3 Cara Menghentikan Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

Kesehatan Gigi - Kebiasaan mengerat gigi adalah kebiasan menggertakkan gigi atas dan gigi bawah saat tidur sehingga menghasilkan suara yang tidak enak di dengar. Saat tidur seseorang dengan kebiasaan ini tidak menyadari perilaku tersebut. Sehingga sangat sulit untuk mengindentifikasi apakah seseorang memiliki kebiasaan ini atau tidak kecuali diberitahu oleh teman tidur anda yang mendengarnya.

Mengerat gigi saat tidur merupakan kebiasaan yang buruk. Selain larena mengerat gigi sangatlah mengganggu orang yang tidur di sekitar anda, kebiasaan ini juga tentunya memberikan dampak buruk pada gigi anda dalam jangka panjang. Mengerat gigi mampu mengikis permukaan gigi anda serta menyebabkan gigi mengalami abrasi. Beberapa penyebab mengerat gigi saat tidur adalah karena pengaruh banyak pikiran serta mengonsumsi banyak kafein.

Panduan Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur Pulas

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

Untuk menghilangkan kebiasaan ini tentunya akan sangat sulit mengingat kebiasaan ini dilakukan saat tidur. Namun beberapa cara dibawah ini patut anda coba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

1. Menghindari Stress
Saat berhadapan dengan pekerjaan dan juga keseharian anda maka hindarilah untuk stress. Hadapilah segalanya dengan rileks. Jika anda stress maka pikiran anda akan tertekan. Pengaruh dari pikiran anda itulah yang kemudian akan menggerakkan motorik anda saat tidur untuk mengeratkan gigi.

Baca juga : Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu

2. Menggunakan Mouth Guard
Alat ini merupakan (night guard) yang digunakan pada rahang (gigi) atas dan bawah. Alat ini berfungi untuk tidak mempertemukan gigi atas dan bawah agar mereka tidak saling beradu dan sesuai dengan keadaan gigi geligi. Ia melindungi permukaan gigi dari gesekan dan nyeri pada sendi rahang.

3. Pemeriksaan ke Dokter
Pemeriksaan ke dokter juga dianggap penting jika kebiasaan tersebut tidak hilang. Anda perlu mengetahui separah apa kebiasaan ini dan juga sebesar apa dampak yang akan anda dapatkan jika terus melakukan kebiasaan ini. Jika anda tidak menghentikannya maka masalah pada gigi tidak hanya anda rasakan dalam waktu singkat, namun dampak seperti abrasi gigi akan anda dapatkan dalam jangka panjang.

Artikel Lainnya : Cara Benar Merawat Gigi Sensitif dan Ngilu

Itulah beberapa dari cara sederhana untuk menghentikan kebiasaan anda mengerat gigi saat tertidur. Semoga kebiasaannya sahabat kesehatangigi.blogspot.co.id bisa dihilangkan dengan cepat. Selamat mencoba.

0 Response to "3 Cara Menghentikan Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur"

Post a Comment