Olahraga Bisa Menyebabkan Sakit Gigi, Apa Benar?

Kesehatan Gigi - Sakit gigi adalah penyakit yang umum yang bisa menyerang siapa saja. Semuanya biasanya berawal dari masalah gusi dan juga penyebab lainnya. Jika anda merasakannya pasti akan membuat anda kesal dan membuat anda ingin segera menyembuhkannya. Namun anda juga harusnya lebih mencari penyebab dari sakit gigi ketimbang hanya mengeluh. 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari sakit gigi, bahkan setelah melalui riset melakukan olahraga yang berlebihan pun bisa menjadi penyebabnya. Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang bisa membuat orang sakit gigi.

Olahraga Bisa Menyebabkan Sakit Gigi

Inilah Hal yang Dapat Menyebabkan Munculnya Sakit Gigi


1. Terlalu banyak olahraga

Anda pastinya percaya bahwa olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan. Namun jika berolahraga terlalu sering dan keras juga bisa menyebabkan masalah pada gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa atlet yang memicu dirinya banyak berlatih bahkan memiliki risiko gigi rusak yang lebih tinggi dibandingkan dengan atlet yang berlatih dengan normal. hal ini disebabkan oleh mulut kering dan kekurangan air liur karena terlalu banyak berolahraga. Karena itu, zat asam akan lebih mudah menyerang gigi dan membuatnya berlubang.

2. Sinusitis
Jangan anggap remeh sinus. Sinus adalah saluran udara yang ada di antara pipi dan hidung. Ketika anda terkena sinusitis (infeksi sinus), maka jaringan lunak pada saluran tersebut membengkak dan memproduksi terlalu banyak lendir. Pembengkakan ini akan menekan akar gigi di dekat saluran dan menyebabkan sakit gigi. Jika Anda mengalami sakit gigi saat sedang flu atau pilek, kemungkinan ini dipicu oleh infeksi sinus. Gejala lainnya jika sakit gigi disebabkan oleh sinusitis adalah rasa sakit bisa terjadi pada beberapa gigi,tak hanya satu.

3. Gusi yang turun
Jika anda memiliki gigi yang sensitif maka anda akan mendapatkan efek yaitu gusi turun. Sensitivitas gigi bisa menyebabkan gusi semakin menipis dan turun sehingga enamel pada garis gusi mulai berkurang. Tanpa pelindung, gigi akan terekspos dan terasa sakit ketika terkena makanan yang panas atau dingin. Ini bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif agar bisa memperkuat enamel.

4. Gigi keropos
Gigi yang patah atau keropos bisa menyebabkan sakit gigi. Gigi bisa patah atau keropos jika disebabkan oleh kecelakaan, perubahan temperatur yang ekstrem atau ketika Anda menggigit makanan yang keras. Ini menyebabkan bagian dalam gigi terbuka dan sensitif. Karena pengeroposan kadang susah dideteksi, ini juga bisa memicu infeksi.

5. Menggemeretakkan gigi
Kebanyakan orang tak menyadari mereka memiliki kebiasaan menggertakkan gigi karena kebiasaan ini biasanya terjadi saat tidur. Kebiasaan ini bisa menyebabkan sakit kepala, sakit pada rahang, dan otot wajah. Selain itu, ini juga bisa merusak gigi dan menyebabkan sakit gigi.
Itulah beberapa hal yang menyebabkan anda biasanya sakit gigi. Siapa yang menyangka bahwa berolahraga terlalu keras menjadi urutan pertama penyebabnya. Selamat Mencoba.

1 Response to "Olahraga Bisa Menyebabkan Sakit Gigi, Apa Benar?"

  1. Kalo boleh tau dok..ini dapat referensi dari mana, apakah sudah ada penelitian secara konkrit mengenai hal ini. Kalo sudah saya mau tau siapa nama ilmuwan yg meneliti hal tersebut. Jangan sampai ini hanyalah sekedar hoax dan menyesatkan pembaca.

    ReplyDelete