Jagalah

Jagalah

Kesehatan

Kesehatan

Gigi

Gigi

Anda

Anda
Kesehatan gigi merupakan blog yang dibuat untuk sekedar share tentang kesehatan gigi dan mulut, untuk menyebarkan pesan kesehatan kepada masyarakat luas. semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima Kasih

Amandel

Terima kasi sebelumnya untuk masukan rekan-rekan yang masih berkenan untuk membangun kesehatan gigi menjadi lebih baik. Mohon maaf sebesar-besarnya baru bisa posting. Kali ini saya akan membahas mengenai Amandel. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Beberapa pertanyaan yang ada dibenak kita seberapa bahaya penyakit ini? Sebenarnya amandel sendiri memang selalu ada pada setiap tubuh manusia, disini kita menyadari betapa menakjubkannya sistem tubuh manusia. Amandel sendiri merupakan salah satu sistem proteksi tubuh.


Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel sendiri berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh. Oleh karena itu kelenjar amndel ini meradang. Peradangan pada Kelenjar amandel ini disebut dengan tonsilitis, penyakit ini merupakan salah satu gangguan THT (Telinga Hidung & Tenggorokan). Tonsilitis dapat bersifat akut atau kronis. Bentuk akut yang tidak parah biasanya berlangsung sekitar 4-6 hari, dan umumnya menyerang anak-anak pada usia 5-10 tahun. Sedangkan radang amandel/tonsil yang kronis terjadi secara berulang-ulang dan berlangsung lama.

Pada radang amandel yang akut biasanya dimulai dengan gejala sakit tenggorokan yang ringan hingga menjadi parah, sakit saat menelan makanan, kadang-kadang muntah. Tonsilitis dapat menyebabkan amandel menjadi bengkak, panas, gatal, sakit pada otot dan sendi, nyeri pada seluruh badan, kedinginan, sakit kepala, dan sakit pada telinga. Kelenjar getah bening melemah di dalam daerah submandibuler. Bagian belakang tenggorokan akan terasa mengerut sehingga sukar menelan. Peradangan tonsil yang akut ataupun pembengkakan tonsil yang tidak terlalu besar dan tidak menghalangi jalan pernapasan, serta tidak menimbulkan komplikasi tidak perlu dilakukan pembedahan/operasi, karena tonsil yang terbuat dari jaringan getah bening dapat berfungsi mencegah tubuh agar tidak terkena penyakit yang berhubungan dengan infeksi.

Beberapa upaya yang dapat kita lakukan sendiri dirumah untuk pencegahan, perawatan dan pengobatannya dilakukan beberapa langkah sebagai berikut :

* Diusahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam.
* Jangan minum es, sirop, es krim, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, dan manisan.
* Berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari.
* Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari.
* diberikan terapi antibiotik (atas petunjuk dokter) apabila ada infeksi bakteri dan untuk mencegah komplikasi.
* Istirahat yang cukup.

Namun apabila radang amandel kronis dengan pembengkakan tonsil yang terlalu besar sehingga mengakibatkan terganggunya jalan pernapasan, atau munculnya komplikasi, biasanya diperlukan pembedahan/operasi untuk mengeluarkan tonsil. Apabila terjadi peradangan yang kronis disarankan untuk berkonsultasi kedokter spesialis THT untuk penanganan dan tidakan selanjutnya.

Mudah-mudahan bisa sedikit membantu :) Senang rasanya bisa ngeblog lagi :) sekali lagi saya minta maaf.


86 komentar:

Balisugar said...

Iya neh udah lama gak apdet yah.
hm...waktu kecil umur 5 tahun aku pernah dioprasi amandel. Ada yang bilang katanya jangan terlalu banyak makan makanan yg mengandung MSG
(sasa, ajinomoto) betul gak ?

July 26, 2008 at 2:42 PM
abang said...

Baru muncul nih ..sahabat ku ..
Good posting ... sangat bermanfaat sekali ...

July 28, 2008 at 1:22 AM
GigiSehatBadanSehat said...

wah...akhirnya postingan baru dok...

dok, kalo yang diatas itu yang mana yang pencegahan, yang perawatan dan mana yang pengobatan?

aku bingung, kalo ingin mencegah biar gak amandelan gimana atuh caranya? soalnya aku gak pernah amandelan.
maksi ya dok...

