Fakta Bahwa Makanan Asam Dapat Membuat Gigi Sensitif

Kesehatan Gigi - Apakah anda sudah mengetahui bahwa makanan asam dapat membuat gigi sensitif? Makanan yang bersifat asam akan membuat gigi menjadi sensitif sebab zat asam akan mengikis email gigi. Email gigi yang lemah akan menyebabkan cairan denting terus bergerak sehingga transmisi syaraf akan terus terjadi. Hal ini yang menyebabkan apabila anda makan makanan asam maka rangsangannya akan cepat terasa dan anda akan mengalami nyeri atau ngilu. Rangsangan asam memang sangat kuat walaupun sifatnya hanya singkat. Namun tetap saja rasa nyeri atau ngilu karena memiliki gigi sensitif dapat membuat anda merasa tidak nyaman atau bahkan tidak berselera dalam makan. Rasa sakit pada gigi sensitif memang tidak sesakit pada sakit gigi, namun hal ini dapat membahayakan apabila kita biarkan secara terus-menerus.
Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa rangsangan gigi sensitif hanya berasal dari air dingin atau es saja, padahal selain es makanan asam dapat membuat gigi sensitif. Makanan asam tersebut bisa kita makan setiap hari tanpa kita ketahui bahwa makanan tersebut akan mengakibatkan rasa ngilu apabila dimakan. Makanan asam tersebut antara lain:

Fakta Bahwa Makanan Asam Dapat Membuat Gigi Sensitif

Berikut Fakta Makanan Asam Membuat Gigi Ngilu

• Minuman soda
Sebaiknya anda menghindari minuman ini selama gigi anda masih sensitif karena akibatnya akan lebih fatal.

• Jus jeruk atau apel
Apabila gigi anda sedang sensitif maka usahakan anda tidak meminum jus jeruk dan jus buah apel dalam beberapa waktu karena jus ini sangat bersifat asam dan dapat menyebabkan gigi anda mengalami erosi.

• Wine
Hindari juga kebiasaan minum wine berlebihan sebab wine akan membuat email gigi terkikis sehingga gigi anda akan menjadi sensitif. Wine juga akan membuat gigi menjadi kuning.

• Acar
Makanan acar juga merupakan makanan yang bersifat asam sangat kuat sebab campuran cuka dalam makanan tersebut sehingga dapat membuat gigi sensitif.
Itulah beberapa contoh makanan asam dapat membuat gigi sensitif. Makanan tersebut bisa saja anda makan setiap harinya karena tidak memahaminya. Gigi sensitif memang harus segera diobati supaya tidak menjadi masalah yang lebih serius. Tetapi anda juga bisa mencegahnya supaya ketika anda minum es atau makan makanan yang mengandung asam, gigi anda tidak akan ngilu. 

Beberapa langkah untuk mencegah gigi sensitif adalah:

• Minum air putih
Sebelum makan asam dan sesudah makan asam sebaiknya anda netralkan dulu dengan menggunakan air putih sehingga PH makanan tersebut bersifat netral dan tidak menyebabkan ngilu pada gigi.

• Tunggu es mencair
Apabila anda ingin meminum es maka tunggulah sampai es tersebut mencair. Sambil menunggu anda bisa memakan makanan yang lain atau mengobrol dengan teman.

Tips Gigi Lainnya:
Kini anda tahu bahwa makanan asam dapat membuat gigi sensitif sehingga tidak hanya berasal dari minuman dingin. Anda juga diberikan beberapa saran yang dapat anda lakukan sebelum memakan makanan agar gigi anda tidak ngilu saat makan.

0 Response to "Fakta Bahwa Makanan Asam Dapat Membuat Gigi Sensitif"

Post a Comment