Minum Dengan Sedotan Dapat Mencegah Kerusakan Gigi, Benarkah?

Kesehatan Gigi - Setiap orang pasti ingin selalu sehat agar bisa menjalankan aktivitas atau kegiatannya sehari-hari. Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang perlu dijaga. Selain itu, kesehatan bisa dibilang menjadi sesuatu yang ‘mahal’, sebab jika seseorang mengalami suatu penyakit tertentu ia akan membutuhkan biaya yang mungkin cukup banyak untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Berbicara mengenai kesehatan, ada baiknya jika Anda selalu berusaha menjaga seluruh bagian tubuh Anda supaya tetap sehat, termasuk kesehatan gigi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar gigi selalu sehat. Salah satu caranya yaitu memperhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda. Perlu Anda ketahui bahwa asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari secara umum dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda, tak terkecuali kesehatan gigi.

Minum Dengan Sedotan Dapat Mencegah Kerusakan Gigi, Benarkah?

Apa Benar Minum Dengan Sdotan Mencegah Kerusakan Gigi?

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi bisa jadi mengandung berbagai zat yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi Anda seperti mengandung zat pewarna, mengandung kadar gula yang tinggi, dan bersifat asam. Kerusakan gigi akan semakin parah apabila makanan dan minuman tersebut dikonsumsi secara terus menerus dan dalam jumlah yang banyak. 

Kerusakan gigi tersebut dapat menyebabkan terjadinya erosi pada permukaan gigi. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu erosi gigi, erosi gigi adalah permukaan gigi yang mengalami kerusakan dan disebabkan oleh proses kimia dengan tidak melibatkan aktivitas bakteri. Erosi gigi dapat menghilangkan email gigi. Selain itu, timbulnya gigi sensitif dan rasa ngilu sesaat pada gigi merupakan akibat dari erosi gigi tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menghindari terjadinya erosi gigi. Tak hanya itu, hal penting lain yang perlu Anda lakukan adalah mengatur pola makan Anda serta mengurangi makanan dan minuman yang banyak mengandung asam. Sebenarnya terdapat satu cara yang bisa dilakukan agar erosi gigi tersebut dapat dicegah. 

Caranya yaitu usahakan untuk selalu menggunakan sedotan ketika Anda sedang makan atau minum yang bersifat asam tinggi mulai dari soda, yogurt, hingga berbagai jenis jus buah yang asam. Dengan melakukan cara tersebut, setidaknya bisa mengurangi paparan permukaan gigi dan menghindari kontak antara gigi dengan cairan asam dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.
Bagi Anda yang merasa mengalami erosi gigi dengan munculnya gejala ngilu dan gigi sensitif, segera lakukan perawatan kesehatan gigi. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif yang memiliki kandungan bahan khusus hap mineral dan potassium citrate. Pasta gigi tersebut akan mengurangi rasa ngilu pada gigi selama kurang lebih 30 detik. Konsultasikan pada dokter gigi jika rasa ngilu tersebut tidak cepat hilang. Demikianlah informasi mengenai cara pencegahan gigi yang rusak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Minum Dengan Sedotan Dapat Mencegah Kerusakan Gigi, Benarkah?"

Post a Comment