Penyebab Gigi Sensitif ini Wajib Untuk Anda Baca

Gigi dan Mulut - Penyebab gigi sensitif harus Anda ketahui agar Anda dapat mencegah gigi Anda ngilu dan membuat Anda kesakitan. Tentu saja Anda tidak ingin memiliki masalah gigi yang akan mengganggu aktifitas Anda. Sebenarnya, gigi sensitif itu terjadi akibat lapisan email yang semakin menipis.

Lapisan email ini merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi lapisan tengah pada gigi. Jika lapisan gigi yang terluar semakin menipis, maka lapisan tengah akan terbuka. Lapisan tengah ini disebut dengan dentin yang terdiri dari tabung kecil yang berhubungan dengan syaraf. Isinya penuh dengan cairan yang menyambung ke ujung syaraf.

ADVERTISEMENT

      Ketahui Penyebab Gigi Sensitif dibawah ini :      

Penyebab Gigi Sensitif
Ilustrasi Mengalami Gigi yang Sensetif
Pada saat Anda memakan atau meminum sesuatu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, maka cairan yang ada didalam dentin tersebut bergerak. Bergeraknya cairan tersebutlah yang menimbulkan rasa ngilu pada gigi Anda. Pergerakan yang terjadi langsung berhubungan dengan ujung syaraf dan reaksinya menimbulkan rasa ngilu. Sebenarnya penyebab gigi sensitif dengan menipisnya email atau lapisan terluar dari gigi tersebut dapat terjadi dengan berbagai alasan. Simak ulasan berikut agar Anda juga mengetahui penyebabnya dan agar Anda dapat mengatasi masalah gigi sensitif.
Kebiasaan yang dapat mengakibatkan gigi sensitif

Penyebab terjadinya gigi sensitif yang sering Anda lakukan yaitu menyikat gigi terlalu kuat. Dengan tekanan yang berlebih, terlebih lagi Anda terlalu sering menyikat gigi bahkan menggunakan sikat yang kasar maka email gigi Anda akan cepat menipis. Hal ini sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang. Sebenarnya, cukup menyikat dengan pelan dan teratur setiap harinya akan membuat gigi bersih. Tidak perlu berlebihan karena akan membuat lapisan luar gigi akan mudah menipis dan menjadi penyebab gigi sensitif.


Selain itu, penyebab lain yaitu kebiasaan seseorang menggertakkan gigi. Memang tidak semua orang memiliki kebiasaan ini, tetapi tidak jarang yang suka melakukan hal ini. Dengan menggertakkan gigi, maka pengikisan lapisan email gigi dapat terjadi. Baik dilakukan saat sedang sadar ataupun sedang tidur, penyebab gigi sensitif ini perlu dihindari. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini, maka mulai dari sekarang untuk tidak melakukannya lagi. Walaupun pengaruhnya terjadi secara perlahan, kebiasaan ini perlu dihilangkan agar kesehatan gigi Anda tetap terjaga.

Selain itu, kesehatan gigi dan mulut memang perlu dijaga setiap hari. Menggosok gigi yang tepat memang saat bangun tidur pagi hari dan sebelum tidur saat malam hari. Tak hanya itu, Anda juga dapat menggosok gigi di siang hari setelah makan siang. Tetapi, Anda tidak boleh menggosok gigi terlalu sering. Penyebab lain adanya gigi sensitif yaitu adanya penurunan gusi. Penyebab gigi sensitif ini terjadi secara alami, adanya gusi menurun membuat kondisi gigi menjadi sensitif. Awalnya gigi terlindungi oleh gusi, saat itu gigi tidak mengalami masalah. Tetapi jika gusi menurun, maka gigi yang tadinya terlindungi jadi terbuka dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Anda dapat menggunakan cara mengatasi gigi sensitif secara alami yang cukup mudah untuk Anda lakukan yaitu hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung asam. Anda juga dapat menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dan menggunakannya secara teratur saat menggosok gigi. Akan lebih baik pula jika Anda melakukan konsultasi kepada dokter mengenai permasalahan yang Anda alami. Demikian artikel yang dapat penulis sampaikan mengenai penyebab gigi sensitif serta cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Lihat juga : 7 Tips Mudah Mencegah Gusi Berdarah

0 Response to "Penyebab Gigi Sensitif ini Wajib Untuk Anda Baca"

Post a Comment