Dampak Mengunyah Makanan Keras Terhadap Gigi

Kesehatan Gigi - Salah satu hal yang menjadi kebutuhan pokok atau kebutuhan utama bagi keberlangsungan hidup setiap manusia adalah makanan. Anda mungkin akan setuju mengenai pernyataan tersebut. Terkadang seseorang menjadi kurang bersemangat untuk menjalankan aktivitasnya dalam keadaan perut yang kosong atau merasa sangat lapar. Oleh sebab itu, bisa dibilang bahwa makanan dapat menjadi sumber energi dan penambah tenaga bagi tubuh Anda. 

Dalam kehidupan sehari-hari dapat dipastikan jika Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan baik makanan ringan maupun makanan berat atau makanan pokok. Secara tidak sadar bisa jadi Anda tidak peduli akan dampak atau pengaruh dari makanan-makanan tersebut terhadap kesehatan tubuh Anda, salah satunya yaitu kesehatan gigi. Berbagai jenis makanan mulai dari makanan yang keras, berwarna, memiliki kandungan asam yang tinggi, hingga makanan yang mengandung banyak gula dapat beresiko terhadap kesehatan gigi Anda.

Dampak Mengunyah Makanan Keras Terhadap Gigi


Dampak yang Terjadi Pada Gigi Jika Mengunyah Makanan Keras

Lapisan gigi Anda bisa mengalami kerusakan atau keretakan apabila Anda tetap memaksakan diri untuk mengunyah beberapa makanan yang padat dan keras seperti permen, es batu, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kamar pulpa gigi Anda meskipun retakannya sangat tipis.

Selain menimbulkan keluhan dan gangguan saat Anda mengunyah makanan seperti rasa sakit dan tidak nyaman, gigi Anda juga akan menjadi sensitif terhadap suhu ekstrim seperti misalnya suhu makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Anda juga akan merasakan sensivitas tersebut secara ringan ataupun secara terus menerus. Oleh karena itu, mulai dari saat ini Anda diharuskan waspada apabila merasakan sakit pada gigi ketika Anda sedang mengunyah. 

Beberapa jenis makanan maupun minuman yang panas, dingin, asam, dan manis bisa mengakibatkan gigi Anda sensitif. Ada baiknya Anda berusaha untuk menghindari mengunyah makanan yang keras dan padat pada bagian gigi yang mengalami sakit atau pada bagian gigi yang rusak. Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dan terapkan yaitu mencoba mengubah kebiasaan atau pola makan Anda dari yang kurang baik menjadi baik. Seperti misalnya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan tidak berlebihan.

Bagi Anda yang belum merasa mengalami kerusakan pada gigi sebaiknya lakukan hal tersebut agar dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi dan penyakit mulut lainnya. Akan tetapi jika Anda telah mengalami kerusakan gigi, Anda harus melakukan perawatan gigi. Perawatan tersebut dilakukan berdasarkan lokasi serta seberapa besar dan seberapa dalam kerusakannya.
Apabila kerusakan gigi yang Anda alami semakin buruk keadaannya maka Anda perlu melakukan konsultasi dan juga perawatan dengan dokter gigi yang telah ahli di bidangnya. Demikianlah informasi mengenai dampak mengunyah makanan keras terhadap gigi. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

0 Response to "Dampak Mengunyah Makanan Keras Terhadap Gigi"

Post a Comment