5 Cara Mengatasi Sariawan di Lidah Secara Alami

Kesehatan Lidah - Cara Mengatasi Sariawan di Lidah Secara Alami. Sariawan merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang utamanya di musim panas dan kemarau. Sariawan sendiri merupakan penyakit keci dan selalu dianggap enteng karena hanya merupakan luka kecil di mulut dan lidah, namun tentu siapa saja tahu kalau sariawan sangat menyiksa anda. Apalgi saat makan, maka sariawan akan menganggu nafsu makan karena rasa perih dari sariawan yang anda rasakan. Bukan hanya itu, sariawan juga sangat sulit untuk sembuh.
Banyak sekali penyebab dari sariawan, diantaranya adalah kekurangan vitamin C. namun salah satu penyebab yang juga jarang anda pikirkan adalah karena panas dalam yang diakibatkan oleh makanan panas dan pedas. Sariawan juga biasanya disebabkan oleh gejala hormon yang tidak seimbang, bahkan jika anda sedang banyak pikiran dan stress sariawan bisa tumbuh di mulut di lidah anda.

Hal yang sangat menyiksa adalah sariawan pada lidah. Sariawan yang ada pada lidah juga menyebabkan indra perasa anda terganggu sehingga penderitaan saat makan juga akan makin terganggu.

Panduan dan cara mengatasi sariawan pada lidah secara alami

1. Berkumur dengan air garam

Gunakanlah air garam untuk mengobati sariawan anda pada lidah. Anda bisa mencampurkan air garam dengan air hangat lalu berkumur dengan menggunakan larutan air garam tersebut. Air garam juga mampu membersihkan mulut dari bakteri yang bisa memperparah sariawan anda. Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari dengan menggunakan larutan tersebut.

2. Baking soda

Selain air garam, salah satu dari bahan yang bisa anda gunakan berkumur saat sariawan pada lidah anda menyiksa adalah baking soda. Baking soda bisa anda larutkan seperti melarutkan air garam tadi dan digunakan untuk berkumur. Baking soda juga baik membunuh bakteri seperti halnya air garam, dan juga mampu mengeringkan luka sariawan di lidah.

Baca juga : Cara Mengatasi Lidah Terasa Pahit Saat Sakit

3. Tomat

Sariawan terjadi saat anda kekurangan vitamin C. salah satu buah yang kaya akan vitamin C adalah buah tomat. Ambillah buah tomat dan belah hingga dagingnya terlihat. Anda bisa mengoleskan sariawan anda dengan buah tomat tersebut khususnya di pagi hari, walaupun terada amat perih namun khasiat tomat sangatlah ampuh. Selain itu tomat juga mampu mengeringkan luka sariawan dengan cepat.

Lihat : Cara Mengobati Radang Tenggorokan

4. Daun kemangi dan kunyit

Seperti banyak diketahui bahwa kunyit memberikan banyak sekali manfaat karena mengandung antioksidan yang tinggi. Sama halnya denha daun kemangi. Untuk daun kemangi anda bisa langsung saja mengunyahnya atau meminumnya. Sedangkan untuk menggunakan kunyit anda bia membuat pasta dengan menggunakan bahan kunyit dan mengoleskannya pada sariawan anda di lidah.

Artikel Lainnya : Cara Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah

5. Mengonsumsi yogurt

Yogurt merupakan minuman yang sangat baik dalam menyeimbangkan bakteri dalam tubuh anda. Dengan menginsumsi yogurt maka anda bisa mengontrol bakteri pada mulut yang juga merupakan salah satu penyebab dari tumbuhnya dan semakin parahnya sariawan anda.

Itulah beberapa dari cara mengatasi sariawan pada lidah secara alami. Selamat mencoba.

1 Response to "5 Cara Mengatasi Sariawan di Lidah Secara Alami"