10 Cara Merawat kebersihan lidah

Gigi dan Mulut - Banyak orang yang salah mengira bahwa jika berbicara mengenai kesehatan mulut maka yang hanya diperhatikan adalah bagaimana caranya bisa merawat gigi dengan baik. Ada satu hal yang juga urgen untuk selalu dijaga kesehatannya yaitu bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan lidah. Lidah merupakan salah satu bagian mulut yang rentan menyebabkan bau mulut. Hal tersebut disebabkan oleh tekstur lidah sangat mudah dihinggapi bakteri dan tinggal disana.

Oleh karena itu jika anda ingin menjaga kebersihan lidah anda, beberapa tips di bawah ini semoga dapat membantu anda untuk bisa tampil dengan kesehatan mulut yang lengkap.

Ilustrasi Membersihkan Lidah Dari Sisa Makanan

      10 Cara Merawat Kebersihan Lidah      

 1  Sikat gigi

Jika anda menyikat gigi, pilihlah tekstur dari bulu sikat yang lembut. Selain membersihkan gigi dan gusi anda, sebaiknya anda mengakhirinya dengan menyikat bagian lidah anda secara lembut dan pastikan sisa makanan anda juga ikut lepas sehingga bakteri pada lidah juga bisa ikut hilang.
ADVERTISEMENT
 2  Pembersih lidah

Jika membersihkan lidah dengan sikat gigi anda terasa aneh, maka anda tidak perlu khawatir. Sebab banyak sekali tersedia pembersih lidah yang bisa anda gunakan. Namun ingat bahwa anda tetap harus menggunakannya dengan lembut sebab hal itu bisa saja merusak lidah anda karena tergores dan juga luka.

 3  Makanan untuk gigi, 

Selain membersihkann gigi memperhatikan jenis makanan untuk gigi anda sangatlah berpengaruh pada kebersihan lidah. Oleh karena itu makanan seperti stroberi, lemon, keju, dan apel merupakan pilihan tetap saat anda harus memilih makanan pencuci mulut.

 4  Berkumur setelah makan

Saat anda selesai makan dan tidak sempat menyikat gigi, cara praktis yang bisa anda lakukan adalah dengan membiasakan berkumur setelah makan. Walauoun anda hanya memakan cemilan perlu bagi anda berkumur agar sisa makanan tidak lama tinggal pada gigi dan juga lidah.

 5  Jeruk nipis
Jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan noda putih pada lidah anda. Anda bisa membuat ramuan tersendiri untuk menjaga kebersihan lidah. Cukup mencampurkan jeruk nipis dengan baking soda lalu oleskan pada lidah anda dan bersihkanlah hingga betul-betul bersih.

 6  Cairan antiseptik

Dengan berkumur menggunakan antiseptic, selain bisa menguangi karang gigi anda juga bisa sekalian membersihkan noda putih akibat bakteri yang melengket pada lidah anda.

 7  Yogurt

Seperti yang kita ketahui bahwa yogurt merupakan minuman yang bersifat probiotik. Sehingga jika anda memiliki masalah dengan kebesihan lidah, maka penting untuk selalu mengonsumsi yogurt agar dpat menyupport dalam menghilangkan bakteri pada lidah.

 8  Kunyit

Saat anda berkumur, penting halnya untuk menggunakan salah satu bahan tradisiional seperti kunyit. Cukup mencampurnya dengan air dan bisa anda gunakan berkumur di saat sebelum tidur.

 9  Hilangkan asesoris logam pada lidah


Banyak oang yang mersa keren saat memakai tindik dan juga aksesories lainnya pada lidah. Padahal hal tersebut sangatlah beresiko dan juga berbahaya bagi kesehatan lidah anda. Oleh karena itu hindarilah pemakaian logam pada lidah anda. Sebaiknya melepas aksesories logam tersebut agar lidah anda bisa kembali sehat dan bersih tanpa resiko infeksi dan juga penuh dengan bakteri.

 10  Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dinilai sangatlah berbahaya, bukan hanya untuk kesehatan tubu secara keseluruhan namun lebih khusu lagi terhadap kesehatan dan juga kebersihan gigi dan mulut, terkhusu lagi untuk lidah anda. Berhentilah minum minuman beralkohol dan seringlah mengonsumsi air ineral yang steril demi kebersihan lidah anda.

Terima kasih telah membaca 10 cara merawat kebersihan lidah. Semoga dengan tips diatas anda dapat menjaga kesehatan lidah dengan benar. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Lihat juga : 5 Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi

0 Response to "10 Cara Merawat kebersihan lidah"

Post a Comment