5 Cara Merawat Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Gigi dan Mulut - Inilah 5 Cara Merawat Gigi dan Gusi Ibu Hamil. Wanita hamil sangatlah beresiko dalam mengalami berbagai penyakit. Saat hamil seorang wanita sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya sebab hal itu akan berpengaruuh abginya dan juga kesehatan janinnya. Jika seorang wanita hamil tidak menjaga kesehatannya, bukan saja dirinya yang akan terancam.

Masalah gigi bagi ibu hamil bukanlah hal yang baru. Bagi wanita hamil kerusakan gigi seperti inflamasi gusi, serta kekeroposan gigi merupakan hal yang akan dialami oleh wanita hamil. Sebab nutrisi dan kebutuhan tubuh lainnya haruslah bertambah dua kali lipat dengan adanya janin dikandungannya. Oleh karena itu beberapa tips di bawah ini merupakan cara merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan.

     5 Cara Merawat Gigi dan Gusi saat Hamil      

Gigi dan Gusi Ibu Hamil
Ilustrasi Perawatan Gigi dan Gusi Selama Kehamilan
 1  Sikat gigi teratur

Menyikat gigi secara teratur mungkin sudah menjadi pengetahuan umum untuk kesehatan gigi. Tetapi masih ada yang meremehkan hal tersebut bahkan bagi wanita hamil. Padahal dengan menyikat gigi secara teratur akan memberikan bantuan untuk menjaga gusi dan gigi anda dari bakteri jahat yang bisa merusak gigi.

 2  Pergi ke dokter gigi

Memeriksakan gigi anda secara rutin saat hamil merupakan hal yang sangat penting. Tidak hanya menkonsultasikan janin saja, anda juga perlu memperhatikan kesehatan gigi dan gusi sebab kerusakannya akan berdampak setelah anda melahirkan dan akan sulit untuk di kembalikan serta diobati lagi. Lakukan apa yang disarankan oleh dokter untuk merawat gigi dan gusi saat hamil.

 3  Bersihkan karang gigi setiap enam bulan


Membersihkan karang gigi di kehamilan pada bulan keenam juga sangat penting. Secara rutin seharusnya anda membersihkan karang gigi pada masa kehamilan 6 bulan dan membiarkan gigi anda untuk dibersihkan dari karang serta bakteri jahat yang bersarang pada gigi dan gusi anda.

 4  Makan yang tepat

Anda juga haruslah sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Makanan yang mengandung zat yang baik bagi gigi juga sangatlah penting. Selain itu jika anda mual saat hamil, pilihlah makanan yang nantinya tidak merusak kesehatan gigi dan gusi anda.

 5  Kunyah permen karet dan minum air

Air liur merupakan zat yang sangat baik bagi kesehatan gigi dan gusi. Sehingga dengan mengunyah permen karet sebanyak mungkin maka akan memberikan stimulus untuk memproduksi liur. Selain itu banyak minum air putih juga akan sangat bermanfaat.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Gigi dan Mulut :

Terima kasih telah membaca 5 Cara Merawat Gigi dan Gusi Ibu Hamil. Semoga dengan tips diatas gigi dan gusi anda selama masa kehamilan dapat terjaga setiap saat.

0 Response to "5 Cara Merawat Gigi dan Gusi Ibu Hamil"

Post a Comment