7 Penyakit yang Bisa Ditimbulkan Pasta Gigi

Kesehatan Gigi - Apakah Penggunaan Sikat Gigi Selalu Aman? Gigi yang sehat dan kuat merupakan hal yang harus dijaga siapa saja. Sehingga beragam kebiasaan untuk menjaga kesehatan gigi harus anda terapkan. Salah satunya adalah rajin menggosok gigi. Menggosok gigi tentunya menggunakan pasta gigi yang bisa membantu menghilangkan bakteri dan kuman di mulut. 

Namun apakah pasta gigi memang sepenuhnya memberikan manfaat terhadap gigi tanpa efek samping yang berbahaya. Ternyata ada beberapa efek yang bisa ditimbulkan melalui penggunaan sikat gigi yaitu timbulnya beragam potensi efek penyakit.

Penyakit yang Bisa Ditimbulkan Pasta Gigi

Berikut beberapa penyakit yang bisa ditumbulkan karena penggunaan pasta gigi

1. Gangguan tiroid

Di dalam pasta gigi banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk gigi anda salah satunya adalah Triclosan di dalamnya. Triclosan sangat bermanfaat untuk menghilangkan kuman dan bakteri dalam mulut dan gigi. Meski begitu efek samping yang ditimbulkan cukup berbahaya yaitu dapat menyebabkan masalah tiroid, penyakit jantung, hingga kanker.

2. Masalah otak, ginjal, dan jantung

Selain triclosan dalam pasta gigi juga mengandung zat yang dinamakan glikol polietilen (polyethylene). Zat ini sebenarnya termasuk bahan kimia yang cukup berbahaya yang mana bisa berakibat merusak ginjal, otak dan juga fungsi jantung. 

3. Penurunan kecerdasan

Banyak orang yang mencari pasta gigi yang mengandung fluoride karena salah satu zat yang baik untuk kesehatan gigi. Jika digunakan berlebihan sebenarnya flouride bisa juga merusak gusi. bahkan sebuah studi membuktikan bahwa ia mampu merusak dan mengurangi IQ pada anak. Bukan Hanya itu jika ia digunakan oleh wanita hamil flouride juga bisa membuat masalah pada tiroid, kerusakan tulang, masalah perut, hingga kanker.

4. Sariawan

Sariawan juga salah satu penyakit yang disebabkan oleh penggunaan pasta gigi berlebihan. Sariawan ini muncul akibat adanya iritasi kulit serta ketidakseimbangan hormon. Munculnya sariawan dipengaruhi oleh zat yang terdapat dalam pasta gigi yaitu natrium lauril sulfat. 

5. Perut kembung

Saat anda menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi pasti anda merasakan efek manis pada pasta gigi tersebut. Ya tentu saja, sebab pasta gigi juga mengandung zat gula yang dikenal dengan sorbitol. Zat gula ini merupakan zat yang sangat sulit dicerna di dalam tubuh. Hal tersebut akan mengganggu pencernaan yang pada akhirnya menyebabkan diare, menimbulkan gas, serta perut kembung. Zat sorbitol ini bahkan bisa mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

6. Diabetes

Ada pula zat lainnya yang merupakan gula buatan yang terkandung dalam sikat gigi yaitu aspartame. Dengan adanya kandungan gula yang juga berlebihan dalam pasta gigi maka tentunya akan menjadikan resiko yang sangat besar terhadap tubuh yaitu penyakit diabetes. 

7. Kanker ginjal

Zat lainnya yang bisa menimbulkan penyakit adalah zat yang bernama Dietanolamina. Saat menyikat gigi dan timbul busa maka zat inilah yang sedang berfungsi. Namun ia juga berbahaya karena mampu menyebabkan kanker hati, kanker ginjal, serta ketidakseimbangan hormon.
Itulah beberapa penyakit yang bisa timbul akibat penggunaan pasta gigi. Jadi bagaimana and amenyikat gigi sekarang? Anda sebaiknya mmeilih pasta gigi dengan kandungan detergen rendah atau mencuci mulut anda dengan baik setelah menyikat gigi.

0 Response to "7 Penyakit yang Bisa Ditimbulkan Pasta Gigi"

Post a Comment