July 28, 2008 at 9:56 PM
Free Download99 said...

Seneng banget deh dokter bikin postingan ini. Memang lagi ditunggu2. Akhirnya tau juga deh tentang Amandel yang Bandel hehe...

July 28, 2008 at 11:25 PM
Kesehatan Gigi said...

@Bali sugar: ya MSG emang menjadi salah satu faktor pendukung terjadina amandel, kalau berlebihan MSG tubuh akan menyaringnya melalui amandel. Dari beberapa sumber yang saya baca MSG juga dapat menimbulkan cristal di otak.
@Abang: abangku sekaligus masterku ^^ makasi ya. maaf ni saya lama ga berkunjung.
@Gigisehatabadansehat: waduh iya ya hihih maap ne saya kurang jelas ya. ooo iya makasi banyak ya kalau mau ditambahkan bisa ditambahkan lewat komen ^^ makasi ya.
@Freedownload99: Semoga bisa membantu ya.

August 7, 2008 at 1:57 PM
LieZMaya said...

Malem donk,

baru tahu nich blog dokter hehe

Saya punya amandel sejak kecil dok, tadinya dua, disebelah kanan dan kiri, tapi yang sebelah kiri udah kempes. Nah yang kanna ini kadang masih suka bengkak kalo aku makan es ato bakso kebanyakan *maruk banget yah hehe. Hmmm sekarang aku lagi kesakitan donk, gusiku berdarah, sampe sekarang dah 2 harian bengkak, sakit banget, sampe nggak bisa buka mulut lebar2, cuman bisa sepertiganya.
Musti gimana yah dok? hmm solusinya kalo bisa jangan ke dokter :P
mmm kira kira obat buat bengkak saya ini apa yah? mmm kira kira berapa lama penyembuhannya ya?

Thanks before dok :D

August 12, 2008 at 9:17 PM
Kesehatan Gigi said...

@Liezmaya: kalu masalah pembengkakan pada amandel memang sering terjadi, penyebabnya dalah makanan yang memang tidadk diterima oleh tubuh, bisa juga karena berlebihan. untuk gusi yang bengkak dan berdarah sebaiknya minum antibiotik. Bisa beli sendiri keapotik jadi ga usah kedokter kan :)

August 13, 2008 at 8:34 PM
noki_afandi said...

untung gak pernah kena penyakit itu. dan ini info yang bagus

August 14, 2008 at 2:50 AM
Parantar said...

no more posts?

November 8, 2008 at 10:09 PM
Ruth said...

I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

Ruth


http://www.infrared-sauna-spot.info

November 24, 2008 at 11:25 AM
biofir boy said...

Nice tips, sangat bermanfaat bagi saya, soalnya saya juga sering kali mengalami gangguan amandel, tapi nggak tau harus diapain untuk mengatasinya, biasanya kalau udah gitu saya cuman bisa makan buah jeruk ^_^

December 5, 2008 at 3:25 PM
Anonymous said...

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

walet

sarang walet

cd walet

sarang burung walet

rumah walet

best forex robot

best forex robots

February 12, 2009 at 12:58 AM
Anonymous said...

Belajar Internet Marketing

Internet Marketing

Bisnis Internet

Bisnis Online

Belajar Forex

Forex

Rahasia Forex

Rahasia Trading Forex

Sarang Walet

Walet

Sarang Burung Walet

Cd Walet

Best Forex Robots

Best Forex Robot

Forex Signal

Forex Signals

Forex Robot

Forex Robots

February 28, 2009 at 1:15 AM
dell said...

Bagi pemerhati dan pecinta kesehatan, ayo gabung ke portal komunitas kesehatan http://www.dunia-kesehatan.net untuk saling berbagi informasi tentang kesehatan.
Anda dapat memperoleh jaringan teman, inBlog untuk konsultasi, klub, profil penyakit, iklan dan toko obat/alat kesehatan Anda. Ayo!

