10 Fakta Menarik dan Mencengangkan Mengenai Gigi Manusia

Kesehatan Gigi - Gigi manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang tentu manfaatnya sangatlah vital meski banyak yang tidak memperhatikannya. Gigi juga merupakan bagian tubuh yang unik dan juga memiliki banyak misteri mengenai komponennya. Untuk anda, kami memberikan beragam informasi terkait fakta menarik dan juga mencengangkan mengenai gigi manusia.

Fakta-fakta ini tentunya membuat anda semakin terkesima dengan gigi anda yang ternyata sangatlah menarik dibandingkan dengan bagian tubuh serta organ lainnya.

Fakta Menarik dan Mencengangkan Mengenai Gigi Manusia

Berikut 10 Fakta Menarik Mengenai Gigi Manusia.

1. Sebelum dilahirkan, Gigi Manusia Sudah Terbentuk

Anda harus tahu bahwa gigi anda bukannya tumbuh saat anda berusia balita setelah dilahirkan. Namun gigi manusia ternyata telah terbentuk sejak ia dilahirkan yaitu di dalam rahim sang ibu. Gigi molar sudah terbentuk dalam rahim sehingga perkembangan gigi nantinya ternyata juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi anak nantinya.

2. Jaringan Terkeras Tubuh Manusia

Apa jaringan terkeras dari tubuh manusia? Mungkin banyak diantara kalian yang menjawab tulang. Rupanya dibandngkan tulang gigi memiliki tingkat kekerasan yang jauh daripada tulang. Sebab kandungan kalsiumnya mencapai 96%. Inilah sebabnya mengapa pada rangka manusia gigilah yang bisa bertahan selamanya dan tidak hancur.

3. Menggigit kuku akan merusak gigi

Apakah kamu punya kebiasaan menggigit kuku? Maka anda harus segera meninggalkannya sekarang agar gigi kamu tidak rusak. Sebab kebiasaan itulah yang akan membuat gigimu rusak perlahan-lahan.

4. Gula adalah musuh utama gigi

Anda harusnya mengetahui bahwa makanan manis yang mengandung banyak gula rupanya merupakan sumber utama yang merusak gigi kamu. Oleh karena itu anda harus menghindarinya agar enamel gigi anda tidak rusak dan juga tetap kuat serta tidak terjadi erosi.

5. Gigi kurang putih bukan berarti nggak sehat

Banyak yang terobsesi dengan gigi yang ptuih cemerlang. Namun kamu harus tahu bahwa gigi yang putih tidak menjamin kesehatan gigi, sebaliknya gigi kamu yang kurang putih tentunya tetap bisa dikategorikan sehat.

6. Gigi terbentuk melalui tiga tahap

Ada tiga tahap pertumbuhan giig anda yaitu terbentuknya gusi kemudian terbentuk mahkota gigi dan setelah itu akar gigi yang menempel pada rahang.

7. Masalah rongga mulut bisa dipengaruhi oleh gen

Masalah pada rongga mulut ternyata bisa diwarisi bahkan susunan tanggalnya gigi juga dipengaruhi besar oleh gen. Misalnya terkait waktu lepasnya gigi atau bentuk susunan gigi turut dipengaruhi oleh faktor keturunan.

8. Gigi geraham paling belakang nggak semua orang memilikinya

Banyak orang yang memiliki gigi geraham namun tidak semua orang memilikinya. Gigi geraham ini kadang menimbulkan masalah seperti menyundul gigi di depannya sehingga tumbuh nggak sempurna. Akibatnya banyak yang memutuskan mencabut gigi belakang. 

9. Gigi geraham paling cepat aus

Gigi yang paling banyak bekerja keras adalah gigi geraham sehingga akan cepat aus. Sehingga banyak orang yang lebih cepat kehilangan gigi gerahamnya dibanding dengan yang lainnya. 

10. Kamu bisa kehilangan gigi pada usia berapa pun

Jangan menyangka bahwa gigi kamu akan hilang pada saat usia sudah tua. Ternyata karena disebabkan oleh masalah gigi maka kamu bisa kehilangan gigi pada usia berapapun.
Itulah beberapa dari fakta mengenai gigi manusia yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "10 Fakta Menarik dan Mencengangkan Mengenai Gigi Manusia"

Post a Comment