4 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu

Gigi Ngilu - Terdapat beberapa penyakit mulut yang dapat menurunkan mood Anda sehingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, di antaranya yaitu sakit gigi dan ngilu pada gigi. Terkadang penyakit mulut tersebut muncul di saat yang tidak tepat atau di saat yang tidak diinginkan. Anda mungkin merasa kesal akan hal tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa munculnya penyakit mulut tersebut bisa jadi disebabkan oleh diri Anda sendiri.

Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu

Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu penyebab dari penyakit mulut tersebut. Kebiasaan buruk yang Anda lakukan dalam aktivitas atau kegiatan sehari-hari mungkin menjadi penyebabnya. Seperti misalnya mengonsumsi makanan yang terlalu keras secara terus menerus serta pola makan atau minum yang kurang sehat. Untuk mengetahui lebih jelas tentang beberapa penyebab sakit gigi dan ngilu pada gigi, simak ulasannya berikut ini.

Inilah Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Anda harus menjaga pola saat menggosok gigi karena kegiatan gosok gigi tersebut dilakukan tiga kali dalam sehari yaitu di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Jika Anda menggosok gigi terlalu kuat, maka akan mengakibatkan email pada gigi Anda semakin terkikis. Terkikisnya email gigi tersebut merupakan penyebab gigi sensitif dan timbulnya rasa ngilu pada gigi. Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin dapat memperparah keadaan tersebut.

Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi

Meskipun tusuk gigi memiliki kegunaan untuk membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di sela-sela gigi, tusuk gigi tersebut dapat membahayakan kesehatan gigi. Lapisan email pada gigi dapat terkikis dan membuat gigi menjadi sensitif apabila menggunakan tusuk gigi terlalu keras. Di samping itu, penggunaan tusuk gigi yang terlalu kencang akan mengakibatkan gusi Anda tertusuk oleh tusuk tersebut sehingga gusi menjadi bengkak dan berdarah.

Kebiasaan Menggigit Benda Keras

Kebiasaan menggigit benda keras sangatlah berbahaya dan ada baiknya untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Beberapa kebiasaan menggigit benda seperti misalnya menggigit pensil, menggigit kuku, dan lain sebagainya dapat menyebabkan mulut Anda menjadi tidak sehat. Hal tersebut disebabkan karena terdapat kuman dalam benda-benda tersebut yang akan berkembang di sela-sela gigi Anda.

Terlalu Sering Minum Atau Makan yang Terlalu Dingin dan Panas

Kebiasaan mengonsumsi minuman panas setelah meminum minuman yang terlalu dingin akan sangat membahayakan gigi Anda. Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan abrasi pada lapisan email gigi Anda sehingga gigi menjadi sensitif.

Itulah beberapa penyebab munculnya penyakit mulut seperti sakit gigi dan rasa ngilu pada gigi. Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, diharapkan Anda dapat menjalankan pola hidup yang lebih baik dan lebih sehat mulai dari saat ini. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

0 Response to "4 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu"

Post a Comment