8 Cara Mencegah Karies Gigi Pada Anak

Kesehatan Gigi - 8 Cara Mencegah Karies Gigi Pada Anak. Anak -anak merupakan usia yang sangat rentan mengalami masalah pada gigi. Sebab anak-anak banyak memakan makanan yang manis serta makanan  lainnya yang bisa merusak gigi. Jika hal tersebut tidak terkontrol maka secara berlanjut akan beresiko pada kesehatan gigi anak anda, akan muncul karies gigi atau pembusukan pada gigi anak yang dapat membuat anak kesakitan.  
ADVERTISEMENT
Gigi sebaiknya dirawat mulai dari awal. Oleh karena itu sebagai orang tua maka penting bagi anda untuk memberikan pengawasan dan juga melakukan hal-hal yang bisa mencegah karies gigi pada anak

    8 Cara Mencegah Karies Gigi Pada Anak    

Karies Gigi Pada Anak
Ilustrasi Mencegah Karies Gigi Pada Anak
Berikut 8 Cara Mencegah Karies Gigi Pada Anak.

 1  Bersihkan gigi anak sejak dini

Sejak kecil biasakanlah untuk menanamkan membersihkan gigi setiap hari utamanya malam sebelum tidur. Jika anda membiasakannya maka akan memberikan dampak positif bagi anak anda.

 2  Rutin memeriksakan ke dokter gigi

Anda harus memeriksakan anak anda ke dokter gigi dengan rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini agar kerusakan gigi juga bisa dideteksi sejak dini.

 3  Menggosok gigi secara rutin


Menggosok gigi 3 kali sehari merupakan hal yang harus anda kontrol pada anak anda. Jangan sampai ada dari jadwal sikat gigi anak anda yang terlewatkan apalagi jika anak anda setelah makan.

 4  siapkan makanan yang bergizi

Makanan akan sangat berpengaruh pada kerusakan gigi anda. Sebab jika anda memberikan makanan yang tidak sehat maka anak anda akan sangat berpotensi untuk mengalami kerusakan.

 5  Miliki benda privasi

Yang dimaksud disini adalah jika anda mempunyai sendok khusus untuk anak anda dan juga milikilah juga sikat gigi pribadi anda masing-masing.

 6  Hindari pasta gigi yang mengandung flouride

Hindari sikay gigi yang berflouriide sebab anak-anak belu cocok untuk menggunakan kandungan pasta gigi yang seperti itu.

 7  Hindari gula

Jangan memberikan gula pada anak anda. Anda bisa menggantinya dengan madu atau alternatif pemanis lainnya.

 8  Hindari makanan manis sebelum tidur

Jangan memberikan anak anda makanan manis saat ingin tidur. Sebab saat tidur maka proses karies alan lebih besar.

Seperti itulah 8 cara mencegah pembusukan gigi atau karies gigi pada anak. Semoga dengan tips diatas para anak indonesia dapat memiliki gigi yang sehat dan kuat. Para sahabat dokter gigi agar kiranya ikut membantu mewujudkan impian kami "Menuju Indonesia Sehat".

0 Response to "8 Cara Mencegah Karies Gigi Pada Anak"

Post a Comment