Anak Anda Malas Menyikat Gigi? Inilah 6 Trik Agar Menyikat Gigi Menyenangkan

Kesehatan Gigi - Membiasakan menyikat gigi untuk anak anda harus dimulai sejak dini saat ia berusia balita. Namun tidaklah mudah mengajarkan dan membiasakan menyikat gigi pada anak anda. Sebab hampir seluruh anak-anak sangat sulit untuk diajak menyikat gigi.

Namun tantangan tersebut tidaklah boleh membuat anda mundur dan menyerah menyuruh anak anda menyikat gigi. Sebab banyak cara-cara yang bisa menjadi solusi anda agar menyikat gigi menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk anak anda.

Anak rajin sikat gigi

Berikut merupakan trik agar menyikat gigi bagi anak menjadi menyenangkan.

1. Contohkan cara menyikat gigi yang benar

Saat anda menyuruh anak menyikat gigi, janganlah menyuruhnya dengan kata-kata saja. Namun anda harusnya memberikan praktek dan contoh bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Contohkan menyikat gigi bagian depan dari atas kebawah dan gerakan memutar, lalu menyikat gigi bagian dalam sehingga anda dan anak anda bisa bersama melakukan aktifitas menyikat gigi yang benar.

2. Kompetisi sikat gigi

Lakukan kompetisi gigi untuk anak anda. Anda bisa menyiapkan kalender dan stiker yang disukai anak. Sehingga saat selesai menyikat gigi maka anda bisa menempelkan stiker favoritnya pada kalender yang telah Anda siapkan. Anda bisa menyiapkan hadiah dan penghargaan kepada anak anda jika stiker itu terpasang tanpa henti.

3. Buat permainan seperti superhero

Anda bisa membuat anak menjadi superhero yang membasmi musuh yaitu bakteri yang ada pada giginya. Sehingga ia akan merasa bahwa menyikat gigi adalah kewajibannya dan akan menjadikan aktifitas sikat gigi menjadi hal yang menyenangkan.

4. Putar musik favoritnya

Saat menyuruh anak sikat gigi maka anda bisa memilih dan memutar musik favoritnya sehingga ia juga merasa bersemangat. Putarkan musik kesukaan itu saja di saat-saat tertentu, utamanya saat anda menyuruh mereka menyikat gigi.

5. Biarkan anak melakukan semuanya sendiri

Anak-anak senang melakukan hal sendiri, sehingga kesempatan menyikat gigi sejak awal dimulai dengan mengijinkannya melakukannya sendiri. Jangan memaksa dan menyikat giginya dengan paksa, usahakan dia yang ingin melakukannya sendiri.

6. Ganti pasta gigi yang lebih menarik

Sebaiknya pilihlah pasta gigi yang menarik dipandang mata oleh anak. Bisa dengan rasa yang enak seperti rasa buah, atau dengan pasta gigi dengan gambar-gambar yang menarik. Hal itu bisa menarik minat anak anda agar selalu rajin menyikat gigi.
Itulah beberapa trik yang bisa anda lakukan agar menyikat gigi menyenangkan.

0 Response to "Anak Anda Malas Menyikat Gigi? Inilah 6 Trik Agar Menyikat Gigi Menyenangkan"

Post a Comment