March 26, 2009 at 10:23 PM
Sewa mobil murah said...

ini kunjungan pertama saya...
dan saya dapetin banyak hal ttg kesehatan gigi...
terimaksih

April 25, 2009 at 12:42 PM
pasang iklan gratis said...

info kesehatan ttg gigi sgt penting
saya suka baca artikel bapak
terimakash.salam :D

April 25, 2009 at 12:43 PM
komodo cruise said...

untuk menyembuhkan amandel, kombinasikan daun pegagan dan binahong dan daun sirih untuk menyembuhkan amandel, ini berdasarkan pengalaman saya.
Mudah - mudahan ini informasi ini bisa membantu. semua daun tersebut direbus, dan air rebusannya diminum tiap hari.

May 12, 2009 at 3:40 PM
GigiSehatBadanSehat said...

@komodo cruise: wah..saya baru tau nih pengobatan tradisionalnya...makasi infonya nih..

May 16, 2009 at 9:41 PM
furniture indonesia said...

thanks ya infonya

May 30, 2009 at 12:10 PM
agung said...

terima kasih atas infonya, kalo udah dewasa bisa terkena amandel ?

July 4, 2009 at 12:29 AM
didik said...

bagus bener artikel2nya,terusterang saya baru ini masuk blok kesehatan.silakan melanjutkan saya ikutan gabung

September 25, 2009 at 9:38 AM
Lamandel solusi radang amandel said...

Info yang bagus dan menarik tentang penyakit amandel..

bagus blognya

Terimakasih infonya

September 27, 2009 at 5:49 PM
Muja said...

nice blog

http://muja94.blogspot.com/

October 6, 2009 at 1:21 PM
Rendra said...

wah bagus jg infonya..kbtln anakku amandelnya lg meradang,dah bbrp hari kl mlm panas..gmn ya penganannya?soalnya msh 2th ni anaknya..
btw,bg yg ingin coba bsns lwt internet..coba buka http://formulabisnis.com/?id=sherry

October 7, 2009 at 2:46 PM
http://bundaqeis.co.cc said...

anak saya umur 3 th mempunyai amandel yang cukup besar bahkan akhir2 ini dalam sebulan sudah kambuh 2x.padahal sedari dia mulai mengenal makanan,saya anti terhadap MSG dan saya jaga betul makanan dia.
Tidur dia kadang mendengkur,apa ini salah satu akibat dari amandelnya?
Dokter memang sudah menyarankan utuk Operasi namun karena usia dia masih 3 th saya tidak tega.tapi kalo ingat waktu radang dan sampai panas kasian juga,saya sudah pernah mencoba obat racikan cina,tapi belum sembuh juga,kemudia nanans dicampur garam yang katanya dapat menyembuhkan jg belum terlihat hasilnya?
Buat Komodo Cruise:dapetin dedaunannya dimana ya?
Untuk Lamandel bisa beli dimana?
thx u blog yang sangat informatif ini....

October 31, 2009 at 11:50 AM
atha said...

nice info...
saya pernah denger setelah operasi amandel itu harus banyak2 makan es apa betul y?
terima kasih....

November 18, 2009 at 3:09 PM
rahmah said...

Ass.Wr.Wb.
Dear Neters,
Hanya ingin berbagi info saja. Bila anda menderita masalah kesehatan yang tidak tahu obatnya (kanker, ginjal, jantung, kista, tumor, katarak, dll), ingatlah Propolis. Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69
”……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”
Informasi mengenai propolis kunjungi PROPOLIS | Obat Propolis
Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
Wslm.Wr.Wb.
Rahmah

December 15, 2009 at 12:46 AM
retno said...

numpang nanya dikit ya. anak saya berumur 7 tahun. dia kena gejala amandel. kata dokter, baru bisa dioperasi setelah berumur 8 tahun. apa bener? and juga, apa amandel itu keturunan ya? karena saya pun pernah menjalani operasi amandel ketika masih di kelas 3 SD. thanks atas jawabannya.

January 29, 2010 at 10:45 AM
sewa mobil said...

thanks for the information

March 16, 2010 at 5:35 PM
anti bau badan said...

bau badan dapat diatasi dengan efektif dengan sabun kristal, (klik link anti bau badan)

March 30, 2010 at 2:46 PM
Anonymous said...

terimkasih atas artikelnya yang bermanfaat

April 16, 2010 at 12:07 PM
Agung Prasetyo said...

