Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Pertumbuhan Gigi Susu

Sebelumnya saya mohon maaf karena baru sempat posting, akhir-akhir ini saya agak sibuk dan jarang ngeblog. Mudah-mudahan tidak mengecewakan yah :). kepada mas Ysugiri (www.ysugiri.blogspot.com)yang menunggu postingannya mohon maaf mas.
Sesuai dengan pertanyaan mas ysugiri saya akan membahas tentang pertumbuhan gigi susu, beberapa orang tua pastinya khawatir akan terlambatnya pertumbuhan gigi susu buah hatinya namun tidak perlu khawatir karena memang tidak semua anak sama untuk pertumbuhan giginya.

Pada dasarnya erupsi atau keluarnya gigi susu pertama terjadi di usia 6-8 bulan. Umumnya diawali oleh keluarnya gigi seri tengah bawah, lalu secara berurutan gigi seri tengah atas, gigi seri lateral atas dan gigi seri lateral bawah, geraham susu pertama, gigi taring dan geraham susu kedua. Tapi erupsinya tak sekaligus, melainkan satu per satu dan kadang ada juga yang sepasang-sepasang. Umumnya ketika anak berusia 1 tahun mempunyai 6-8 gigi susu (tapi kadang ada juga yang hanya 2 gigi walaupun tanpa disertai keluhan pertumbuhan) dan akan menjadi lengkap berjumlah 20 gigi susu (4 gigi seri atas-bawah, 2 gigi taring kanan-kiri di atas-bawah, dan 4 geraham kiri-kanan di atas-bawah) pada usia 18 bulan atau 2 tahun. Kendati erupsi gigi pertama terjadi pada usia 6-8 bulan, namun masih belum bisa dikatakan terlambat apabila di atas usia tersebut belum juga keluar gigi pertama. Karena, normalnya erupsi gigi terjadi pada usia 6-12 bulan. Lain halnya bila si anak sudah berusia lebih dari setahun tapi belum juga terjadi erupsi gigi, maka perlu diketahui penyebabnya, ini apa bila anak belum sama sekali tumbuh giginya.
Kemungkinan keterlambatan itu karena ada kelainan pertumbuhan gigi atau pertumbuhan gigi yang tak sempurna. Misalnya, anak tidak mempunyai benih gigi, sehingga ditunggu sampai usia berapa pun tak akan ada erupsi. Tentunya kelainan ini akan tetap berlanjut sampai dewasa, ia tak akan mempunyai gigi kecuali bila dibuatkan gigi susu. Tapi faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan pertumbuhan ini tidak diketahui secara pasti dan bukan diakibatkan kekurangan suatu zat tertentu. Diduga, kelainan ini hanya ada pada daerah-daerah tertentu. Ada juga ditemui kasus yang dikarenakan perkawinan, misalnya, keturunan suatu keluarga. Sementara erupsi gigi yang terjadi lebih dini juga dikatakan kelainan pertumbuhan. karena seharusnya erupsi gigi itu menurut normal perkembangannya. Jadi kalau di luar normal perkembangannya, maka dikatakan ada kelainan.
Erupsi gigi susu yang terjadi lebih dini termasuk kelainan pertumbuhan
dan perkembangan gigi. Contohnya, bayi yang pada saat lahir sudah
memiliki gigi (istilahnya gigi natal). Tumbuhnya tidak tentu, di bagian
depan atas atau bawah tapi jarang di bagian belakang. Banyaknya satu
buah. Ada juga erupsi gigi dini yang terjadi baru pada bulan pertama
setelah kelahiran (istilahnya gigi neonatal). Pada kasus keduanya, belum
tentu bayi mengalami gejala sakit tumbuh gigi.
Tapi tak semua gigi yang erupsinya lebih dini adalah betul-betul gigi dengan memiliki akar gigi. Ada juga yang bukan gigi betulan tapi semacam epitel atau tonjolan dari gusi yang keras seperti gigi tapi tak ada akarnya.
Nah, pada kasus ini mesti dilihat apakah mengganggu atau tidak. Kalau dianggap mengganggu, maka mesti dibuang. Tapi kalau tidak, ya, tak apa-apa. Yang dimaksud mengganggu, misalnya, gigi tersebut goyang karena memang belum mantap, sehingga si bayi merasa sakit dan membuatnya rewel. Tentunya kalau gigi tersebut goyang dikhawatirkan akan lepas sendiri sehingga bila tertelan oleh si bayi. Jadi, harus dicabut. Begitupun bila sang gigi membahayakan si ibu pada saat menyusui. Karena gigi tersebut tajam dan akan membahayakan puting susu karena luka gigitan.

