Membersihkan Gigi dengan Benang Hingga Bagian Tersembunyi

Kesehatan Gigi - Membersihkan gigi tentunya dilakukan semua orang dengan banyak cara. Dan pada umumnya orang-orang berhenti dengan perawatan gigi hanya dengan menyikat gigi saja. Membersihkan gigi memang menjadi polemik tersendiri sebab akan sangat berbahaya jika anda tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi anda.

Namun untuk perawatan gigi yang komplet anda sebaiknya juga mencoba untuk membersihkan gigi menggunakan floss atau benang gigi. Benang gigi mencegah penyakit periodontal dengan cara menghilangkan plak dan memelihara gigi dan gusi. Sebab, jika plak tidak dihilangkan, maka bakteri akan menyerang enamel gigi sehingga menyebabkan halitosis (bau mulut), pembusukan, gigi berlubang dan bahkan kehilangan gigi.

Membersihkan Gigi dengan Benang

Tidak ada solusi lain untuk membersihkan gigi secara tuntas selain membersihkan gigi dengan menggunakan benang,

Berikut Cara Membersihkan Gigi Menggunakan Benang

1. Pilihlah Benang Gigi yang Efektif

Benang gigi banyak macamnya. Oleh karena itu pilih dan carilah benang gigi yang efektif untuk anda gunakan. Salah satunya adalah memilih jenis benang gigi yang lilin atau yang memiliki rasa.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk memilih benang gigi yang terbaik: 

  • Benang gigi dengan lapisan lilin cenderung mudah digeser di antara sela-sela gigi. 
  • Jika jarak antara gigi Anda cenderung lebar, maka benang gigi plester (tape floss) merupakan pilihan yang terbaik. 
  • Benang gigi umumnya menggunakan dua bahan utama: Nilon (atau multifilamen) dan PTFE (atau monofilamen). Benang gigi filamen tunggal sedikit lebih mahal, tetapi cenderung meluncur dengan mudah di antara gigi sehingga tidak cepat rusak. Wadah benang gigi umumnya tahan lama, jadi menggunakan benang gigi yang bukan nilon sangat sesuai untuk penggunaan jangka panjang. 
2. Tata Cara Penggunaan yang Benar

Gunakanlah benang gigi dengan cara yang benar agar pemanfaatannya lebih efektif. Tariklah sepanjang 45 cm benang gigi dan lilitkan sebagian besar benang pada kedua jari telunjuk. Lilitkanlah dengan cara baik dan ketat. Sebab saat menggunakannya dengan tepat maka akan membantumu menghilangkan segala kotoran pada gigimu. Sikat gigimu terlebih dahulu sebelum menggunakan benang gigi.

3. Cara Efektif

Untuk penggunaan yang lebih efektif, maka anda sebaiknya memegang erat benang gigi antara ibu jari dan jari telunjuk. Anda harus menyisakan benang gigi kira-kira sepanjang 7,5-9 cm. Ini adalah bagian yang akan digunakan untuk membersihkan gigi. Setelah melilitkan benang di sekeliling kedua jari telunjuk, Anda bisa menariknya dengan jari telunjuk dan jempol. Jempol berfungsi untuk membersihkan gigi bagian atas lalu jari telunjuk akan membantu membersihkan gigi bagian bawah.
Itulah cara membersihkan gigi dengan benang gigi hingga bagian tersembunyi. Selamat Mencoba.

0 Response to "Membersihkan Gigi dengan Benang Hingga Bagian Tersembunyi"

Post a Comment