Makasih infonya. Penting banget soalnya..

Support ME, thanks. :D
Bisnis Online & Bisnis Internet

May 2, 2010 at 6:27 PM
Baclofen said...

Danke für diesen grossartigen Post Kamagra online kaufen gegen Potenzprobleme und schwache Leistung im Bett

May 23, 2010 at 11:40 PM
soeranto said...

Pengangkatan amandel dengan operasi adalah pilihan terakhir apabila dengan minum obat tidak sembuh.untuk penyembuhan penyakit amandel saya sarankan minum propolis,,insyaalloh amandel akan hilang dengan propolis.
untuk keterangan lebih lanjut bisa contact sy di 0856 4383 4461

July 28, 2010 at 12:02 PM
megha said...

srtikel yang bermanfaat..

terima kasih bu dokter...

July 30, 2010 at 6:25 AM
loan counseling said...

Thank's atas artikelnya :D

Please Visit My Website :

Forex Trading System

Forex Broker Indonesia

Treadmill Machine

Latest Technology News

Computer Games Hardware

Marine Electronic

Bisnis Internet

Forex Broker

HDTV Sony Bravia

How To Prevent Heart Disease

FREE Get Quality Backlinks

Digital Video Recorders

August 3, 2010 at 11:34 AM
cheap viagra online said...

Great Blog Thanks a lot for sharing this data.



.....ALex

August 10, 2010 at 6:53 PM
menshealth | womenshealth | online drugstore said...

i'm using soft toothbrush but it causes staining frequently, is there any solution for this oral healthcare.

September 13, 2010 at 1:57 PM
Köp Viagra said...

Good blog. Thank you for the information.

September 27, 2010 at 10:49 PM
Beställ Cialis said...

Erektionstabletter från vårt apotek. Inklusive online recept & konsultation online - köp medikament online.

September 27, 2010 at 10:51 PM
yodi said...

ow, thx for the share

December 7, 2010 at 4:18 PM
Winstrol said...

Setengah dari rekan-rekan saya memiliki amandel mereka dipotong

January 12, 2011 at 9:34 PM
buy caverta online said...

HI,
Thanks for posting this home prevention. Really very helpful for teeth.

March 26, 2011 at 1:40 PM
quantum touch indonesia said...

wow.. ternyata begitu ya, saya sudah stress aja dengan amandel saya, thax infonya

April 22, 2011 at 8:56 PM
Jessica said...

I very much impressive to read this post. I have been wondering about this issue,so thanks for posting.

Golf Equpiment

April 23, 2011 at 3:29 PM
Sewa Mobil said...

A pretty good article, could provide a new information to me. Glad to find a blog like this. Thank You

sewa mobil

May 8, 2011 at 4:49 AM
fashion88.blogspot.com said...

Healthy Brief and Panty

K-i Brief dan Panty Kesehatan Berkualitas


Sudah seharusnya faktor sehat dan nyaman menjadi pertimbangan Anda saat memilih celana dalam, bahan yang mudah menyerap keringat dan dapat melekat pas sesuai bentuk tubuh tentu akan menunjang penampilan sekaligus menjaga kesehatan organ intim Anda

K.i Brief Celana dalam khusus kaum pria
K.i Panty celana dalam khusus kaum wanita

dengan berbagai keunggulan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menciptakan kenyamanan.
juga dapat mencegah berbagai masalah keputihan yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus, sakit pada saat menstruasi, sakit pada pinggang, membantu mencegah ruam dan bau tidak sedap pada organ intim Anda.

ADA 3 ELEMEN PENTING DIDALAMNYA YAITU:

Ion Negatif
Membantu mencegah pertumbuhan bakteri
Menyeimbangkan sistem syaraf pusat
Memperlancar peredaran darah
Membantu meningkatkan kesehatan yang lebih baik
Sinar Inframerah Jarak jauh
Membantu peredaran darah dan limfe serta meningkatkan metabolisme tubuh
Memberikan kenyamanan dan memberikan rasa lega pada daerah pinggang
Membantu mencegah ruam
Dapat mencegah bau badan
Serat Anti Kuman
Membantu mencegah pertumbuhan bakteria
Mencegah bau badan

Terbuat dari bahan yang bermutu tinggi, Elastis membentuk bagian tubuh Anda menjadi lebih baik, nyaman dipakai, segar, dan menambah kepercayaan diri.

