11 Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh

Kesehatan Mulut - 11 Cara alami mengobati sariawan agar cepat sembuh. Sariawan memang sering melanda siapa saja. Walaupun sariawan bukanlah penyakit yang sangat serius yang bisa mengancam nyawa, namun saat anda tengah merasakan sariawan hal ini bisa saja sangat menyakitkan. Anda akan sulit makan bahkan jika dalam skala yang parah maka anda juga akan sulit berbicara.

Penyebab umum sariawan adalah karena kekurangan vitamin C. Namun ada juga penyebab lain seperti panas dalam dan stress. Sebelum mengetahui cara mengatasi sariawan maka ada baiknya untuk mengetahui penyebab seseoang terkena sariawan.

penyebab sariawan
Ilustrasi Sariawan Di lidah

 1  Obat kumur sodium lauryl sulphate (SLS) dan Pasta Gigi 

SLS merupakan zat yang bisa menghasilkan busa pada beberapa produk kebersihan mulut. Pasta gigi yang banyak mengandung SAS serta obat kumur bisa saja menjadi factor anda terserang sariawan. Sebab dengan adanya kandungan itu maka akan emmbuat gusi serta rongga mulut anda terasa kering dan sangat rentan iritasi yang merupakan penyebab awal dari sariawan.
ADVERTISEMENT
 2  Trauma 

Pada umumnya sariawan juga terjadi sebab adanya luka trauma akibat bibir atau rongga mulut yang tergigit baik saat makan atau aktifitas lainnya.

 3  Genetik 

Faktor genetic akan sangat berpemngaruh jika salah satu atau kedua orang tua anda juga sering terkena sariawan maka akan besar juga resiko terserang sariawan sesering mungkni.

 4  Gangguan immunologi 

Respon imun yang berlebih akan menjadi salah satu factor utama rongga mulut dan juga bibir anda terkena sariawan.

 5  Alergi dan sensitivitas 

Terkadang rongga mulut juga sangat sensitive sehingga menimbulkan sariawan Terkadang pula mulut cepat alergi yaitu adanya rekasi atau respon terhadap alergen yang tidak cocok, seperti bahan yang ada pada pasta gigi dan juga beberapa makanan yang tidak cocok bagi anda.

 6  Stres 

Saat stress maka banyak sekali hormone dalam tubuh yang ajan menyesuaikannya dengan lingkungan anda. Saat stress emosi juga tentunya tidak akan baik dan memberikan factor yang buruk pada mulut anda.

 7  Defisiensi nutrisi 


Kekurangan nutrisi merupakan factor utama pula bagi sariawan yang diderita seseorang antara lain defisiensi zat besi, defisiensi asam folat, defisiensi vitamin B12, defisiensi Zink. Faktor nutrisi lain yang berpengaruh pada timbulnya sariawan adalah vitamin B1, B2 dan B6.

 8  Merokok 

Tentu saja bagi perokok akan sangat rentan terkena sariawan, sebab dengan merokok bayak sekali zat yang sangat merugikan tubuh dan memberikan potensi yang besar munculnya sariawan pada mulut.

 9  Infeksi bakteri 

Bakteri sangat tidak baik untuk kesehatan mulut jadi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri bisa memicu munculnya sariawan pada mulu.

 10  Penyakit sistemik 

Jika anda terlalu sering menderita sariawan maka anda harus mencurigai bahwa hal itu merupakan gejala dari penyakit sistemik yang bisa saja lebih parah dan bisa menimbulkan penyakit yang berkelanjutan.

 11  Obat-obatan 

Obat-obatan seperti nonsteroidal anti-inflamatori (NSAID), beta blockers, agen kemoterapi dan nicorandil akan bisa menjadi factor yang bisa memicu sariawan.

Nah itulah beberapa penyebab dan factor mengapa seseorang bisa sariawan, berikut tiba saatnya anda mengetahui apa sajakah yang bisa anda lakukan dan konsumsi agar sariawan anda bisa segera sembuh.

mengobati sariawan
Ilustrasi Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Berikut 11 Cara Mengobati Sariawan agar Cepat Sembuh

 1  Garam dan baking soda 

Garam dan baking soda merupakan dua bahan yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Termasuk sangat baik untuk mengatasi sariawan anda. Anda bisa mencampur garam dan baking soda lalu mengoleskannya pada sariawan anda.

 2  Makanan kaya zat besi 

Makanan seperti sereal, kalkun, ham, biji wijen, brokoli, gandum dan telur adalah makanan yang baik dan mengandung zat besi yang banyak. Zat besi baik untuk sariawan sebab bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda.

 3  Air kelapa 

Air kelapa dikenal dengan kandungannya yang bisa membersihkan zat yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu air kelapa baik untuk menghidrasi tubuh yang mana sariawan biasanya timbul akibat dehidrasi. Jadi air kelapa menjadi salah satu cara mengobati sariawan dengan cepat.

 4  Minyak Kelapa dan Madu 

Mencampurkan minyak kelapa dan madu merupakan hal yang efektif yang bisa mengatasi sariawan. Selain itu minyak kelapa bahkan mengandung akti bakteri, sehingga campuran madu dan minyak kelapa bisa anda oleskan pada sariawan anda.

 5  Kunyit 

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sudah dikenal khasiatnya dalam menyumbuhkan berbagai penyakit. Jika anda sariawan anda bisa membuat pasta dari kunyit sehingga anda bisa mengoleskan pada sariawan anda.

 6  Konsumsi Buah-buahan 

Kebutuhan vitamin C haruslah selalu tercukupi. Apalagi penyebab dari sariawan pada umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin C , maka dengan mengonsumsi buah tentunya akan sangat membantu.

 7  Daun jambu biji 

Anda bisa mengunyah daun jambu biji agar sariawan anda mereda. Hal ini dikenal sudah sangat membantu dalam mengatasi sariawan dan juga meredakan segala iritasi.

 8  Pisang dan madu 

Peradangan bisa diatasi dengan pisang dan juga madu. Apalagi sariawan yang sangat rentang akan peradangan maka pisang dan madu bisa sangat membantu.

 9  Bawang putih dan pepaya 

Bawang putih dikenal dengan zat yang bisa meredakan luka dalam waktu cepat. Bawang putih tentunya juga sangat baik bagi sariawan anda.

 10  Minum vitamin

Seperti yang telah dibahas tadi bahwa vitamin yang baik akan memberikan kesembuhan pada sariawan anda. Selain berasal dari buah-buahan anda juga bisa mengonsumsi vitamin tambahan.

 11  Minum yogurt 

Yogurt sangat baik untuk menyeimbangkan bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu yogurt juga sangat baik untuk sariawan anda sebab berbagai factor yang bisa menyebabkan peredangan bisa diatasi jika bakteri berkurang.

Seperti itulah beberapa 11 penyebab cara alami mengobati sariawan agar cepat sembuh. Semoga dengan tips diatas sariawan sahabat dokter gigi dapat teratasi dengan cepat.

Jangan Lewatkan Tips Mulut ini:

3 Responses to "11 Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh"

  1. Artikel yang sangat bernanfaat bagi pembaca , karena mendapatkan informasi dan wawasan begitu menarik...

    trimah kasih yang sudah menulis nya dan membagikan kepada public.. :)

    #SalamBlogger ...... TQ

    ReplyDelete
  2. Di daerah saya dok. Keyakinan masyarakatnya , madu dengan pisang kalau di campur bisa berujung kematian . Kalau dikonsomsi secara bersamaan Apa benar y dok.

    ReplyDelete