6 Dampak Negatif Menggunakan Tusuk Gigi yang Wajib Diketahui

Kesehatan Gigi - Saat anda makan di luar atau di warung makan salah satu alat yang biasanya disediakan adalah tusuk gigi. Bahkan biasanya seseorang menyediakan tusuk gigi di rumahnya agar bisa digunakan setelah makan. Berdasarkan fungsinya tusuk gigi digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang biasanya tersangkut pada gigi setelah makan. Anda kan sibuk mengorek-ngorek gigi anda saat setelah makan dengan menggunakan tusuk gigi.

Tusuk gigi yang anda gunakan sebenarnya bukan membantu membersihkan gigi anda, namun bahkan memberikan dampak negatif bahkan sangat buruk bagi kesehatan gigi anda. Anda harus tahu apakah dampak tersebut?

Dampak Negatif Menggunakan Tusuk Gigi

Inilah Hal yang Terjadi Jika Sering Menggunaka Tusuk Gigi


1. Menyebabkan abrasi

Gigi dan gusi yang sering dikorek menggunakan tusuk gigi akan menyebabkan abrasi pada gigi. Bahkan jika dilakukan terus menerus maka gigi serta gusi akan mengalami pendarahan hingga bengkak. Jika anda terus menghiraukan gejala saat gusi anda berdarah maka dampaknya akan lebih besar lagi pada kesehatan gigi anda.

2. Penyakit gusi

Saat anda menggunakan tusuk gigi dampaknya sebenarnya tidak hanya berlaku pada gigi saja. Namun hal ini akan berdampak langsung pada kesehatan gusi anda. Anda akan terkena beragam penyakit gusi yang sangat berbahaya dan berdampak pula pada kesehatan tubuh lain.

3. Kerapatan gigi melonggar

Secara tidak langsung kerapatan gigi anda tentunya akan berkurang jika sering mengorek sela-sela gigi anda dengan menggunakan sikat gigi. Saat kerapatan gigi berkurang maka potensi masuknya sisa makanan yang lebih besar akan bertambah pula. Hal ini secara otomatis membuat anda lagi dan ingin lagi menggunakan tusuk gigi.

4. Kerusakan enamel gigi

Kebiasaan menggunakan tusuk gigi biasanya dibarengi dengan menggigit kayu tusuk gigi itu. Kebiaasaan ini adalah sangat berbahaya karena akan mengurangi enamel gigi. Anda harus tahu apa itu enamel yaitu lapisan terluar gigi yang mengandung 5 persen air. Juga 95 persen norganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat), dan zt organik (protein serta mukopolisakarida). Enamel merupakan bagian paling kuat dalam tubuh manusia. Anda bisa membayangkan jika bagian terkuat ini sampai rusak. 

5. Posisi gusi berubah

Lebih parahnya lagi bahwa gigi dan gusi anda akan berubah posisinya saat anda terus menerus menggunakan tusuk gigi sebgai pembersih gigi anda dari sisa makanan. Oleh karena itu perubahan itu juga akan membuat gusi dan gigi anda buruk penampilannya.

6. Bau mulut

Nafas anda juga akan menjadi tidak sedap, sebab anda mengorek sisa makanan yang telah terkena bakteri dan menimbulkan bau yang kurang enak dicium. 
Itulah beberapa dampak negatif saat anda menggunakan tusuk gigi pada gigi anda setelah anda makan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Dampak Negatif Menggunakan Tusuk Gigi yang Wajib Diketahui"

Post a Comment