Cara mencuci k.i Brief dan K.i Panty:
Bersihkan di dalam air yang bersuhu 3o derajat C kebawah
Tidak boleh dicuci kering
Perasalah dengan perlahan
Tidak boleh menggunakan pemutih
Tidak boleh disetrika
Tersedia dalam 3 warna menarik:
K-i Brief : Hitam, Abu-abu dan Biru
K-i Panty: Hitam, Abu-abu dan krem

Dengan pemakaian K-i Brief dan K.i Panty dalam keseharian Anda mampu memberikan kesehatan dan menjauhkan Anda dari timbulnya berbagai masalah terhadap organ intim Anda.
serta mampu menciptakan kenyamanan, penampilan yang lebih baik dan secara fisik dapat membentuk bagian tertentu tubuh Anda menuju kesempurnaan,Indah dan Ideal sesuai yang Anda dambakan.

Kemasan:
1 box isi 3 celana
All size

Harga Produk Brief dan Panty:
Rp.400.000,-
info herbalmodern.blogspot.com
085229348635 Rully

May 29, 2011 at 9:09 PM
pengetahuan tentang kesehatan said...

pengetahuan tentang kesehatan

July 18, 2011 at 6:04 PM
jam tangan, jam kw, jam replika said...

kalau yg menderita penyakit amandel boleh minum minuman cola ga?

jam tangan, jam replika, jam kw

August 3, 2011 at 3:08 PM
pasang iklan baris said...

makasih ya buat infonya. peluang bisnis pulsa

August 24, 2011 at 2:05 PM
Bruno said...

����� ���� | ����� ����� | ����������� ����

����� ����� | ����� ����� | �����

����� | ����� ���� | ����� ����

����� ����� | ����� ���� | ����� �����

August 28, 2011 at 10:45 PM
Phone Systems said...

You have given a good tips about the tonsils. Thanks for sharing this great information with us. Waiting for the future post.

September 11, 2011 at 9:22 PM
eha said...

Thanks infonya sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan.

September 26, 2011 at 3:48 PM
andik said...

Komentku gak berbelit-belit,terima kasih bagi yang sudah membuat artikel nie.

September 26, 2011 at 3:52 PM
siva said...

Infonya sangat berharga,makasih ya!

September 26, 2011 at 4:03 PM
Jam Tangan said...

You have given a good tips about the tonsils. Thanks for sharing this great information with us. Waiting for the future post.

October 7, 2011 at 3:37 PM
taza taza said...

dik, saya 2 minggu yang lalu hais melakukan operasi amandel,,, terus saya lihat di tenggorokan saya yg sebelah kanan masih ada benjolan sedangkan sebelah kiri bersih,,, tanpa benjolan, apa operasi amandel hanya di salah 1 saja???

October 26, 2011 at 5:52 PM
online dating said...

So, I do not actually consider this may have success.

November 14, 2011 at 4:42 PM
price of viagra said...

Thank you for sharing to us.there are many person searching about that now they will find enough resources by your post.I would like to join your blog anyway so please continue sharing with us

December 15, 2011 at 4:40 PM
Indian Pharmacy said...

Kelenjar getah bening melemah di dalam daerah submandibuler. Bagian belakang tenggorokan akan terasa mengerut sehingga sukar menelan.

December 20, 2011 at 10:44 PM
stikes said...

bagus artikelnya...

December 25, 2011 at 9:34 PM
http://www.jalurkomisi.com/?id=masanaku said...

artikelnya sangat bagus, semoga bermanfaat kesehatan kita...

January 30, 2012 at 7:21 PM
djblackersz said...

terima kasih uda mau share...
lusa adikku juga sakit amandel..
tp setelah di bawa ke dokter sudah sembuh..

February 1, 2012 at 11:07 PM
Oxe Blog said...

almhamdulilah saya selalu sehat&bersih kalo soal gigi.....

March 8, 2012 at 2:43 PM
Anonymous said...

ass... saya mw bertax tentang amandel... kenapa seorang penderita amandel/ tonsilitis setelah ditonsilektomi d'anjurkan untuk minum air es..????

