Pentingkah Menyikat Gigi Setelah Makan?

Kesehatan Gigi - Informasi yang akan dibagi kali ini adalah membahas bagaimana pentingnya menyikat gigi utamanya setelah makan. Semua orang tentu saja setiap orang ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat tanpa ada penyakit dan masalah gigi apapun. Semua orang tahu bahwa cara yang paling baik dalam memelihara kesehatan gigi adalah dengan menjaga kebersihannya. Tentu saja kebersihan gigi ini dapat dicapai dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, yakni pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Banyak sekali orang terbiasa menyikat gigi saat baru bangun pagi. Hal ini membuatnya percaya bahwa giginya akan sehat. Namun sebenarnya saat menyikat gigi anda di pagi hari anda tidak bisa maksimal membersihkan seluruh rongga mulut dengan benar.Selain itu, ada satu kebiasaan lain yang juga dapat membahayakan kesehatan gigi yaitu menyikat gigi sesaat setelah makan makanan yang asam dan minuman bersoda.
Anda haru tahu bahwa jenis makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi dapat melemahkan email gigi. Jika anda menyikat gigi saat email melemah - yang diakibatkan oleh makanan dan minuman yang mengandung asam - akan membuat lapisan email Anda hilang dan hal tersebut akan memperburuk kondisi gigi anda. Sebaiknya anda menunggu sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi anda setelah makan. Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam menyikat gigi, yang juga perlu di perhatikan adalah cara menyikat gigi. Baca : Cara Benar Menggosok Gigi

Menyikat Gigi Setelah Makan

Berikut adalah cara-cara menyikat gigi yang dianjurkan:

1. Sikatlah gigi dengan gerakan vertical dari atas kebawah (dari gusi ke gigi) dan melingkar, bukan dari sisi ke sisi atau horizontal

2. Gunakan bulu sikat yang medium atau lembut

3. Sikatlah gigi selama 2-3 menit

4. Gunakan sikat gigi yang ukurannya sesuai dengan mulut dengan ujung kepala mengecil

Artikel Lainnya : Cara Membersihkan Noda Putih di Lidah

Itulah beberapa informasi singkat terkait menyikat gigi setelah makan. Olehnya itu anda sebaiknya menjaga agar cara membersihkan dan menjaga agar gigi tetap sehat dilakukan dengan cara benar.

1 Response to "Pentingkah Menyikat Gigi Setelah Makan?"