Inilah Pentingnya Menyikat Gigi di Malam Hari Bagi Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi - Merawat gigi tentunya memiliki kedisiplanan tertentu. Melewatkan sekali saja menggosok gigi akan membuat anda beresiko mendapatkan masalah pada gigi anda. Banyak sekali orang yang meremehkan hal ini. Sehingga jika mereka ingin tidur di malam hari, mereka tidak memperdulikannya dan beranggapan bahwa menyikat gigi sebelum tidur tidaklah begitu penting.

Padahal, pentingnya menyikat gigi sebelum tidur di malam hari, tidak kalah pentingnya menyikat gigi saat setelah makan. Agar anda mengetahui betapa pentingnya menyikat gigi di malam hari di bawah ini merupakan beberapa penjelasan, mengapa menyikat gigi di malam hari sangatlah penting.

Pentingnya Menyikat Gigi di Malam Hari

Berikut Alasan Pentingnya Melakukan Sikat Gigi di Malam Hari

1. Bakteri Perusak Gigi Lebih Aktif di Malam Hari
Telah terbukti bahwa bakteri akan lebih aktif di malam hari. Faktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Kekurangan air liur akan terjadi jika anda tidak menyikat gigi sebelum tidur. Jadi ketika Anda melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang dan merusak gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

Baca juga : Tips Memilih Sikat Gigi yang Baik untuk Kesehatan Gigi

2. Berkumur Tidak Cukup
Jika anda merasa sikat gigi pada sore hari sudah cukup maka tinggalkanlah pemikiran tersebut. Kebiasaan yang terjadi di masyarakat adalah menyikat gigi pada waktu mandi sore, sehingga mereka merasa sudah cukup dan tidak menyikat lagi pada malam hari dan kemudian dikompensasi hanya dengan berkumur. Berkumur tidak cukup membuat mulut anda bersih terutama membersihkan sela-sela gigi terhadap sisa-sisa makanan.

3. Seringkali Anda Makan atau Ngemil Sebelum Tidur
Banyak kebiasaan bahwa mengemil dan makan sebelum tidur bisa membuat anda nyenyak. Namun ingatlah saat anda ngemil anda pastinya sudah tidak ingin ke kamar mandi untuk menyikat gigi. Ketika Anda sudah menyikat gigi pada jam malam menjelang tidur sebaiknya jangan makan lagi, karena akan percuma jika Anda makan lagi dan langsung tidur. Pastikan Anda tidur dalam keadaan gigi bersih.

Lihat : Cara Benar Menggosok Gigi

4. Mengurangi Bau Mulut di Pagi Hari
Jika anda menyikat gigi sebelum tidur maka dapat mengurangi risiko bau mulut pada saat anda bangun pag. Sebab bakteri mulut di pagi hari tidak akan berkembang karena malam sebelumnya anda telah menyikat gigi anda.

Mungkin banyak alasan olehnya itu anda tidak menyikat gigi di malam hari. Bisa saja karena mengantuk atau lelah membuat kita tidak sepenuhnya benar dalam menyikat gigi sebelum tidur. Selalu ingatlah 4 butir diatas dan mulailah sadar untuk menyikat gigi dengan baik dan benar.

1 Response to "Inilah Pentingnya Menyikat Gigi di Malam Hari Bagi Kesehatan Gigi"