9 Tips Perawatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil

Kesehatan Gigi dan Mulut - Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa seorang wanita hamil lebih memiliki resiko untuk terserang gangguan penyakit gigi dan gusi. 

Secara umum gangguan itu tentunya akan berpengaruh pada kesehatan mulut secara keseluruhan. Sehingga penting pula bagi ibu hamil untuk memberikan perhatian pada kesehatan mulutnya.
Sebagai tips tambahan bagi ibu hamil, maka artikel di bawah ini akan memberikan anda cara menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

     9 Tips Perawatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil     

 1  Gunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.

Jangan menganggap remeh mengenai ukuran sikat gigi yang harus anda gunakan. Sebab dengan ukuran yang tidak pas akan memberikan efek rusaknya gusi akibat seringnya terkena gesekan sikat gigi dan gusi.

 2  Seringlah berkumur

Ibu hamil akan mempunyai produksi air liur yang banyak. Oleh karena itu seringlah berkumur agar bakteri yang ada pada air liur juga ikut terbuang. Juga penting bagi anda untuk berkumur dengan air hangat yang telah dicampur garam yang berfungsi membersihkan rongga mulut dari sisa lemak pada mulut anda. cara ini sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil.

 3  Pilihlah pasta gigi yang tepat

Pasta gigi juga hal yang penting, sebab kebanyakan pasta gigi menyebabkan alergi pada mulut ibu hamil. Apalagi banyak dari ibu hamil yang selalu merasa mual, oleh karena itu pilihlah pasta gigi yang fresh dan segar di mulut.

 4  Sikat gigi dengan teratur

Menyikat gigi dengan teratur dua kali sehari merupakan tips yang sangat umum. Namun penting untuk selalu mengingatkan kepada ibu hamil untuk menjaga itu, juga janganlah menyikat asal-asalan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang benar seperti menyikat vertikal dan juga secara membulat pada setiap gigi anda.

 5  Gunakan obat kumur

Obat kumur pada ibu hamil sangatlah baik untuk mengontrol keasaman mulut ibu hamil. Namun penting bagi anda memeriksa label kesesuaian penggunaan untuk ibu hamil. Namun tetap ingat untuk mengonsultasikan pada dokter anda.

 6  Merawat gigi palsu dengan baik

Jika anda telah menggunakan gigi palsu maka rawatlah gigi tersebut dengan teratur utamanya saat hamil. Hal tersebut akan sangat berbahaya jika diabaikan, sebab gigi palsu lebih beresiko bermasalah utamanya kontak dengan gusi.

 7  Perbanyak konsumsi buah

Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan B 12 akan sangat baik bagi gigi dan juga utamanya pada ibu hamil. Oleh karena itu perbanyaklah untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat membantu memberikan asupan bagi kesehatan ibu hamil.

 8  Penuhi kalsium anda

Kebutuhan kalsium utamanya bagi ibu hamil merupakan hal yang utama sebab kebutuhan tersebut pastinya akan berlipat ganda. Konsumsilah makanan dengan zat yang alami sehingga mudah diserap oleh janin dan juga baik bagi kesehatan gigi anda.

 9  Kurangi makanan yang asam dan manis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan manis dan asam sangatlah bersiko untuk gigi dan mulut. Olehnya itu kurangilah selama anda menjalani masa kehamilan. Sebab seperti telah dibahas sebelumnya bahwa resiko kerusakan gigi dan mulut pada ibu hamil akan sangat tinggi.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Gigi Lainnya :

Terima kasih telah membaca 9 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil. Semoga dengan tips diatas gigi dan mulut anda dapat sehat segar setiap saat.

0 Response to "9 Tips Perawatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil"

Post a Comment