5 Cara Mencegah Radang Gusi Pada Ibu Hamil

Kesehatan Gusi - Cara Mencegah Radang Gusi Pada Ibu Hamil. Pada masa kehamilan sangat banyak resiko penyakit yang sering muncul. Mulai dari permasalahan tekanan darah hingga pada hal yang terkecil yaitu masalah pada mulut. Hal ini terjadi disebabkan oleh tingkat hormone yang drastis berubah saat anda hamil. Masalah pada mulut yang sering menyerang adalah radang gusi atau biasa dikatakan inflamasi. Saat hamil hormone estrogen dan progesterone lah yang memberikan dampak terhadaprisiko terjadinya proses inflamasi atau radang gusi jadi lebih besar. Dalam istilah medis dikenal dengan gingivitis gravidarum, pregnancy gravidarum, atau hyperplasia gravidarum.

Bagi anda yang sedang hamil sebaiknya jangan mengabaikan hal ini. Mungkin saja banyak yang berpikir bahwa dampak dari radang gusi ini hanya akan dirasakan oleh sang ibu. Namun anda harus mengetahui bahwa janin juga ikut merasakan dampak yang timbul akibat radang gusi yang terjadi saat hamil. Sebab saat anda mengalami radang pada gusi maka nafsu makan akan berkurang sehingga asupan gizi janin juga akan terancam berkurang. Baca juga : Tips Perawatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil

Tanda-tanda umum terjadinya radang gusi ialah gusi yang bengkak dan berwarna merah. Gusi yang bengkak tersebut terlihat bulat dan sangat lunak saat anda tekan. Lama-kelamaan gusi yang bengkak tadi akan memerah dan beralih ke warna agar biru kehitaman. Kondisi seperti ini akan memburuk saat gusi anda sudah mulai berdarah. Berikut adalah beberapa cara mencegah radang gusi bagi ibu hamil.

Cara Mencegah Radang Gusi Pada Ibu Hamil

Langkah untuk Mencegah Radang Gusi Saat Hamil

1. Menghilangkan iritasi local
Kebanyakan dari radang gusi juga disebabkan oleh adanya iritasi lokal pada gusi. Iritasi lokal ini adalah berupa karang gigi dan juga gigi berlubang. Seringkali juga terjadi pada gigi berlubang anda yang telah anda tambal. Maka tugas pertama anda untuk menghindari radang gigi adalah merawat berbagai masalah lokal pada gusi anda agar tidak beresiko hingga pada radang gusi.

2. Disiplin menyikat gigi
Pada ibu hamil jika perut semakin membesar maka akan sulit baginya untuk banyak bergerak. Hal ini biasanya membuat mereka tidak disiplin dalam menyikat gigi. Padahal saat masa kehamilan lah anda sebaiknya rajin dan disiplin untuk membersihkan gigi anda utamanya dengan menyikat gigi. Hal ini karena pengaruh hormone yang tidak stabil membuat bakteri berkembang lebih cepat daripada kondisi biasanya.

Lihat juga : Tips Memilih Sikat Gigi yang Baik

3. Gunakan obat kumur
Saat anda menggunakan obat kumur enggan rutin maka sisa-sisa kuman dalam mulut anda akan mudah dihilangkan dan dibasmi. Hal ini juga sangat membantu mengontrol perkembangan bakteri yang ada pada mulut. Upayakan agar sisa pasta gigi juga hilang dengan sempurna dengan menggunakan obat kumur.

Lainnya : Cara Benar Menggosok Gigi

4. Mengonsumsi makanan berserat
Konsumsilah makanan yang mengandung serat yang baik. Makanan seperti buah-buahan serta sayur dapat membantu anda untuk memberikan kesehatan pada mulut dan menghindari radang gusi. Selain itu konsumsi pula makanan serta minuman yang mengandung kalsium tinggi untuk mempertahankan kekuatan gigi dan gusi anda.

5. Gunakan benang gigi
Agar menjamin bakteri dan sisa-sisa makanan berkembang dalam mult dan gigi anda. Gunakanlah benang gigi pada sela gigi dan memastikan gusi anda aman dari radang yang juga banyak disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang ada pada gigi.

Artikel Lainnya : Cara Membersihkan Gigi Hingga ke Sela-Sela Terdalam

Itulah beberapa cara mencegah radang saat masa kehamilan. Semoga dengan tips diatas anda tidak mengalami gusi bengkak dan gusi berdarah saat hamil.

0 Response to "5 Cara Mencegah Radang Gusi Pada Ibu Hamil"

Post a Comment