Gejala, Penyebab Mulut Kering dan Pahit

Kesehatan Mulut - Gejala, Penyebab Mulut Kering. Setiap bagian tubuh diciptakan dengan fungsi dan manfaat tertentu. Pada bagian mulut terdapat cairan yang disebut dengan ludah. Fungsi dari ludah atau saliva yaitu untuk melembabkan mulut Anda dan membantu proses pencernaan. Selain menjadikan mulut terasa kering, kekurangan ludah dapat menyebabkan bibir Anda menjadi pecah-pecah. Tentu saja hal tersebut sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu Anda ketika sedang berbicara.

Gejala, Penyebab Mulut Kering dan PahitPerlu Anda ketahui bahwa penyebab dari mulut kering atau xerostomia adalah penurunan produksi ludah di dalam rongga mulut oleh kelenjar saliva. Makanan dalam mulut akan terasa kering dan sulit untuk ditelan apabila hanya terdapat sedikit kelenjar saliva. Rasa makanan tersebut juga akan terasa aneh karena lidah yang kering.

Dampak lain akibat mulut kering tersebut yaitu munculnya masalah pada gigi. Hal tersebut dikarenakan ludah berguna untuk membatasi pertumbuhan bakteri dan membersihkan sisa-sisa makanan sehingga dapat membantu mencegah gigi berlubang. Tidak hanya itu, terdapat kandungan enzim di dalam ludah yang bermanfaat untuk proses pencernaan.

Baca juga : Cara Mengatasi Bau Mulut

Jika Anda merasakan kelenjar ludah tidak memproduksi cukup air liur, maka kemungkinan besar hal itu merupakan gejala atau tanda-tanda dari mulut kering.

Berikut beberapa gejala mulut kering yang perlu Anda ketahui.

  • Air liur tampak kental dan berserabut.
  • Adanya luka atau kulit pecah-pecah yang terdapat di sudut-sudut mulut Anda.
  • Bibir pecah-pecah.
  • Bau mulut yang tidak sedap.
  • Sulit untuk berbicara dan menelan makanan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Lidah tidak dapat mengecap rasa makanan dengan baik.
  • Infeksi jamur di mulut.
  • Meningkatnya jumlah plak, gigi menjadi berlubang atau rusak, dan munculnya penyakit gusi.
  • Pada wanita, mulut kering membuat lipstik menempel di gigi

Beberapa penyebab dari mulut kering tersebut di antaranya yaitu:

Berbagai jenis obat-obatan mulai dari obat-obatan tanpa resep, obat-obatan yang digunakan untuk meringankan depresi atau rasa cemas berlebih, obat anthitistamin, dekongestan, obat penurun tekanan darah tinggi, anti-diare, hingga obat penyakit parkinson. 

Lihat Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mulut

Semakin bertambahnya usia, semakin besar pula resiko mengalami mulut kering. Hal tersebut disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan karena kondisi kesehatan yang dialami orang tua.

Terapi penyembuhan kanker. Kelenjar saliva dapat mengalami kerusakan akibat pengobatan kemoterapi yang menghasilkan radiasi. Karenanya saliva yang diproduksi hanya sedikit.

Operasi yang dilakukan akibat kerusakan saraf di bagian kepala atau leher dapat menyebabkan mulut kering.

Mulut kering juga dapat disebabkan oleh diabetes, penyakit parkinson, depresi, stroke, penyakit alzheimer , dan lain sebagainya.

Gejala mulut kering dapat semakin parah akibat penggunaan tembakau dan kebiasaan merokok.

Itulah gejala dan penyebab mulut kering yang perlu Anda ketahui. Mulai dari sekarang perhatikanlah kesehatan mulut Anda agar dapat terhindar dari masalah mulut kering. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Gejala, Penyebab Mulut Kering dan Pahit"

Post a Comment