April 2, 2012 at 6:24 PM
generic viagra said...

I would like read more information about this, is very interesting! Thanks for the information. A worth bookmarking blog. I would be reading your articles regularly from now on.

April 10, 2012 at 6:47 PM
tips kesehatan said...

jangan sampai melakukan operasi amandel,,

nanti banyak ngeluarin uang ,,

hehe

thanks info kesehatan giginya dok

April 16, 2012 at 8:48 PM
cash buyer uk said...

Really impressed! Everything is very, very clear and open. You have shared a lot of valuable information.

April 23, 2012 at 2:58 PM
Weight loss said...

health is very important

June 4, 2012 at 2:19 PM
Vampire diaries season 4 said...

never amandel

June 8, 2012 at 11:35 PM
Vampire diaries season 4 said...

very mantab

June 9, 2012 at 11:00 PM
chenlauw said...

malam dok,sy kathrin skrg sedang menderita amndel tp hanya bagian kiri saja yg bengkak,wajar ga ya dok? bahaya atau tdk ya,krna pembengkakan sudah 1 bln lebih dan tdk pernah kempis.apabila tubuh saya kelelahan maka saya pun langsung demam dan amandelnya sdkt nyeri. bgmna solusinya dok? (sblmnya pola mkn sy mmg tdk teratur dan jrg minum air putih) klo pun sy harus k dokter kira2 dokter THT yg ahli dmana? bisa ga klo tdk perlu operasi.

September 6, 2012 at 11:26 PM
Saracensa said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

October 22, 2012 at 11:53 AM
Anonymous said...

xanax cost 2mg blue lotus xanax bars - alprazolam 0.5mg and alcohol

November 18, 2012 at 7:38 PM
properti99 said...

Infonya sangat bermanfaat dan terima kasih...Salam kenal Dok... dari www.properti99.com Situs Jual Beli Sewa Properti
Rumah
Tanah
Apartemen
Ruko
Komersial

January 24, 2013 at 9:58 AM
langsinginstan said...

IHH,,
hrus jaga2 kesehatan ahh,,,

February 12, 2013 at 2:04 PM
peluang usaha waralaba franchise said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

June 29, 2013 at 6:59 AM
rental mobil - sewa mobil - portal said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

June 29, 2013 at 7:02 AM
Anonymous said...

thanks bwt informasinya....

kunjungi juga http://jualmaduonline.com/jual-madu-asli-untuk-memutihkan-gigi-085649807090-3148dd41.html

July 3, 2013 at 2:48 PM
Kristianto Himawan said...

Nice article :D


Cara mengobati gigi Obat gigi Pasang behel Pasang Kawat Gigi Bersihkan Karang Gigi

October 18, 2013 at 2:51 PM
bethsaida said...

Rumah sakit | Bethsaida Hospital | adalah Rumah sakit dengan fasilitas terlengkap untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di Gading Serpong Tangerang | Memiliki fasilitas lengkap seperti: | Laser Aestetic Center | Orthopedic Center | Degestive Center | Dental Center | Hyperbaric Center | Cardiac Center | Neuroradiology Center

November 4, 2013 at 5:48 PM
Nahla Fashion said...

keren artikelnya, kunjungi juga yaaa blog saya http://resepbundapintar.com/

November 18, 2013 at 5:35 PM
Agung Taufiq Ar Rohman said...

agen bola
Judi online
sbobet casino
bola tangkas
togel online

December 26, 2013 at 1:32 AM
Andro Yaya said...

Gudang Ilmu Kita merupakan layanan situs berbagi konten pilihan yang dikemas lengkap, menarik dan terkini dengan beragam bentuk teks, gambar, suara dan video.

December 26, 2013 at 3:20 PM
cicicuit said...

mantap min :D

kenari
telur lovebird
lovebird yang baik
penyakit mata lovebird

January 22, 2014 at 1:20 PM
Dendri said...

mas gigi saya berlubang, pertama satu yang kiri padahal saya sikat gigi tiap hari sekarang malah yang kanan mau berlubang lagi.
ada solusi nya tidak?

January 26, 2014 at 1:05 AM
 

2009 ·Kesehatan Gigi by TNB