5 Cara Jitu Mengajari Anak Sikat Gigi

Kesehatan Gigi - 5 Cara jitu mengajari anak sikat gigi. Membiasakan anak anda rajin menyikat gigi sedini mungkin merupakan kewajiban bagi setiap orang tua. Hal itu merupakan kebiasaan baik dalam rangka menjaga kebersihan tubuh. Jika anak anda malas menyikat gigi maka akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan giginya. Malas menyikat gigi akan mengakibatkan bakteri berkembang biak dalam gigi anda.
ADVERTISEMENT
Sebagai orang tua yang baik anda sebaiknya jangan memaksakan anak anda untuk menyikat gigi. Carilah cara-cara yang jitu agar ia dengan sendirinya sadar akan pentingnya menggosok gigi demi kesehatan gigi dan mulutnya hingga dewasa nanti. Jadi simak tips mengajari anak sikat gigi dengan baik dibawah ini.

    5 Cara Jitu Mengajari Anak Sikat Gigi    

mengajari anak sikat gigi
Ilustrasi Ibu mengajari anak sikat gigi
Berikut ini merupakan cara jitu untuk mengajari anak anda dalam menyikat gigi.


 1  Cari tahu penyebab anak menolak untuk sikat gigi

Saat anak anda malas menggosok gigi maka pertama kali yang harus anda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya mengapa sampai ia menolaknya. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan mudah mencari jalan keluar agar anak anda mengubah kebiasaanya.


 2  Berusahalah selalu ceria saat mengajak anak menyikat gigi

Dibutuhkan ekstra kesabaran jika anda ingin mendidik anak anda. Sehingga jika anak anda membandel maka anda harus sabar dan juga menghadapi anak anda dengan selalu ceria. Usahakanlah untuk selalu tersenyum ceria saat mengajak anak anda menggosok gigi.

 3  Dampingi anak dan beri contoh cara menyikat gigi yang benar

Saat mendampingi anak anda menggosok gigi maka anda juga sebaiknya memberikan contoh yang baik. Hindarilah hanya menyuruh anak anda tanpa memberikannya contoh dan teladan yang baik.


 4  Ajarkan dengan kata-kata yang mendidik bahwa gigi yang tidak di sikat akan menyebabkan bau mulut dan sakit gigi

Hindari untuk memberikan anak anda kata-kata yang kurang enak di dengar. Berikanlah alas an yang rasional agar anak anda memahami dengan betul alasan untuk menjaga kesehatan giginya.


 5  Anak berusia dibawah 2 tahun belum bisa berkumur dan belum memiliki kemampuan meludah yang baik.

Jika anak anda berusia di bawah dua tahun tentu saja anda tidak boleh memaksanya sebab ia belum memiliki kemampuan yang baik dalam meludah dan juga berkumur. Anda haruslah memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak anda.

Jangan lewatkan tips kesehatan gigi lainnya :

Seperti itulah langkah yang baik untuk di terapkan ibu untuk mengajari anaknya untuk sikat gigi secara teratur. Semoga dengan 5 cara ampuh mengajari anak sikat gigi anak anda akan rutin tanpa harus disuruh untuk melakukannya agar dapat membuat gigi dan mulut anak tetap sehat, terhindar dari penyakit.

1 Response to "5 Cara Jitu Mengajari Anak Sikat Gigi"

  1. sangat menginspirasi. terutama bagi para orang tua. nice tips :D

    ReplyDelete