Beberapa gejala pada anak pada saat giginya tumbuh (erupsi):

* Gatal pada gusi

Ini paling sering dialami. Rasa gatal ini membuat anak sering menggigit
benda yang dipegangnya. Untuk mengatasinya berikan biskuit bayi yang
agak keras tapi akan hancur terkena air liur, sehingga tidak
membahayakan. Atau bisa juga diberi mainan khusus bayi untuk
digigit-gigit yang aman dari zat beracun.

* Rewel

Keadaan gatal pada gusi membuat bayi merasa tak nyaman. Akibatnya bayi
yang baru tumbuh gigi hampir selalu rewel.

* Gusi tampak kemerahan

* Tidak nafsu makan

Perasaan tak enak di mulut karena tumbuh gigi bisa membuat anak malas
makan atau mengunyah. Meski demikian anak tetap harus makan.

* Demam

Biasanya tidak sampai demam tinggi. Bila demamnya cukup tinggi, bawalah
anak ke dokter untuk mengecek apakah demamnya memang disebabkan akan
tumbuh gigi atau ada penyebab lain.


GIGI TETAP

Gigi tetap pertama biasanya muncul di usia 6 tahunan. Oleh karenanya,
paling baik kalau gigi susu tanggal ketika gigi tetap penggantinya sudah
teraba atau terlihat. Gigi susu harus dipertahankan karena merupakan
penuntun erupsi bagi gigi tetap. Jika gigi susu copot sebelum waktunya
gigi tetap keluar, maka gigi geligi “tetangganya” akan bergeser mengisi
sebagian kavling yang kosong. Akibatnya, gigi tetap tumbuh tidak pada
tempatnya alias berantakan.

13 komentar:

ysugiri said...

Terima kasih Mas Gigi, atas dibuatnya artikel ini benar-benar bermanfaat bagi-ku. Ucapan apa lagi ya yang patut disampaikan. Pokoke Mas Baik hatilah. Soalnya aku kadang kwatir jika ada sesuatu yang tidak beres dengan anak.

March 5, 2008 at 6:59 PM
ysugiri said...

Terima kasih Mas Gigi Sehat

Artikel ini benar-benar bermanfaat bagi saya karena membuat kita jadi mengerti tentang pertumbuhan berikut efek yang mungkin terjadi. POkoknya Mas Baik hati deh, mau memberikan ilmu untuk sesama. Tks ya sekali lagi

March 5, 2008 at 7:02 PM
Asmi said...

Awalnya saya mencari artikel ini karena gigi geraham anak saya yang bersebelahan dengan gigiseri sudah patah. Takutnya gigi pengganti tidak ada. Saya mengira gigi susu itu cuma berlaku untuk gigi seri, ternyata berlaku juga untuk gigi geraham. Terima kasih atas artikelnya, karena biar bagaimanapun saya menginginkan gigi anak saya tumbuh bagus agar nantinya selain untuk kesehatannya juga untuk memasuki dunia kerja yang mengharuskan giginya lengkap dapat terpenuhi.

August 6, 2008 at 1:30 PM
Kesehatan Gigi said...

terima kasih sudah berkenan berkunjung saya sangat mengharapkan masukan dan komentarnya. senang rasanya bisa membantu. untuk mba asmi sebaiknya gigi anaknya dijaga agar kekawatiran yang mba asmi rasakan tidak terjadi. sekarang gigi memang sangat diperhatikan untuk beberapa pekerjaan tertentu.

August 7, 2008 at 2:06 PM
Bunda Fia said...

