12 Tanda Pertumbuhan Gigi pada Bayi

Kesehatan Gigi - Mengikuti tumbuh kembang bayi sangatlah membahagiakan bagi sang bunda. Sebab akan terasa betapa berharganya bayi anda saat melihat mereka tumbuh besar. Dari sejak ia mulai mengeluarkan kata pertama, tumbuh gigi, dan juga merangkak. Dengan mengikuti perkembangannya seorang ibu tentunya harus mengetahui berbagai tanda umum yang dialami bayi anda. Salah satu hal yang sangat banyak memberikan tanda pada pertumbuhan bayi adalah jika gigi mereka mulai tumbuh.
ADVERTISEMENT
Sebelum bayi anda mengalaminya dan anda bingung dengan tanda tersebut, tentunya anda harus melihat dan mengetahui apa sajakah tandanya. Sebab terkadang bayi rewel tidak jelas dan membuat anda bingung. Siapa tau saja hal tersebut disebabkan oleh gigi bayi anda yang ingin tumbuh.

Sebagai ibu yang baik dan agar tidak membuat anda panik maka ada baiknya anda mengetahui tanda--tanda dari pertumbuhan gigi anak bayi anda.

    12 Tanda - Tanda Pertumbuhan Gigi Pada Bayi    

pertumbuhan gigi anak
Ilustrasi Gigi Bayi Yang Akan Tumbuh
Berikut merupakan 12 tanda pertumbuhan gigi pada bayi.

 1  Pengeluaran air liur.

Air liur pada bayi mungkin adalah hal yang biasa. Namun jika anda melihat adanya peningkatan produksi air liur bayi pada usianya 10 minggu hingga 3 atau 4 bulan, maka hal tersebut bisa saja merupakan tanda awal bahwa gigi bayi anda akan segera tumbuh. Oleh karena itu anda haruslah siap dengan memberikan banyak asupan yang baik bagi anak anda agar pertumbuhan giginya bisa baik.

 2  Ruam pada dagu atau wajah.

Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi maka akan memberikan efek ruam pada kulit yang kering yang biasanya muncul di sekitar area mulut, dan juga dagu. Terkadang ruam itupun muncul di area leher bayi anda. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh kontak langsung dengan air liur . Jika anda mengusap air liur si bayi dengan sapu tangan atau sejenisnya bisa membantu mengurangi kemungkinan timbulnya ruam. Menggunakan krim kulit khusus untuk bayi juga bisa dilakukan.

 3  Batuk

Karena rangsangan air liur dari pertumbuhan gigi anak anda maka akan memungkinkan terjadinya sedak dan menghasilkan batuk. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika anak anda batuk.

 4  Bayi Sering Menggigit.

Bayi yang mengalami masa pertumbuhan pada gigi pada dasarnya akan terangsang untuk selalu menggigit. Hal tersebut disebabkan oleh sang bayi akan merasa tidak nyaman. Sehingga segala jenis barang yang mereka temui pastinya akan digigit oleh anak anda.

 5  Rasa sakit

Saat gigi anak tumbuh maka akan terjadi peradangan yang terjadi pada jaringan lunak pada gusi. Peradangan itu bisa menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat pada bayi. Namun tidak semua bayi mengalami hal seperti itu. Sehingga bisa saja itu terjadi pada bayi anda dan bisa juga tidak. Gigi yang tumbuh pertama akan mendorong gusi dan akan terasa sangat sakit namun lambat laun akan terasa nyaman juga.

 6  Rewel

Jika gusi bayi terasa sakit maka akan memberikan dampak bayi anda sangatlah rewel. Jika mulut dan gusi bayi sakit maka ia akan sering menangis. Anda harus terbiasa dengan kerewelan anak anda bahkan berhari-hari sampai berminggu-minggu. 

 7  Menolak untuk makan

Jika anda memberikan makanan pada bayi anda dan ia menolak maka hal tersebut bisa saja disebabkan karena anak anda masih merasa sakit pada gusinya. Jika memang ia tetap menolak makan cobalah memberikan makanan alternatif yang nutrisinya baik walau hanya dimakan dalam jumlah yang sedikit.


 8  Diare

Beberapa pengalaman dari orang yang telah mengalami masa pertumbuhan gigi pada anaknya mengatakan bahwa anaknya mengalami diare, walaupun hal tersebut belum begitu jelas alasannya namun anda bisa mempertimbangkannya sebagai tanda daru pertumbuhan gigi pada bayi anda.

 9  Demam rendah

Salah satu tanda dalam pertumbuhan gigi anak anda adalah demam rendah. Namun anda juga harus mempertimbangkan jika demam anak anda disebabkan karena imunitas yang rendah. 

 10  Lemah

Saat malam hari terkadang anak akan merasa gelisah sebab pertumbuhan giginya terus terangsang. Anda haruslah selalu bersabar untuk mendiamkan anak anda sebab jika ia terus merasa gelisah ia akan lemah dan terlihat lesu. 

 11  Hematoma gusi

Pertumbuhan gigi juga mungkin menyebabkan pendarahan dibawah gusi yang Nampak seperti gumpalan kemerahan. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa sembuh dengan segera dengan bantuan kompres dingin.

 12  Tarikan telinga gosokan pipi

Bayi yang tumbuh giginya bisa dengan kesal menarik telinga mereka atau pipi ataupun dagu mereka. Gusi, telinga dan juga pipi berbagi jaringan yang sama oleh karena itu, rasa sakit pada gusi bisa saja menjalar ke area lain. Jika hal ini terjadi, anda harus berkonsultasi dengan dokter anak jika anda merasa bahwa bayi anda terganggu tidak hanya karena pertumbuhan gigi yang dialaminya.

Jangan Lewatkan Tips Gigi Anak Lainnya :

Seperti itulah 12 tanda pertumbuhan gigi pada bayi. Semoga dengan tips diatas Sahabat Dokter Gigi dapat mengetahui kapan waktunya bayi anda mengalami pertumbuhan gigi.  

0 Response to "12 Tanda Pertumbuhan Gigi pada Bayi"

Post a Comment