5 Cara Mengobati Sakit Gigi Ngilu Secara Alami

Kesehatan Gigi - Masalah gigi ngilu seringkali menyerang ditengah-tengah kesibukan atau kegiatan sosial yang sedang Anda lakukan. Rasa ngilu dan nyeri yang mengganggu ini bisa mempengaruhi mood Anda sehingga harus segera diobati. Hal ini dikarenakan aktifitas Anda yang padat tentu harus dilanjutkan atau tidak bisa ditinggal hanya karena gigi Anda yang ngilu. 

Berikut ini akan penulis paparkan mengenai cara alami mengobati sakit gigi ngilu secara efektif dan bisa dilakukan sejak pertama kali rasa ngilu itu terasa. Beberapa cara ini bisa menjadi referensi bagi pembaca karena terdiri dari cara alami yang cukup mudah dilakukan. 

    5 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Ngilu Dengan Mudah    

Cara Mengobati Sakit Gigi Ngilu
Ilustrasi Mengalami Sakit Gigi Ngilu
Berikut 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Ngilu Secara Alami

 1  Gunakan minyak cengkeh


Minyak cengkeh merupakan cara mengobati sakit gigi ngilu yang paling efektif dan cepat untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Minyak cengkeh diketahui mengandung antioksidan dan dapat secara cepat membunuh kuman penyebab ngilu. Selain itu rasa minyak cengkeh yang tawar aman jika tertelan sehingga dapat dijadikan pertolongan pertama jika ngilu hebat menyerang gigi Anda. Cara alami mengobati sakit gigi ngilu ini patut dicoba karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat tradisional. 
ADVERTISEMENT

 2  Kompres dengan es balok


Jika rasa ngilu ini sudah membuat pipi sekitar rahang menjadi bengkak, Anda bisa meringankannya dengan menggunakan balok es. Balok es diketahui dapat membius secara alami sel saraf nyeri selama beberapa waktu. Balok es ini tentu dapat menjadi cara mengobati sakit gigi ngilu yang pertama Anda lakukan sendiri. Dengan menempelkan beberapa potongan es dibalut dengan handuk kemudian ditempel ke bagian luar gigi yang sakit. Cara ini dapat dibarengi dengan cara mengobati gigi ngilu yang lain untuk menyelesaikan rasa sakit sementara dialihkan oleh pembekuan saraf. 


 3  Ramuan bawang putih dan bawang merah


Penghilang rasa sakit gigi dapat ditempuh dengan mengunyah irisan bawang putih atau bawang merah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang berupa enzim pembunuh kuman penyebab nyeri. Cara mengobati sakit ngilu gigi ini cukup efektif meskipun rasa anyir dari bawang putih atau bawang merah yang cukup kuat. Namun rasa anyir ini tentu tidak akan seberapa terhiraukan ketika rasa ngilu yang hebat menyerang Anda. Diketahui bahwa dengan mengunyah potongan bawang putih atau merah ditabur dengan sedikit garam selama 3 menit dapat membunuh seluruh kuman dalam mulut secara alami. 


 4  Kumur dengan air garam


Air garam terbukti dapat menjadi anti-bakteri yang efektif dan murah sehingga banyak diaplikasikan oleh masyarakat tradisional maupun modern saat ini. Namun cara mengobati sakit gigi ngilu ini tidak dilakukan serta-merta dengan menelan garam. Namun dengan mencampurkan satu sendok garam dengan air hangat yang kemudian digunakan serupa mouthwash atau obat kumur. Berkumurlah dengan air garam hangat selama beberapa menit kemudian muntahkan dan ulangi beberapa kali hingga rasa ngilunya berkurang. 


 5  Menghindari makanan tertentu


Menghindari sejumlah makanan yang terlalu panas, dingin dan manis dapat menjadi alternatif sebagai pengurang rasa ngilu hebat dan tiba-tiba yang sering terjadi pada gigi sensitif. Cara mengobati sakit gigi ngilu merupakan cara yang umum dan perlu diperhatikan atau dipatuhi oleh si penderita. Hal ini dilakukan agar rasa ngilu pada gigi tidak kambuh sewaktu-waktu dan mengganggu.

Itulah beberapa tips dan cara mengobati sakit gigi ngilu yang bisa dipaparkan oleh penulis untuk masalah gigi ngilu yang mungkin dialami oleh penderita. Cara-cara ini termasuk ke dalam cara alami selain berkonsultasi pada dokter gigi dan dapat dilakukan sebagai langkah pertolongan pertama yang bijak. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

4 Responses to "5 Cara Mengobati Sakit Gigi Ngilu Secara Alami "

  1. Dicoba..udh ngilu sekali ...terima kasih

    ReplyDelete
  2. Thanks,Atas Artikelx membantu baaanget,...
    Smoga yg mengaalami sakit gigi ngilu Cepat sembuh :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih by teman saya , Snil nagh cengeng :))

    ReplyDelete