Sy baru baca blog nya neh, ternyata informatif sekali. Anak saya berusia 4 tahun tapi gigi seri atasnya hanya 3 (2 ka 1 ki), bgmana dok, apakah tidak membahayakan untuk pertumbuhan gigi tetapnya kelak, memang dia agak terlambat pertumbuhan gigi susu pertama kali yi usia 15 bulan. Trims sebelumya atas jawabannya. Ditunggu.

September 21, 2008 at 9:56 AM
bunda vaya said...

terima kasih artikelnya dok, bagus. anak saya (1 th 8 bln) jatuh, dua gigi depannya patah. jadi, gumpil sedikit (tidak sampai 1/4 bagian). sebaiknya tidakan apa yang harus dilakukan ? terima kasih

September 22, 2008 at 3:45 PM
INDAH FASHION said...

Good info. thx
INDAH FASHION
ONLINE&OFFLINE SHOP
MENJUAL NEW BAJU HAMIL/BIG/MENYUSUI, BAJU DLM HAMIL / BIG SIZE(LINGERIE,KORSET,GURITA)&MENYUSUI,BAJU BAYI-ANAK2 (BALITA) BRANDED (CUBITUS,SNOPY,GARFIELD,DLL), GAUN WANITA,CELANA JEANS WANITA HARGA TERJANGKAU (<100RB JUGA ADA)
Bisa diantar ke seluruh dunia
INFO DETAIL
Web http://indahfashion.blogspot.com
e-mail sweetye_indah@yahoo.com
info kesehatan&gaya hidup : http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com
info keuangan :http://indahmoney.blogspot.com

November 20, 2008 at 3:52 PM
Efi_Andra said...

Ass. Perkenalkan saya Mama Andra, putra saya berusia 5th 10bln, gigi susunya masih lengkap. 2 minggu yg lalu saya dapatkan ada bakal gigi yg sudah tumbuh dibelakang gigi susu bawah. Saya bawa ke dokter gigi, dan disarankan untuk dicabut agar gigi yg baru tumbuh memiliki tempat. Lalu disarankan oleh dokter giginya untuk mencabut gigi susu bagian bawah disebelah kanannya minimal 2 minggu atau max 1 bln setelah pencabutan gigi yg pertama tsb krn diagnosa dokter gigi, bakal gigi tetap disebelahnya akan tumbuh juga. Awalnya saya masih ragu hingga sekarang sudah minggu ke-3 dari waktu pencabutan pertama. Saya temukan ada gusi yg sedikit bengkak, tidak sakit dan rada keras spt ada gigi yg mau keluar. Apakah gigi susu yg belum tanggal/goyah dan belum munculnya gigi tetap, tetap harus dicabut? saya mohon sarannya.

Terima kasih dan Wass.

April 13, 2009 at 6:50 PM
mind and soul said...

pak Gigi...anak saya yang nomer 2, berusia 11 bulan, beberapa hari lagi usia dia 1 tahun. Tapi gigi susu dia belum tumbuh sama sekali. Dari gusi gigi seri (atas bawah)nampak ada gembungan (seperti ada benihnya), namun belum tumbuh giginya. Tindakan yang sudah saya lakukan adalah me-massage kedua gusinya, karena siapa tahu bisa merangsang tumbuh gigi. Apa yang dapat saya lakukan selanjutnya? apakah saya perlu datang ke dokter gigi? Oya..sekedar info, anak pertama saya juga dulu tumbuh giginya lama, 11 bulan baru tumbuh gigi. Padahal asuoan kalsium sewaktu hamil selalu saya lakukan. Terima kasih dok

September 6, 2009 at 12:23 PM
Guest said...

Dok, mau tanya
di dinding pipi saya ada putih-putih semacam garis gitu dan membuat pipi terasa pegal.
Itu apa dan membahayakan tidak?
Jawab via Email aabala2@ymail.com ya dok.
Terima kasih

July 29, 2010 at 1:39 AM
Mu2t Maniez said...

pagi ini, kakakku syok gara2 gigi anaknya yang 6 Th goyang,,,,
mau tanya dong, gigi susu itu biasanya tanggal ketika umur berapa ya????

February 25, 2012 at 5:14 PM
Weight loss said...

sangat bermanfaat

June 4, 2012 at 2:33 PM
dimdroid said...

nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

November 21, 2012 at 2:31 PM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB