4 Masalah Gigi Anak dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Gigi - Masalah gigi merupakan masalah yang sangat rawan didapatkan untuk usia anak-anak apalagi pada masa pertumbuhannya. Janganlah anda menganggap remeh masalah gigi tersebut, sebab hal itu bisa mengganggu tumbuh kembang anak anda.

Oleh karena itu anda sebaiknya mengetahui jenis masalah gigi pada anak anda dan juga bagaimana cara mengatasinya.

    4 Permasalahan Gigi Anak dan Cara Mengatasinya    

masalah gigi anak
Ilustrasi Anak yang Menggosok Gigi
Berikut 4 Masalah gigi pada anak dan cara mengatasinya.

 1  Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah masalah gigi yang utama. Gigi berlubang disebabkan oleh infeksi bakteri secara terus-menerus. Jika gigi berlubang berlangsung lama, maka akan sangat berefek pada nafsu makan anak sebab anak akan sangat sulit menguyah dan membuat mereka kesakitan saat makan . Secara tidak langsung ia akan mengalami masalah gizi dan menggangu tumbuh kembangnya.

Cara Mengatasinya :

Gigi yang berlubang apalagi jika terjadi pada gigi susu maka akan sangat sulit diatasi. Walaupun nantinya akan digantikan dengan gigi yang baru tetapi untuk mencegah kerusakan lebih lanjuta ada baiknya anda mengunjungi dan memeriksakannya ke dokter. Sebab salah satu penanganan yang terbaik ialah dengan mencabut gigi anak anda yang berlubang.
ADVERTISEMENT
 2  Gigi Tidak Rata

Adanya gigi yang tidak rata disebabkan oleh tercabutnya gigi susu secara dini yang tidak sesuai dengan waktunya. Oleh sebab itu gigi tumbuh secara tidak rata. Hal ini bisa menyebabkan sisa makanan akan sangat mudah tersangkut pada gigi dan akan sulit untuk di bersihkan. Dan hal itulah yang menyebabkan gigi bisa rusak karena bakteri dan bahkan memicu terjadinya karies gigi.

Cara Mengatasinya :

Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter gigi. Jika ada salah satu gigi susu yang tanggal secara dini, ruangan bekas gigi yang dicabut harus tetap dipertahankan untuk tempat pertumbuhan gigi tetapnya nanti. Anda akan dibuatkan “space maintainer”. Perawatan gigi yang seperti itu bisa juga anda lakukan dengan perawatan orthodontik yaitu menggunakan kawat gigi. Namun untuk pasien anak-anak sebaiknya perawatan orthodontik dilakukan oleh dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA).

 3  Gigi Susu Tinggal Akar

Seorang anak biasanya mengalami kerusakan gigi yang parah hingga gigi susu mereka kemudian yang tersisa hanyalah akarnya saja. Hal ini disebabkan jika anak menggunakan dot atau botol susu sebelum tidur. Hal ini sangatlah berbahaya sebab dengan begitu maka bakteri bisa berkumpul dalam gigi yang keropos dan mengakibatkan pendarahan pada gusi anak anda.

Cara Mengatasinya :

Sama halnya dengan yang diatas bahwa gigi anak anda sebaiknya di pasangkan space maintainer agar mencegah gigi tumbuh tidak beraturan.

 4  Gigi Maju (Tonggos)


Beberapa kebiasaan buruk anak seperti menghisap jempol memberikan resiko gigi anak anda akan tonggos dan juga memiliki bentuk yang tidak baik. Hal ini terjadi jika anakn anda menghisap jempol maka jempolnya akan mendorong langit-langit anda dan mendorongnya ke depan serta mengakibatkan gigi anak anda tonggos.

Cara Mengatasinya :

Salah satu cara pencegahan dan penanganan adalah dengan menghentikan kebiasan buruk yang merusak gigi anak anda tersebut. Setelah itu anak anda juga harus memeriksakan giginya pada dokter gigi untuk dilakukan observasi agar diketahui penanganan yang tepat.

Seperti itulah informasi tentang 4 masalah gigi pada anak dan cara mengatasinya. Semoga dengan tips gigi diatas sahabat dokter gigi dapat merawat gigi keluarga dengan baik.

0 Response to "4 Masalah Gigi Anak dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment