Biaya Pasang Kawat Gigi dan Jenis Bahannya

Kesehatan Gigi - Kawat gigi lambat laun menjadi salah satu trend di tengah kalangan masyarakat modern. Di samping memiliki fungsi kecantikan, kawat gigi juga kini dianggap memiliki andil dalam menjadi aksesoris fashion yang digunakan sebagai hiasan semata untuk mendapatkan kepuasan fashion yang mereka inginkan. Maka dari itu, banyak masyarakat yang memasang kawat gigi tidak untuk kesehatan dan kecantikan gigi, melainkan hanya sekedar sebagai fantasi semata. Nah, di sini akan diinformasikan mengenai biaya pasang kawat gigi dan jenis bahannya.

Biaya Pasang Kawat Gigi dan Jenis Bahannya

Biaya Pasang Kawat Gigi

Pada dasarnya, biaya pasang kawat gigi dan jenis bahannya menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Maksudnya, biaya atau harga kawat gigi beserta pemasangannya sangat bergantung pada jenis bahan behel yang hendak digunakan. Secara umum, behel atau kawat gigi dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni behel asli dan imitasi (fantasi). Dari kedua model behel ini, biaya pemasangannya pun cukup mencolok perbedaannya. Apa sajakah perbedaannya?
ADVERTISEMENT
Perbedaan Biaya Pasang Kawat Gigi Asli Dan Fantasi

Yang menarik dari pembahasan mengenai biaya pasang kawat gigi dan jenis bahannya adalah perbedaan antara kawat gigi asli dan imitasi atau yang sering kita kenal dengan istilah fantasi. Yang membedakan antara keduanya antara lain bahwa kalau kawat gigi asli yang untuk kesehatan hanya dipasang oleh dokter atau praktisi resmi, sedangkan imitasi atau fantasi dapat dipasang oleh siapa saja. Selain itu, kawat gigi kesehatan selalu dipasang pada gigi atas dan bawah secara bersamaan (sepaket), sedangkan kawat gigi fantasi dapat dipasang hanya pada salah satunya saja.

wanita memakai behel

Biasanya, biaya pasang kawat gigi asli (kesehatan) berkisar antara empat sampai lima juta. Sedangkan kawat gigi fantasi sangat terjangkau, yakni mulai dari harga seratusan ribu rupiah saja. Dapat dibayangkan jika paut harganya saja sangat jauh, maka bisa jadi bahan yang digunakan pun tentu berbeda. Itulah kenapa biaya pasang kawat gigi dan jenis bahannya saling berkaitan satu sama lain. Untuk memasang kawat gigi kesehatan saja kita harus datang ke dokter spesialis yang memang berkompeten, sedangkan jika kita ingin memasang kawat gigi fantasi, kita bahkan dapat memasangnya sendiri kapan saja kita mau. Maka dari itu biaya pasang kawat gigi termurah bisa jadi hanya imitasi dan palsu, maka waspadalah.

Pasang Kawat Gigi Asli

Bahan yang digunakan bisa jadi sama-sama berbahan dasar kawat atau stainless steel, namun kualitas antara kawat gigi asli kesehatan dan kawat gigi imitasi tentu juga berbeda. Kawat gigi asli lebih terjamin keamanan dan kesehatannya serta memiliki garansi khusus, sedangkan kawat untuk behel fantasi, hanya bahan kawat biasa yang tidak memiliki jaminan mutu yang baik. Selain biaya pasang kawat gigi dan jenis bahannya, kita juga perlu mengetahui biaya perawatan dan pemeliharaan selama memakai kawat gigi. Karena tanpa adanya perawatan yang baik, kawat gigi akan menimbulkan masalah-masalah baru bagi kesehatan gigi dan mulut kita.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Gigi Lainnya :

Semoga dengan tulisan diatas sahabat dokter gigi dapat mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan behel agar anda tidak di tipu oleh pemasang kawat gigi.

4 Responses to "Biaya Pasang Kawat Gigi dan Jenis Bahannya"

  1. Setelah pakai behel, gigi jadi rapi ya....

    ReplyDelete
  2. sy kn pny gingsul , sakit ga si ntar kn hrs di cabut dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Ya sakit lh mbg. Klo dokter nya professional, kyaknya gk sakit2 bgt. Tp klo dokter abal2an ya 1 minggu baru ilang mungkin skitnya, hehehe....

      Delete