Ketahuilah Mengenai Implan Gigi Sebelum Melakukannya!

Kesehatan Gigi - Banyak orang menginginkan memiliki gigi yang indah dan teratur. Jika mereka memiliki gigi yang ompong dan tidak akan tumbuh lagi maka mereka akan mencari cara untuk memperbaikinya. Banyak orang mencari cara dengan menggunakan gigi palsu namun sebagian yang lainnya malah memilih resiko dengan melakukan implan gigi.

Apakah sebenarnya implan gigi? Implan gigi adalah berupa akar gigi buatan yang ditanamkan ke dalam rahang untuk menggantikan gigi yang tanggal dan berperan sebagai pengganti akar gigi yang hilang serta menahan gigi pengganti. Implan gigi juga terbagi atas beberapa jenis yang akan dijelaskan seperti di bawah ini.

Penjelasan Implan Gigi

Inilah Penjelasan Mengenai Implan Gigi


1. Endosteal (di tulang)

Endosteal merupakan jenis yang paling umum dilakukan. Setiap implan akan mampu untuk menahan satu atau lebih gigi palsu. Implan jenis ini mampu menggantikan fungsi akar gigi dan juga sangat aman diantara yang lain karena mampu dilepas.

2. Subperiosteal (pada tulang)

Lokasi implan ini adalah di atas rahang dengan menempatkan kerangka logam menonjol melalui gusi untuk menahan prostesis. Implan subperiosteal digunakan untuk pasien yang tidak mampu untuk memakai gigi palsu konvensional dan yang memiliki tinggi tulang minimal.

Prosedur Implan Gigi

Anda sebaiknya mengetahui bagaimana prosedur dari implan gigi sebelum melakukannya. Semuanya bergantung dari jenis implan gigi yang anda akan gunakan.

A. Mengganti satu gigi

Jika Anda kehilangan satu gigi, satu implan dan mahkota dapat menggantikannya.

B. Mengganti beberapa gigi

Jika Anda kehilangan beberapa gigi, jembatan implan pendukung dapat menggantikannya.

C. Mengganti semua gigi

Jika Anda kehilangan semua gigi, jembatan implan penuh atau gigi tiruan penuh dapat menggantikannya.

4. Sinus augmentasi

Kunci keberhasilan implan adalah kuantitas dan kualitas tulang di mana implan ditempatkan. Secara tradisional, rahang adalah salah satu daerah yang paling sulit untuk ditempatkan implan karena jumlah tulang yang tidak mencukupi dan dekat dengan sinus. Sinus augmentasi dapat membantu memperbaiki masalah ini dengan menaikkan lantai sinus dan menambah materil tulang oada rahang sehing bisa untuk menempatkan implan.

5. Modifikasi ridge

Cacat di rahang atas atau bawah dapat menyebabkan tulang rahang tidak memadai untuk ditempati implan gigi. Untuk memperbaiki masalah ini, gusi dapat diangkat jauh dari punggungan untuk mengekspos cacat tulang, kemudian diisi dengan tulang pengganti tulang untuk membangun punggungan. Modifikasi ini telah terbukti dapat meningkatkan peluang kesuksesan implan yang dapat bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.
Tips Gigi Lainnya:
Seperti itulah penjelasan tentang implan gigi yang sebaiknya anda ketahui jika ingin melakukan implan gigi.

0 Response to "Ketahuilah Mengenai Implan Gigi Sebelum Melakukannya!"

Post a Comment