8 Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Kesehatan Gigi - Pada kesempatan kali ini ini saya akan membahas tentang radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan iritasi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus Pyogenes yang mengakibatkan batuk,gatal, suara serak dan rasa sakit ketika menelan makanan. Bakteri penyebab radang tenggorokan ini sangat mudah sekali menyebar melalui udara akibat bersin ataupun batuk dari penderitanya. Seringkali kita menyepelekan radang tenggorokan ini karena efek yang ditimbulkannya hanya berupa batuk, namun perlu kita ketahui pula bahwa akibatnya bisa fatal apabila terus dibiarkan. Gejala radang tenggorokan biasanya ditandai dengan kesulitan saat menelan, tenggorokan terasa sakit, demam, dan amandel membengkak. Untuk mengatasinya saya akan memberikan solusi Cara Mengobati Radang Tenggorokan.
ADVERTISEMENT
Teknik pengobatan radang tenggorokan ini ada beberapa macam,untuk cara tradisional sendiri juga cukup beragam seperti tips pengobatan radang tenggorokan dibawah ini.

  Cara Mengobati Radang Tenggorokan  

mengobati radang tenggorokan
Ilustrasi Mengalami radang tenggorokan
Berikut 8 cara Sederhana mengatasi radang tenggorokan ala rumahan.

 1  Minum Teh Jahe
Jika anda adalah penggemar teh maka kita dapat memilih cara ini. Gunakan 1 inci jahe yang dimemarkan lalu direbus selama 2 menit. Campurkan jahe dengan teh yang telah kita buat.

 2  Berkumur Dengan Campuran kunyit, garam dan air
Radang tenggorokan dapat kita atasi dengan mencampurkan 1 sdt garam, sejumput kunyit, dan 200 ml air hangat. Setelah dicampurkan gunakanlah untuk berkumur.

 3  Daun Kemangi Rebus
Selain digunakan dalam memasak, daun kemangi dapat mengatasi radang tenggorokan. Caranya kita rebus daun kemangi lalu air rebusannya diminum atau digunakan untuk berkumur.

 4  Madu dan Lemon

Madu rasanya manis, apabila dikombinasikan dengan rasa masam pada lemon maka akan dapat mengobati radang tenggorokan. Caranya kita campurkan secangkir air hangat dengan satu sendok makan lemon dan satu sendok makan madu.


 5  Menghirup Uap Panas
Selain dapat mengatasi filek, uap panas juga dapat mengatasi sakit tenggorokan, caranya letakan air panas pada wadah kemudian pakailah handuk untuk menutupi kepala dan wadah yang berisi air panas, hiruplah uap panasnya.

 6  Makan Sup
Pada saat sakit tenggorokan, mengkonsumsi sup merupakan hal yang baik, mengkonsumsi sup hangat dapat meredakan peradakan dan menjaga asupan nutrisi bagi tubuh.

 7  Memakan Bawang Putih
Bawang putih dapat mengatasi peradangan karena mengandung allicin yang dapat membunuh bakteri. Kunyahlah sedikit bawang putih supaya mengeluarkan senyawa allicin yang dapat mengatasi bawang putih.

 8  Jus Belimbing
Buah belimbing mengandung senyawa yang bersifat antiradang, buah belimbing yang kita buat sebagai jus dapat mengobati berbagai macam radang termasuk radang tenggorokan.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Tenggorokan Lainnya :

Itulah tadi beberapa cara mengatasi radang tenggorokan yang dapat kita coba sendiri dirumah. Rupanya artikel mengenai Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan. Semoga dengan tips diatas sahabat dokter gigi dan mulut dapat menghilangkan radang tenggorokan.

0 Response to "8 Cara Mengobati Radang Tenggorokan"

Post a Comment