3 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Menjelang Ramadhan

Gigi dan Mulut - Tidak terasa setelah hampir lebih setahun bulan Ramadhan sebentar lagi akan menyapa. Tentu saja banyak orang yang kini bersiap-siap, mulai dari mempersiapkan jiwa, mengganti puasa yang bolong, mempersiapkan aktivitas ramadhan bahkan memperhatikan tubuh yang sebentar lagi akan berpuasa sebulan penuh.

Bagi anda yang juga adalah seorang muslim, anda juga pasti ingin agar persiapan anda komplit dan juga betul-betul baik. Salah satu yang anda harus perhatikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Sebab perlu anda ketahui bahwa saat berpuasa biasanya bau mulut menyerang dan akan membuat anda sangat terganggu.

Olehnya itu di bawah ini adalah beberapa dari tips menghadapi bulan ramadhan khususnya untuk gigi dan mulut.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Menjelang Ramadhan

Berikut Panduan Sederhana Mempersiapkan Kesehatan Gigi dan Mulut Menjelang Ramadhan

1. Periksalah Gigi dan Mulut Anda
Jangan menganggap remeh memeriksakan gigi anda sebelum bulan ramadhan. Sebelum anda memasuki bulan ramadhan sebaiknya anda memeriksa bagaimana dengan kesehatan gigi anda. Periksalah apakah ada bagian gigi yang lubang dan juga rusak. Jika anda maka penting untuk menambalnya atau mencabutnya sebelum ramadhan agar nantinya sisa makanan saat sahur tidak mudah tinggal dan membuat gigi anda bertambah rusak.

Baca juga : Biaya Tambal Gigi Berlubang dan Jenis Bahannya

2. Perhatikan Kebersihan Gigi dan Mulut
Ubahlah kebiasaan anda jika selama ini anda terkesan cuek dalam merawat kebersihan gigi anda. Sebaiknya anda memperhatikan dengan jeli apakah gigi anda betul-betul sudah bersih saat anda membersihkannya atau tidak. Sebab nantinya di bulan ramadhan akan sangat jarang anda akan membersihkan gigi, mungkin saja hanya pada waktu sahur dan berbuka. Beberapa pendapat menyatakan bahwa menyikat gigi termasuk makruh saat anda berpuasa.

Lihat juga : Cara Membersihkan Gigi Hingga ke Sela-Sela Terdalam

3. Memilih Makanan
anda harus memilih makanan dengan bijak. Ketahuilah bahwa ada makanan-makanan tertentu yang kaya akan kandungan sulfur. Sulfur inilah yang nantinya akan dimetabolisme oleh bakteri menjadi gas hidrogen silfida (H2S), zat inilah yang menyebabkan anda bau mulut. Olehnya itu, anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut apalagi jika mudah tersangkut di sela-sela gigi. Seperti daging-dagingan termasuk daging ayam, daging merah, dan daging yang digunakan pada makanan cepat saji. Selain itu, bawang putih, bawang bombay, dan telur juga termasuk dalam daftar makanan yang kaya akan sulfur. Boleh saja tetap dimakan, namun setelah mengkonsumsi makanan tersebut gigi harus dibersihkan secara seksama.

Itulah beberapa dari tips gigi dan mulut sebelum puasa. Tips diatas mungkin sangat sederhana tapi sangat penting untuk dilakukan.

0 Response to "3 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Menjelang Ramadhan"

Post a Comment