7 Tips Merawat Gigi Berbehel

Kesehatan Gigi - Siapapun itu tentunya menginginkan gigi yang indah dan tampak cantik. Namun tidak semua beruntung dilahirkan dengan gigi yang baik dan cantik. Namun anda tidak perlu berputus asa sebab dengan banyaknya teknologi modern utamanya di bidang kesehatan, gigi yang dulunya tidak rata atau berjarang bisa diatasi dengan cara memakai behel.

Saat menggunakan behel akan sulit bagi anda untuk begitu bebas merawat gigi anda sebab akan terhalangi oleh behel anda. Namun di sisi lain anda juga harus tetap memperbaiki dan terus merawat gigi anda agar tetap sehat. Oleh karena itu anda sangat membutuhkan cara khusus agar gigi anda bisa tetap terawat meskipun menggunakan behel.

  Cara Perawatan Gigi Berbehel  

Merawat Gigi Berbehel
Ilustrasi Merawat Gigi Behel
Berikut merupakan tips untuk tetap merawat gigi berbehel anda.

 1  Sikat & Pasta Gigi Khusus

Anda sebaiknya menggunakan pasta gigi yang direkomendasikan oleh dokter anda. Janganlah mengabaikan jenis pasta gigi khusus yang direkomendasikan seperti pasta gigi khusus orthopedic. Sebab beberapa masalah akan terjadi jika pasta gigi yang anda gunakan tidak begitu membantu jika anda menggunakan behel.
 2  Obat Kumur

Anda juga sebaiknya rajin menggunakan obat kumur agar sisa-sisa makanan yang tidak di bersihkan saat menyikat gigi bisa dihilangkan melalui obat kumur tersebut. Sebaiknya anda juga menggunakan obat kumur yang dianurkan bukan membeli dan menggunakan obat kumur merk apapun.

 3  Hindari Permen Karet & Makanan Keras
Anda sebaiknya menghindari makananan yang bertekstur keras serta lengket seperti permen karet. Dengan tekstur kenyal dan mudah lengket maka permen karet beresiko tinggi melengket pada behel dan tertinggal disitu. Hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan gigi. Begitu pula pada makanan keras maka anda sebaiknya menghindarinya agar menjaga kesehatan gigi anda tetap sehat,

 4  Pantangan Lainnya

Selain kedua makanan diatas beberapa makanan yang menjadi pantangan seperti caramel juga penting anda hindari. Sebab dengan tetap mengonsumsinya akan membuat gigi anda beresiko bermasalah saat menggunakan behel.

 5  Gunakan Benang Gigi

Menggunakan benang gigi akan menjadi hal yang rutin jika memakai behel. Sebab seka-sela gigi akan sangat sulit dicapai hanya dengan menggunakan sikat gigi. Sehingga akan memberikan dampak buruk bagi gigi anda jika bakteri tertinggal dan berkembang di mulut dan gigi anda.

 6  Rutin Periksa ke Dokter

Saat menggunakan behel anda sebaiknya rutin memeriksakan gigi anda ke dokter. Sebab jika tidak maka berbagai masalah gigi anda akan lama tertinggal dan mengakibatkan penyakit yang lebih parah. Anda bisa memeriksakannya ke dokter setiap 6 atau 3 bulan sekali secara rutin.

 7  Rajin Sikat Gigi Setelah Makan

Jangan lupa untuk rutin menyikat gigi anda saat setelah makan sebab jika lama tertinggal dalam mulut ia akan berkembang menjadi bakteri yang memicu gigi anda bermasalah. Selain itu saat memakai behel potensi sisa makanan tertinggal lebih besar karena bentuk behel yang banyak memberikan ruang bagi sisa makanan untuk tinggal.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Gigi lainnya :

Seperti itulah cara perawatan behel gigi. Semoga dengan tips diatas sahabat dokter gigi dapat memiliki gigi yang tersusun rapi dan kuat bersih.

0 Response to "7 Tips Merawat Gigi Berbehel"

Post a Comment