Waspadai Penyebab Munculnya Karang Gigi dari Sekarang!

Gigi dan Mulut - Penyebab munculnya karang gigi adalah salah satu informasi yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Bagaimana tidak, Anda terkadang tak sadar kapan karang gigi bersarang di gigi Anda. 

Anda pun juga tak tahu pasti apa sebenarnya penyebabawal karang gigi ada di gigi Anda. Yang Anda tahu hanyalah karang gigi sudah terselip cantik gigi Anda dan bersarang dengan santai di sekitar gigi Anda. 


ADVERTISEMENT
Alhasil, karang gigi tersebut tak membuat Anda percaya diri dalam pergaulan. Nah, jika Anda penasaran dengan penyebab munculnya karang pada gigi, simak informasi berikut ini.

      Ketahui Penyebab Munculnya Karang Gigi      

Penyebab Munculnya Karang Gigi
Ilustrasi Memiliki karang Gigi
Karang gigi atau plak gigi adalah salah satu masalah pada gigi yang hampir dialami oleh semua orang. Walaupun terkadang, beberapa orang menganggap enteng plak gigi karena mereka tak tahu sebenarnya apa bahaya jika karang gigi bersarang di gigi mereka. Tapi apa sebenarnya bahaya dari karang gigi tersebut? Salah satu bahayanya adalah membuat gigi Anda mudah keropos. Tentu Anda tak mau bukan memiliki gigi yang gampang keropos. Penyebab munculnya karang gigi biasanya karena sisa-sisa makanan yang sudah tercampur dengan zat mineral yang tertempel pada gigi.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya karang gigi. Pertama, Anda malas untuk membersihkan gigi Anda setelah makan. Tentunya, saat Anda mengkonsumsi makanan, Anda akan mencernanya menggunakan gigi, sebelum usus mencernanya menjadi sari-sari makanan. Nah, saat gigi memotong dan merobek-robek makanan yang Anda makan, akan meninggalkan bekas-bekas sisa makanan pada alat pemotong tersebut. Saat Anda tak mau membersihkannya, maka lama-kelamaan sisa-sisa makanan tersebut akan menumpuk pada sela-sela gigi dan menyebabkan semacam noda kuning pada gigi.

Ketika Anda menyadarinya, mungkin Anda akan berusaha untuk membersihkan penyebab munculnya karang gigi tersebut. Anda akan berusaha menyikat gigi Anda sesering mungkin dan Anda pun akan mengutak atik karang agar terlepas dari gigi. Namun, kenyataannya, usaha Anda terkadang sia-sia. Sisa-sisa makanan pada gigi tersebut sudah terlanjur mengeras dan berwarna hitam. Sehingga, saat Anda membersihkannya, gigi Anda malah mengeluarkan darah karena karang sudah berbentuk seperti kerikil-kerikil kecil. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, mungkin Anda tidak bersih ketika menggosok gigi atau Anda tak tahu cara bagaimana menggosok gigi yang benar.

Sebenarnya, penyebab munculnya karang gigi tidak hanya sisa-sisa makanan atau Anda kurang bersih saat menggosok gigi. Tetapi, karang gigi bisa muncul karena sisa-sisa makanan tersebut telah bercampur dengan bakteri-bakteri jahat pada mulut yang akhirnya mengkristal di gigi dan membentuk plak. Saat plak sudah mulai tampak, Anda pun bisa mengatasinya dengan rutin atau rajin menggosok gigi. Tetapi, saat plak sudah mengeras, maka Anda pun tak bisa mengatasinya dengan hanya menyikat giginya. Anda harus pergi ke dokter dan membersihkan plak-plak yang menempel pada gigi sebelum plak tersebut menggerogoti gigi Anda.

Agar karang gigi tidak muncul, Anda juga sebaiknya memperhatikan pola makan Anda. Anda sebaiknya mengurangi makanan-makanan yang bisa menjadi penyebab munculnya plak pada gigi, seperti makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Lalu, apa yang seharusnya Anda makanan yang sebaiknya Anda makan supaya karang gigi tak muncul di gigi Anda? Anda sebaiknya memperbanyak asupan sayuran dan buah karena kedua makanan tersebut dapat membantu mencegah timbulnya karang gigi. Anda pun juga sebaiknya rajin berkonsultasi ke dokter supaya penyebab munculnya karang gigi terdeteksi dengan cepat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Lihat juga : 5 Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi

0 Response to "Waspadai Penyebab Munculnya Karang Gigi dari Sekarang!"

Post a Comment