkannya. 
Seperti itulah informasi tentang cara menghilangkan karang gigi . Semoga dengan tips diatas karang gigi yang dapat membuat gigi rusak dan infeksi pada gusi data teratasi dengan cepat.

19 Responses to "8 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi"