4 Fakta Implan Gigi yang Mesti Diketahui

Kesehatan Gigi - Mungkin anda asing mendengar kata implan gigi, namun sebenarnya hal ini banyak ditemui hanya saja istilahnya jarang di dengar. Implan gigi merupakan teknik atau metode dalam membuat akar gigi buatan yang kemudian ditanamkan ke dalam rahang. Implan gigi berfungsi untuk menggantikan gigi yang tanggal atau patah dan juga berperan sebagai pengganti akar gigi yang hilang. Ia juga bisa berfungsi sebagai penahan gigi pengganti.

Jika anda adalah orang yang telah implan gigi atau baru merencanakan untuk melakukan metode implan gigi, di bawah ini adalah beberapa ragam fakta mengenai implan gigi.

Fakta Implan Gigi yang Mesti Diketahui jika ingin memasang gigi palsu permanen

Penjelasan Tentang Implan Gigi

1. Jenis-jenis implan gigi
Anda harus mengetahui apa saja jenis dari implan gigi. Yang paling umum adalah jenis implan yang ditulang atau disebut Endosteal (di tulang). Metodenya adalah setiap implan dipasang untuk menahan satu atau lebih gigi palsu. Implan ini berfungsi untuk menggantikan akar gigi yang hilang dan juga mendukung mahkota, jembatan implan atau implan yang didukung gigi tiruan. Biasanya jenis implan ini umumnya digunakan sebagai alternatif untuk pasien dengan jembatan atau gigi palsu yang dapat dilepas. Jenis implan yang lainnya adalah subperiosteal (pada tulang): yaitu implan ini ditempatkan di atas rahang dengan menempatkan kerangka logam menonjol melalui gusi untuk menahan prostesis. Implan subperiosteal digunakan untuk pasien yang tidak mampu untuk memakai gigi palsu konvensional dan yang memiliki tinggi tulang minimal.

Baca juga : Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

2. Kandidat implan gigi
Sebelum melakukan implan gigi, maka anda harus memperhatikan kandidat gigi yang sesuai. Kandidat yang ideal untuk implan gigi adalah mereka yang memiliki kesehatan umum dan mulut yang baik, serta memiliki ukuran tulang rahang yang cukup dan tulang rahang yang juga cukup kuat untuk mendukung implan. Kandidat juga tidak boleh memiliki riwayat penyakit seperti diabetes tidak terkontrol, atau sedang menjalani radiasi/kemoterapi kanker. 

3. Prosedur Implan Gigi
Prosedur implan gigi tentunya memerlukan kerjasama antara Anda, dokter gigi dan periondontis. Periondotis dan dokter gigi akan berdiskusi tentang di mana dan bagaimana implan akan ditempatkan. Semua itu bergantung pada kondisi spesifik dan tipe implan yang Anda pilih.

Lihat : Cara Tepat Mengatasi Gigi Ompong

4. Modifikasi ridge
Jika terjadi cacat di rahang atas atau bawah maka hal itu menyebabkan tulang rahang tidak memadai untuk ditempati implan gigi. Untuk mengatasi kondisi itu maka gusi dapat diangkat jauh dari punggungan untuk mengekspos cacat tulang, dan diisi dengan tulang pengganti tulang untuk membangun punggungan. Modifikasi ini telah terbukti dapat meningkatkan peluang kesuksesan implan yang dapat bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Itulah beberapa ragam fakta dari implan gigi. Selamat mencoba. 

0 Response to "4 Fakta Implan Gigi yang Mesti Diketahui"

Post a Comment