Apakah Cabut Gigi Dapat Menyebabkan Kebutaan?

Kesehatan Gigi - Cabut Gigi Dapat Menyebabkan Kebutaan?. Anda perlu menjaga kesehatan gigi sebagaimana Anda menjaga kesehatan bagian tubuh yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting bagi diri Anda untuk melakukan beberapa aktivitas atau kegiatan sehari-hari seperti makan dan berbicara.
Tanpa gigi, Anda tidak akan dapat mengunyah makanan dengan baik dan itu artinya Anda hanya bisa mengonsumsi makanan tertentu saja. Selain itu, ketika Anda masih kecil atau pada saat-saat tertentu, ada masa di mana gigi Anda mengalami penurunan ‘kekuatan’ sehingga menyebabkan gigi menjadi agak goyang dan harus dicabut.

Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Kebutaan

Fakta dan Mitos Tentang Cabut Gigi Menyebabkan Kebutaan?

Berbicara mengenai gigi yang dicabut, ternyata masih terdapat beberapa orang yang enggan atau takut untuk mencabut giginya lantaran adanya mitos mengerikan yang beredar tentang cabut gigi. Mitos tersebut yaitu jika Anda melakukan pencabutan gigi maka mata Anda bisa menjadi rabun atau bahkan mengalami kebutaan.

Artikel Lainnya : Gigi Berlubang Ditambal atau Di Cabut?

Seperti yang dikatakan oleh Prof. Bambang Irawan, jika pencabutan gigi dilakukan dengan asal-asalan dan tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya maka akan sangat berbahaya. Akan tetapi menurut beliau, sebenarnya hal tersebut hanya akan menyebabkan munculnya infeksi yang berakibat terjadinya pembengkakan pada mata dan tidak sampai menyebabkan kebutaan.

Lihat juga : 4 Hal yang Mesti diketahui Sebelum Mencabut Gigi Berlubang

Perlu Anda ketahui bahwa saraf gigi berada pada saraf kelima, sedangkan saraf mata berada saraf kedua. Oleh karena perbedaan itulah, tidak ada kaitannya antara cabut gigi dengan kerusakan mata. Hal yang paling penting adalah apabila Anda akan mencabut gigi, sebaiknya lakukan pencabutan gigi tersebut di dokter gigi supaya lebih aman.

Keadaan gigi yang tidak bisa dipertahankan lagi, misalnya disebabkan karena kerusakan gigi, harus segera dilakukan pencabutan gigi. Namun dokter gigi akan menyarankan untuk tidak melakukan pencabutan gigi apabila kerusakan gigi tersebut belum terlalu parah. Di samping itu, pencabutan gigi tidak boleh dilakukan saat gigi Anda dalam keadaan sakit. Hal itu dikarenakan dapat menimbulkan infeksi. Maka dari itulah jika Anda akan mencabut gigi, pastikan gigi Anda tidak sedang sakit.

Baca juga : Cara Cabut Gigi Sendiri

Setelah melakukan pencabutan gigi, ada baiknya Anda melakukan perawatan gigi yang dapat dilakukan oleh diri Anda sendiri. Asalkan perawatan tersebut dilakukan dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan masalah lain yang tidak diinginkan. Pastikanlah untuk menyikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur secara teratur setiap harinya.

Selain itu, usahakan untuk tidak langsung menyikat gigi Anda sehabis makan. Sebab gigi Anda sedang dalam kondisi asam sehingga dapat menyebabkan iritasi gusi. Sikatlah gigi Anda satu jam setelah selesai makan. Periksakan juga gigi Anda setiap 6 bulan sekali secara rutin. Demikianlah informasi tentang fakta dan mitos seputar pencabutan gigi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apakah Cabut Gigi Dapat Menyebabkan Kebutaan?"

Post a Comment