5 Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi

Gigi dan Mulut - Cara mencegah munculnya karang gigi perlu Anda perhatikan sejak dini ketika Anda ingin gigi tetap sehat dan kuat. Saat plak pada gigi bersarang, maka Anda harus siap gigi Anda keropos seiring dengan berjalannya waktu. 

Bukan hanya itu saja, plak gigi juga bisa menyebabkan Anda tidak percaya diri saat bergaul karena bisa menyebabkan bau mulut atau gigi menguning. 

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan pada karang gigi? Haruskah Anda rajin berkonsultasi ke dokter atau mengatur pola makan? Jika Anda penasaran dengan pencegahan plak gigi, simak informasi berikut ini.

      5 Cara Mencegah Muculnya Karang Gigi      

Cara Mencegah Karang Gigi
Ilustrasi Memliki Karang Gigi 
 1  Rutin Menyikat Gigi

Racin Sikat Gigi Cegah Karang Gigi

Ketika Anda membicarakan tentang kesehatan gigi dan mulut, Anda pasti tak bisa lepas dengan yang namanya kebiasaan menyikat gigi. Kebiasaan yang biasa dilakukan saat mandi atau sebelum tidur ini perlu Anda lakukan secara rutin jika Anda ingin mencegah karang gigi bersarang pada gigi putih Anda. Cara mencegah karang gigi dengan menyikat gigi ini tentunya harus Anda lakukan setiap hari. Setidaknya saat Anda mandi, setelah makan, dan sebelum tidur. Yang bisa Anda lakukan, Anda hanya perlu menyikat gigi dari atas ke bawah supaya sisa-sisa makanan yang menempel di gigi bisa terlepas dan tidak menyebabkan plak pada gigi.
ADVERTISEMENT


 2  Berkumur dengan Mouth Wash Alami

Berkumur untuk atasi karang gigi

Berkumur dengan mouth wash adalah salah satu cara mencegah karang gigi yang sebenarnya sepaket dengan tips mencegah karang gigi sebelumnya. Berkumur pastinya dilakukan setelah Anda menyikat gigi Anda. Berkumur tak boleh sembarangan. Tidak hanya sekedar berkumur dengan menggunakan air karena sisa-sisa makanan masih bisa bersarang di gigi. Jika sisa-sisa makanan menumpuk, tentunya akan menyebabkan plak pada gigi. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan pencegahan pada plak gigi, Anda bisa menggunakan mouth wash air garam atau air daun sirih.


 3  Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Buah dan Sayur Karang Gigi



Cara mencegah timbulnya karang gigi bisa Anda lakukan dengan cara mengontrol makanan yang masuk pada mulut. Makanan yang bisa mencegah timbulnya plak gigi adalah sayuran dan buah. Kedua tipe makanan tersebut mengandung serat yang banyak mengandung vitamin. Vitamin itulah yang bisa membantu produksi air liur yang bisa mencegah timbulnya karang pada gigi. Maka dari itu, ketika Anda ingin mencegah timbulnya karang pada gigi, konsumsi secara rutin sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut tak hanya baik untuk gigi Anda saja, tetapi juga untuk tubuh Anda.

 4  Mengkonsumsi Air Putih

Air Putih untuk atasi karang gigi

Cara mencegah karang gigi yang selanjutnya adalah mengkonsumsi air putih secara teratur. Air putih ini tak hanya bagus untuk gigi dan mulut saja, tetapi juga bagus untuk organ tubuh yang lain. Ketika Anda mengkonsumsi air putih, tentunya air tersebut tak akan meninggalkan noda pada gigi. Tak seperti, minum kopi atau minuman keras yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Itulah mengapa air putih bisa dikatakan sebagai alat untuk mencegah timbulnya plak pada gigi Anda. Jadi, minumlah 8 gelas air putih setiap hari, maka karang gigi akan jauh dari gigi Anda.

 5  Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin ke Dokter
Periksa kedokter


Rutin memeriksakan gigi Anda ke dokter adalah bentuk pencegahan karang gigi. Karang gigi tak muncul begitu saja setelah Anda mengkonsumsi makanan. Melainkan, bersarang setelah sisa-sisa makanan mengendap di gigi selama beberapa waktu. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda menyempatkan diri untuk rajin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Saat Anda rajin, jika karang gigi sudah mulai tampak, dokter bisa dengan mudah membersihkannya. Begitu juga dengan gangguan gigi yang lain, bisa dengan mudah diatasi oleh dokter gigi kepercayaan Anda. 
Semoga informasi tentang cara mencegah munculnya karang gigi di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca, karena karang gigi dapat membuat gigi rapuh dan rusak.

0 Response to "5 Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi"

Post a Comment