10 Cara baik dan Benar Menggosok Gigi

Kesehatan Gigi dan Mulut - inilah 10 cara yang benar membersihkan gigi dan mulut. Penampilan yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting di perhatikan. Ada banyak hal yang harus di jaga jika ingin penampilan anda tetap menarik. Salah satunya dengan merawat kesehatan gigi dan mulut. Saat anda berinteraksi dengan orang lain, maka kebersihan dan putihnya gigi anda akan menjadi hal yang utama. 

Oleh Karena itu menggosok gigi anda haruslah dengan cara yang baik dan benar. Sebab jika asal-asalan saja maka hasilnya tidak akan maksimal dan memberikan hasil yang kurang baik bagi gigi anda. Pahami dan terapkan 10 cara baik dan benar menggosok gigi agar anda dapat memiliki gigi putih sehat dan kuat.



 Menggosok Gigi
Ilustrasi Cara Gosok Gigi yang Benar

     10 Cara Terbaik dan Benar Menggosok Gigi     

 1  Kurangi penggunaan odol yang berlebihan

Banyak sekali orang yang salah memahami bahwa dengan menggunakan banyak busa lewat odol maka akan membuat gigi cepat bersih. Namun sebaiknya anda menggunakan odol yang seukuran biji jagung saja sebab jika busa saat menyikat gigi banyak akan membuat anda ingin cepat menyelesaikannya.
ADVERTISEMENT

 2  Gosok gigi 45 menit setelah mengonsumsi soda

Soda dapat membuat gigi and rapuh jika langsung menggosoknya stelah mengonsumsinya. Sisa asam pada soda yang bercampur zat yang ada pada odol atau pasta gigi akan membuat gigi anda cukup berpotensi untuk rapuh.


 3  Gosok dengan lembut

Saat menggosok gigi, gosoklah gigi anda dengan lembut. Jangan terlalu keras dan gosoklah dengan lama di arah depan terlebih dahulu. Menggosok gigi dengan keras akan menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitive. Jadi pahami 10 cara baik dan benar menggosok gigi.

 4  Sikat satu persatu

Sikat gigi anda satu persatu dan hindari untuk menyikatnya secara keseluruhan. Saat menyikat gigi anda habiskanlah waktu 12-13 detik per gigi hingga gigi anda benar-benar bersih. Rongga mulut anda sebaiknya anda bersihkan dengan baik.

 5  Sikat arah vertical

Sikat gigi anda dengan arah vertical hingga seluruh kotoran pada sela-sela gigi anda juga ikut terangkat. Usahakan untuk memeriksa seluruh sela-sela gigi anda setiap menyikat gigi anda.

 6  Vertikal di bagian kanan dan kiri

Setelah menyikat gigi bagian depan, maka beralihlah menyikatnya secara vertical di bagian samping kanan dan kiri anda. Pastikan seluruh bagian samping gigi anda tersikat dengan baik satu persatu.

 7  Bagian dalam gigi

Setelah menyikat bagian samping kanan dan kiri, berikutnya adalah menyikat bagian dalam gigi anda. Sikat dengan baik secara merata dan bersih sebab bagian dalam gigi merupakan bagian yang banyak menyimpan sisa-sisa makanan.

 8  Menyikat lidah dan langit-langit

Saat menyikat gigi, bukan hanya gigi saja yang harus anda perhatikan, namun sikatlah pula lidah anda dan juga langit-langit, sebab bakteri juga bisa bersarang di dua tempat tersebut.

 9  Gunakan penyegar mulut

Penting juga bagi anda untuk menggunakan cairan penyegar mulut. Sebab dengan cairan mulut tersebut anda bisa mengurangi jumlah bakteri pada mulut anda. Mulut anda akan segar dan terhindar dari bakteri.

 10  Pilihlah sikat yang lembut

Saat memilih sikat gigi, maka pilihlah yang sikatnya lembut karena dengan menggunakan sikat yang keras maka akan merusak gusi. Setelah pemakaian sikat gigi yang lebih dari 3 bulan, maka anda perlu segera menggantinya dengan yang baru. Sebab akan memberikan hasil yang kurang maksimal saat menyikat gigi anda.

Jangan Lewatkan Tips Merawat Gigi Lainnya :


Terima kasih telah membaca 10 cara baik dan benar menggosok gigi. Semoga dengan tips diatas anda dan keluarga dapat melakukan menerapkannya untuk kesehatan gigi dan mulut.

4 Responses to "10 Cara baik dan Benar Menggosok Gigi"